Daun Pandan Bantu Mengatasi Penyakit Asam Urat, Benarkah?

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   28 Desember 2020
Daun Pandan Bantu Mengatasi Penyakit Asam Urat, Benarkah?Daun Pandan Bantu Mengatasi Penyakit Asam Urat, Benarkah?

Halodoc, Jakarta – Ada banyak informasi mengenai pengobatan dan penanganan penyakit asam urat salah satunya melalui tanaman tradisional. Pernahkah kamu mendengar kalau daun pandan bisa mengatasi penyakit asam urat

Sebelum menjawab pertanyaan ini, ada baiknya kamu ketahui dulu karakteristik daun pandan. Daun pandan mengandung ester isoprena, tanin, glikosida, alkaloid, dan minyak esensial beraroma wangi.

Selama ini ekstrak daun pandan digunakan untuk menambah rasa pada hidangan nasi, makanan penutup, serta puding berbahan dasar ketan dan tapioka. Selain sebagai masakan, ternyata ekstrak daun pandan bila disemprotkan di sekitar rumah atau di tubuh dapat mengusir serangga. Adakah manfaat daun pandan lain? Simak di sini!

Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

Jadi, kalau dibilang daun pandan bisa membantu mengatasi penyakit asam urat, ternyata informasi ini benar adanya. Daun pandan memiliki ekstrak pencahar untuk membantu meredakan nyeri termasuk artritis, sakit kepala, sakit telinga, sakit perut, dan nyeri dada.

Menambahkan daun pandan ke makanan dapat membantu hati menjalankan fungsi detoksifikasi secara maksimal. Ini membantu mengeluarkan racun dan zat tidak sehat dari hati dan tubuh. Karena ini adalah pencahar ringan, mengonsumsi daun pandan dapat memudahkan proses pembuangan limbah.

Baca juga: Pegal pada Kaki Bukan Kelelahan, Waspada Asam Urat

Selain meredakan nyeri, daun pandan juga obat alami untuk ketombe. Cara penggunaannya adalah dengan menghancurkan 10 lembar daun segar hingga halus, dan campur dengan 100 ml air. Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala, bungkus dengan handuk dan biarkan selama 30 menit. Lalu, bilas dengan air atau sampo.

Menurut sebuah penelitian di Thailand, yang diterbitkan di Majalah Pharmacognosy pada 2015, ekstrak pandan juga membantu orang menurunkan kadar gula dalam darahnya. Telah dibuktikan bahwa glukosa plasma orang yang mengonsumsi ekstrak pandan turun secara signifikan.

Kandungan Spesifik Pandan untuk Asam Urat

Mengapa pandan tergolong tanaman hebat dan bisa mengatasi nyeri? Pandan memiliki komposisi aktif seperti alkaloid jenis piperine, vitamin, mineral, flavonoid, fermentasi, dan minyak saripati. 

Ekstrak dari kandungan ini dapat melarutkan kristal dan mengeluarkan kelebihan asam urat secara alami. Alkaloid jenis piperine dapat membuat kelarutan asam urat dalam darah meningkat, sehingga meringankan rasa sakit yang biasanya dialami pengidap asam urat. 

Baca juga: Idap Asam Urat, Patuhi 3 Pantangan Ini

Ekstrak pandan juga meningkatkan jumlah urine. Ketika jumlah urine meningkat, urine akan menipis, sehingga mengurangi konsentrasi asam urat plasma darah, mengurangi asam urat. Beberapa manfaat daun pandan lain terkait asam urat adalah:

1. Mempercepat pembuangan asam urat terlalu banyak di dalam tubuh, mengatur asam urat ke kisaran normal.

2. Memperbaiki situasi merah dan bengkak di persendian.

3. Memperbaiki kristal asam urat dan disimpan pada intraartikular.

Tidak hanya untuk mengobati, ekstrak daun pandan juga baik untuk perawatan kesehatan terkait metabolisme dan sumber energi buat orang yang baru sembuh dari sakit. Daun pandan juga bisa dikonsumsi untuk membantu relaksasi dan menenangkan saraf. 

Baca juga: 4 Makanan Kaki Lima Ini Bahaya untuk Asam Urat

Aroma yang menenangkan dan lembut juga berperan besar dalam mengurangi hipertensi dan menurunkan tekanan darah. Bahkan membantu mengatasi kecemasan dan insomnia. Butuh rekomendasi profesional medis untuk menangani penyakit asam urat?

Tanyakan saja langsung ke Halodoc. Kamu bisa menanyakan masalah kesehatan apapun ke Halodoc dan dokter terbaik di bidangnya akan memberikan solusi. Caranya cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bahkan bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:
Butter Kicap. Diakses pada 2020. The Incredible Health Benefits and Multiple Uses of Pandan.
AIA.com. Diakses pada 2020. 4 HEALTH BENEFITS FROM THE FRAGRANT PANDAN.
PATENTS.DIAKSES PADA 2020. Pandan leaf extract for treating gout and preparation method thereof.

 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan