• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Empat Grup Makanan Utama dalam Diet Vegetarian
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Empat Grup Makanan Utama dalam Diet Vegetarian

Empat Grup Makanan Utama dalam Diet Vegetarian

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 04 Juni 2018
Empat Grup Makanan Utama dalam Diet VegetarianEmpat Grup Makanan Utama dalam Diet Vegetarian

Halodoc, Jakarta — Empat grup makanan ini adalah fokus tiap program diet vegetarian, karena keempat jenis makanan ini dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhmu meski kamu tidak mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu. Mau tahu apa keempat grup makanan ini? Baca terus artikelnya!

1. Gandum

Jumlah asupan yang dianjurkan adalah 8 porsi setiap harinya. Satu porsi mengandung 80 kalori yang setara dengan 1/2 gelas oatmeal/pasta atau 1 potong roti. 8 porsi gandum kira-kira setara dengan semangkuk oatmeal untuk sarapan, sandwich untuk makan siang, dua potong roti untuk makan malam, serta 1 1/2 gelas spageti dengan selembar roti.

2. Kacang-kacangan

Dalam satu hari, kamu sebaiknya mengonsumsi 3 porsi/1 gelas kacang-kacangan ini. Satu porsinya setara dengan setengah gelas kacang yang dimasak atau 1 gelas susu kedelai low-fat. Satu porsi ini mengandung sekitar 100 kalori.

3. Sayuran

Satu porsi sayuran mengandung kurang lebih 35-50 kalori. Dalam program diet vegetarian, sebaiknya kamu mengonsumsi paling tidak 4 porsi sayuran dalam sehari. Konsumsilah sayuran ini tanpa tambahan yang berlemak seperti salad dressing atau minyak. 4 porsi sayuran ini sama dengan setengah gelas sayuran masak dan satu gelas sayuran mentah. Pastikan salah satu jenis sayuran yang kamu konsumsi mengandung kalsium, seperti brokoli.

4. Buah-buahan

Usahakan untuk makan tiga porsi buah-buahan setiap harinya. Satu porsi yang mengandung 80 kalori ini setara dengan 1/2 gelas potongan buah. Kalau bisa, konsumsi buah-buahan yang rendah kalori tapi kaya akan gizi seperti stroberi, kiwi, mangga atau jeruk. Buah yang masih dalam bentuk buah jauh lebih baik dari pada jus.

Batasi asupan makanan manismu dalam sehari sebanyak satu porsi saja. Sebaiknya pilih makanan manis yang rendah lemak. Akan lebih baik lagi kalau kamu mengonsumsi buah-buahan saat ingin makanan manis. Kamu juga bisa makan sereal manis dengan susu kedelai rendah lemak. Apel atau pisang yang diberikan madu juga bisa jadi pilihan.

Nah, gampang kan? Jangan lupa sediakan makanan-makanan ini saat kamu berbelanja, supaya diet vegetarianmu tetap lancar! Masih mau tahu lebih banyak soal diet ini? Yuk, tanyakan ke dokter di aplikasi Halodoc. Di sini kamu juga bisa cek lab dan beli obat/vitamin secara online. Caranya mudah banget! Cukup download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play.