• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Due Date Sudah Dekat? Lakukan 6 Persiapan Melahirkan Secara Normal Ini
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Due Date Sudah Dekat? Lakukan 6 Persiapan Melahirkan Secara Normal Ini

Due Date Sudah Dekat? Lakukan 6 Persiapan Melahirkan Secara Normal Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 06 Oktober 2017
Due Date Sudah Dekat? Lakukan 6 Persiapan Melahirkan Secara Normal IniDue Date Sudah Dekat? Lakukan 6 Persiapan Melahirkan Secara Normal Ini

Halodoc, Jakarta - Menjelang due date yang sudah dekat, berbagai persiapan melahirkan memang sudah seharusnya kamu lakukan. Apalagi jika kamu memutuskan untuk melahirkan secara normal. Keberanianmu dalam memilih proses melahirkan ini tentu saja merupakan suatu hal yang sangat baik. Banyak penelitian dari bidang kedokteran serta badan kesehatan yang menyatakan bahwa proses persalinan yang normal mempunyai banyak manfaat untuk ibu dan anak, sehingga persalinan normal lebih disarankan.

Di bawah ini merupakan beberapa persiapan melahirkan normal yang sebaiknya kamu lakukan untuk memperlancar salah satu hari paling bersejarahmu tersebut:

1.  Olahraga Ringan
Ibu hamil yang sering beraktivitas fisik secara teratur cenderung akan lebih siap secara fisik untuk mentolerir kelelahan saat melahirkan. Oleh karenanya setiap ibu hamil disarankan melakukan senam hamil minimal 30 menit setiap 2-4 kali dalam seminggu. Secara psikologis, senam hamil juga membuat calon ibu berpikir lebih positif ketika akan menghadapi persalinan normal. 

2.  Pelajari Proses Persalinan
Persiapan melahirkan yang kedua adalah mempelajari proses persalinan itu sendiri. Mengambil kelas khusus untuk calon ibu yang akan melahirkan merupakan langkah konkrit yang dapat kamu lakukan di trimester akhir kehamilan. Biasanya pada kelas tersebut, setiap peserta diajarkan untuk memahami teknik bernapas saat mengejan, cara menyusui pertama kali, hingga langkah memandikan bayi yang baru lahir. 

3.  Pilih Dokter yang Cocok denganmu
Mengingat kamu akan melalui persalinan secara normal, memilih dokter kandungan yang proaktif dengan pilihanmu ini pun tak kalah penting. Sebab ketika kamu melahirkan, dokter kandungan mengambil peran sebagai orang yang membantu segala proses persalinan mulai dari pembukaan pertama hingga bayi terlahir dengan selamat. Maka pilihlah dokter yang dapat bekerjasama sebaik mungkin dalam hal ini. Pastikan juga dokter kadungan yang kamu percaya tersebut pun praktek di rumah sakit pilihan tempat kamu melahirkan nanti.  

4.  Daftarkan Persalinanmu di Rumah Sakit
Sebelum melahirkan, pastikan kamu sudah mempunyai rencana hendak melahirkan dimana, memilih kamar tipe apa dan mengetahui perkiraan biayanya. Daftarkan persalinanmu ini di rumah sakit pilihan maksimal seminggu sebelum due date, agar nantinya kamu dan pasangan tidak harus melalui birokrasi yang panjang. Terakhir, konfirmasikan dengan dokter kandungan di sana mengenai kapan tepatnya kamu harus menelepon dan pergi ke rumah sakit.

5.  Packing Barang
Melahirkan berarti kamu akan menginap di rumah sakit selama kurang lebih 2 sampai 3 hari lamanya. Untuk itu pada persiapan melahirkan selanjutnya, pastikan kamu sudah mengemas barang-barang yang dibutuhkan pada beberapa hari sebelumnya. Adapun list barang yang wajib kamu bawa meliputi:

  • Alat mandi dan kecantikan
  • Baju ganti
  • Perlengkapan bayi (baju, bedong, popok, pumping ASI)
  • Handphone dan charger
  • Snack


6.  Manjakan Dirimu
Persiapan melahirkan yang terakhir, tak ada salahnya untuk memanjakan diri agar tubuh dan pikiran lebih rileks menghadapi proses persalinan nantinya. Manicure-pedicure, creambath, hingga spa, lakukan self pampering apapun yang membuat kamu merasa nyaman. Berhubung kamu tak akan sempat memanjakan diri seperti ini saat merawat bayi baru lahir, maka manfaatkan kesempatan tersebut sebaik mungkin!


Menghitung hari saat hendak melahirkan memang cukup membuat deg-degan, terlebih jika ini merupakan pengalaman pertamamu. Selain dengan melakukan keenam tips di atas, kamu juga bisa meminta saran terbaik seputar persiapan melahirkan secara online lewat aplikasi Halodoc. Nikmati layanan Contact Doctor selama 24/7 tanpa batas dan Pharmacy Delivery yang memudahkanmu membeli obat-obatan tanpa harus keluar rumah. Tunggu apa lagi? Download aplikasi Halodoc sekarang melalui smartphone.

BACA JUGA: Untuk Hidup Lebih Sehat, Ini 4 Nutrisi Penting untuk Wanita