• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Diet Gluten Free, Pola Makan untuk Pengidap Penyakit Celiac

Diet Gluten Free, Pola Makan untuk Pengidap Penyakit Celiac

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu mendengar mengenai penyakit celiac? Kondisi ini menjadi salah satu gangguan autoimun yang terjadi akibat mengonsumsi gluten secara berlebih. Pada pengidap celiac, sistem kekebalan tubuh dapat bereaksi setelah mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Kondisi ini membuat lapisan usus halus mengalami kerusakan sehingga menghambat penyerapan nutrisi.

Baca juga: Awas, 16 Gejala Ini Tanda Adanya Penyakit Celiac

Berbagai gangguan kesehatan dapat dialami oleh pengidap celiac, seperti diare, anemia, hingga mengalami kelelahan atau lemas. Untuk itu, kondisi ini perlu segera ditangani dengan tepat agar tidak menimbulkan beragam komplikasi pada kesehatan. Salah satu perawatan yang bisa dilakukan dengan menerapkan pola makan sehat, seperti diet gluten free. Tidak ada salahnya cari tahu mengenai pola makan sehat bagi pengidap celiac, di sini.

Ketahui Lebih Banyak Mengenai Penyakit Celiac

Penyakit autoimun merupakan salah satu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang tubuh yang sehat. Ada berbagai jenis penyakit autoimun, salah satunya adalah penyakit celiac. Kondisi ini dapat terjadi ketika seseorang mengonsumsi gluten. Kandungan ini merupakan salah satu protein yang terdapat dalam sereal atau gandum. Namun yang perlu diperhatikan, penyakit celiac berbeda dengan kondisi alergi terhadap gluten. 

Pada pengidap celiac, tubuh mengenali senyawa dalam gluten sebagai ancaman yang membahayakan bagi tubuh sehingga membentuk antibodi untuk mengatasi kandungan tersebut. Hal ini membuat antibodi menyerang jaringan tubuh yang sehat, yaitu usus halus. Pengidap celiac dapat mengalami peradangan pada usus halus sehingga menyebabkan kerusakan pada usus dan gangguan penyerapan nutrisi.

Hal ini membuat pengidap celiac mengalami gejala, seperti diare hingga feses yang mengandung lemak tinggi. Tidak hanya pada orang dewasa, anak-anak pun dapat mengalami penyakit ini dengan gejala yang berbeda.

Pada orang dewasa, pengidap akan mengalami anemia, kesemutan, gangguan kesehatan pada tulang serta gigi, ruam pada kulit, nyeri sendi, hingga gangguan fungsi limfa. Sedangkan pada anak-anak, gejala berupa nyeri perut, konstipasi, turunnya berat badan, gangguan tumbuh kembang, serta mengalami gangguan saraf.

Penyebab pasti dari kondisi ini belum diketahui. Namun, ada beberapa faktor pemicu yang membuat seseorang alami penyakit celiac, seperti riwayat keluarga dengan kondisi yang serupa, pernah mengalami infeksi pencernaan, dan memiliki riwayat penyakit diabetes.

Baca juga: 3 Faktor Risiko Penyakit Celiac

Diet Gluten Free, Pola Makan bagi Pengidap Celiac

Sebaiknya jangan ragu untuk tanyakan langsung pada dokter mengenai gangguan pencernaan yang kamu alami dalam waktu yang cukup panjang. Penanganan lebih dini terhadap penyakit celiac membuat penyakit ini lebih mudah untuk diatasi dan tidak menimbulkan komplikasi.

Beberapa pemeriksaan bisa dilakukan untuk memastikan penyakit celiac, seperti tes darah, endoskopi, tes kepadatan tulang, dan juga biopsi kulit. Penyakit celiac yang dideteksi dapat dirawat dengan melakukan pola makan sehat yang dikenal dengan diet gluten free.

Diet gluten free merupakan salah satu pola makan di mana seseorang tidak mengonsumsi protein gluten. Menjalani diet gluten free bukanlah hal yang mudah. Namun, untuk merawat dan menekan gejala yang dapat terjadi, tidak ada salahnya lakukan pola makan ini. 

1.Sarapan

Saat sarapan hindari mengonsumsi makanan mi, pasta, dan sereal. Perhatikan label makanan pada kemasan setiap akan mengonsumsi makanan. Pastikan makanan yang kamu konsumsi bebas gluten. Ada beberapa menu yang bisa kamu konsumsi sebagai menu sarapan, misalnya telur, daging ikan panggang, salad buah atau sayur, serta kentang.

2.Makan Siang

Kamu dapat mengonsumsi kentang rebus yang dipadukan dengan salad sayur berisi daging ikan salmon atau tuna. Kamu juga bisa mengonsumsi nasi putih yang dipadukan bersama daging ayam, ikan, atau sapi. Jangan lupa tambahkan sayur dan buah agar nutrisi dan vitamin tetap terpenuhi dengan baik.

3.Makan Malam

Kamu bisa mengonsumsi tumis sayur yang dipadukan dengan daging ayam atau daging sapi. 

4.Makanan Selingan

Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi makanan selingan agar nutrisi tetap terpenuhi dengan baik. Untuk makanan selingan, kamu bisa memilih mengonsumsi buah, kacang-kacangan, atau yoghurt dengan campuran buah diatasnya.

Baca juga: Konsumsi Berlebih Makanan Mengandung Gluten Bisa Picu Penyakit Celiac

Itulah pola makan dari diet gluten free yang bisa diterapkan oleh pengidap celiac. Jangan ragu untuk tanyakan langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc agar kamu mendapatkan informasi lebih banyak mengenai diet gluten free. 

Selain itu, jangan ragu untuk mencari tahu sebanyak-banyaknya mengenai jenis makanan dan alternatif makanan lain yang bisa dikonsumsi oleh pengidap celiac agar penyerapan nutrisi dalam tubuh dapat berjalan dengan baik.

Referensi:
Celiac Disease Foundation. Diakses pada 2020. 7 Day Meal Plan.
Healthline. Diakses pada 2020. The Gluten Free Diet: A Beginner’s Guide with Meal Plan.
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Coeliac Disease.