Disebut Daun Kelor, Ini 10 Manfaat Moringa Oleifera bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   19 Agustus 2022

“Moringa oleifera memiliki sifat antijamur, antivirus, antidepresan, dan antiinflamasi. Daun kelor atau Moringa oleifera memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.”

Disebut Daun Kelor, Ini 10 Manfaat Moringa Oleifera bagi KesehatanDisebut Daun Kelor, Ini 10 Manfaat Moringa Oleifera bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Moringa oleifera atau yang dikenal sebagai daun kelor, merupakan tanaman yang telah lama dimanfaatkan untuk kesehatan. Daun ini mengandung banyak antioksidan dan senyawa tanaman bioaktif. Daun kelor juga memiliki sifat antijamur, antivirus, antidepresan, dan antiinflamasi.

Perlu diketahui, Moringa oleifera merupakan tanaman asli India utara yang juga dapat tumbuh di tempat tropis dan subtropis lainnya, seperti Asia dan Afrika. Pengobatan tradisional telah menggunakan daun, bunga, biji, dan akar tanaman ini selama berabad-abad. 

Secara tradisional, daun ini telah digunakan sebagai obat untuk kondisi seperti diabetes, peradangan, dan infeksi bakteri, virus serta jamur Lantas, apa saja sih manfaat moringa oleifera bagi kesehatan?

Manfaat Moringa Oleifera untuk Kesehatan

Daun kelor atau Moringa oleifera memiliki banyak manfaat dan kegunaan, mulai dari kesehatan, kecantikan hingga membantu mencegah dan menyembuhkan penyakit. Manfaat daun kelor antara lain:

  1. Melindungi dan Menutrisi Kulit dan Rambut

Minyak biji daun kelor bermanfaat untuk melindungi rambut dari radikal bebas dan menjaganya tetap bersih dan sehat. Daun kelor juga mengandung protein, yang sangat membantu dalam melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Selain itu, daun ini juga mengandung elemen hidrasi dan detoksifikasi, yang dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala dan rambut.

  1. Mengobati Edema

Edema merupakan kondisi yang menyakitkan, di mana cairan menumpuk di jaringan tertentu dalam tubuh. Sifat antiinflamasi dari daun kelor juga diduga efektif dalam mencegah perkembangan edema. 

  1. Melindungi Kesehatan Hati

Daun kelor tampaknya mampu melindungi hati dari kerusakan yang disebabkan oleh obat anti-TB, dan dapat mempercepat proses perbaikannya.

  1. Mencegah Kanker

Ekstrak daun kelor mengandung sifat yang dapat membantu mencegah perkembangan kanker. Daun ini juga mengandung niazimicin, yang merupakan senyawa yang menekan perkembangan sel kanker.

  1. Mengobati Keluhan Lambung

Ekstrak daun kelor juga dapat membantu mengobati beberapa gangguan perut. Misalnya sembelit, gastritis, dan kolitis ulserativa. Sifat antibiotik dan antibakteri dari daun kelor dapat membantu menghambat pertumbuhan berbagai patogen. Sementara itu,  kandungan vitamin B di dalamnya juga dapat membantu menjaga fungsi pencernaan.

  1. Melawan Penyakit yang Disebabkan Bakteri

Karena daun kelor memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antimikroba, maka ekstrak daun kelor juga dapat melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella, Rhizopus, dan E. coli.

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Daun kelor juga mengandung kalsium dan fosfor, yang membantu menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Seiring dengan sifat antiinflamasinya, ekstrak daun kelor dapat membantu mengobati kondisi seperti radang sendi, dan juga mampu menyembuhkan tulang yang rusak.

  1. Melindungi Sistem Kardiovaskular

Antioksidan yang ditemukan dalam ekstrak daun kelor dapat membantu mencegah kerusakan jantung. Selain itu, daun ini juga telah terbukti mampu menjaga kesehatan jantung.

  1. Mengobati Diabetes

Daun kelor dapat membantu mengurangi jumlah glukosa dalam darah, serta gula dan protein dalam urine. Selain itu, daun kelor juga dapat meningkatkan kadar hemoglobin, dan kandungan protein selama proses pengujian dilakukan.

  1. Mengatasi Anemia dan Anemia Sel Sabit

Manfaat daun kelor yang terakhir yaitu dapat membantu tubuh menyerap lebih banyak zat besi, sehingga meningkatkan jumlah sel darah merah. Diperkirakan ekstrak daun kelor sangat membantu mengatasi dan mencegah anemia, atau anemia sel sabit. 

Itulah yang beberapa manfaat moringa oleifera yang sayang untuk dilewatkan. Bagi kamu yang memiliki masalah kesehatan, bisa kok 

bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Moringa
Healthline. Diakses pada 2022. 6 Science-Based Health Benefits of Moringa oleifera
Medical News Today. Diakses pada 2022. What makes moringa good for you?
BBC Good Food. Diakses pada 2022. Top 5 health benefits of moringa

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan