Ensefalopati Akibat Hipertensi, Bagaimana Cara Mencegahnya?

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   13 November 2020
Ensefalopati Akibat Hipertensi, Bagaimana Cara Mencegahnya?Ensefalopati Akibat Hipertensi, Bagaimana Cara Mencegahnya?

Halodoc, Jakarta - Otak merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi vital, sehingga jika terjadi gangguan dapat menyebabkan sesuatu yang fatal. Salah satu gangguan yang dapat terjadi pada otak adalah ensefalopati. Penyakit ini dapat mengakibatkan kerusakan pada otak yang terjadi sementara atau permanen. Meski begitu, seseorang yang mengidap gangguan ini terbilang sulit untuk disembuhkan.

Hal yang harus kamu ketahui adalah penyakit ini dapat disebabkan oleh hipertensi. Maka dari itu, kamu harus tahu cara yang paling efektif untuk mencegah ensefalopati yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi, terutama jenis yang kronis. Dengan begitu, segala gangguan yang berbahaya mampu dihindari. Untuk lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini!

Baca juga: Gejala-Gejala Ensefalopati, Penyakit Kelainan Otak

Cara Mencegah Ensefalopati yang Disebabkan oleh Hipertensi

Ensefalopati adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan jika terjadi penyakit, kerusakan, hingga malfungsi pada otak. Gangguan ini dapat menunjukkan beberapa gejala yang ringan, seperti kehilangan ingatan atau perubahan pada kepribadian. Lalu, pada tingkat yang parah dapat menyebabkan demensia, kejang, koma, hingga kematian. Singkatnya, gangguan ini dapat mengubah keadaan mental yang juga disertai perubahan pada fisik.

Banyak gangguan yang dapat menyebabkan seseorang mengalami ensefalopati di mana salah satunya adalah hipertensi. Hal ini terjadi akibat peningkatan tekanan darah secara tiba-tiba dan berkelanjutan. Seseorang yang mengalami gangguan terkait tekanan darah tersebut dapat memicu terjadinya kelainan pada otak tergantung dari tekanan premorbid. Maka dari itu, sangat penting untuk mencegah masalah ini sebelum terjadi.

Baca juga: Ensefalopati Kelainan Otak yang Bisa Pengaruhi Kondisi Kejiwaan

Kebanyakan kasus dari ensefalopati memang dapat dicegah. Hal yang paling penting adalah menghentikan atau membatasi kemungkinan penyakit tersebut untuk berkembang. Untuk mengatasi gangguan pada otak yang disebabkan oleh hipertensi, cara yang paling ampuh adalah menyembuhkan tekanan darah tinggi tersebut. Berikut ini beberapa cara yang dapat ampuh untuk dilakukan:

  • Pantau tekanan darah: Cara yang paling ampuh untuk mencegah gangguan tersebut adalah dengan rutin memantau tekanan darah dan mengonsumsi obat anti-hipertensi sesuai petunjuk. Jangan berhenti mengonsumsi atau mengganti obat tersebut tanpa bertanya terlebih dahulu pada dokter.
  • Melakukan hidup sehat: Kamu juga dapat menerapkan hidup sehat dengan cara mengatur pola makan yang sehat dan seimbang, berolahraga secara rutin, mengurangi konsumsi minuman beralkohol, berhenti merokok, hingga membatasi konsumsi kafein sesuai yang dianjurkan.

Dengan menerapkan segala hal tersebut, diharapkan gangguan ensefalopati yang disebabkan oleh hipertensi dapat dicegah. Dengan begitu, kesehatan otak secara keseluruhan dapat terjaga tanpa perlu ada dampak buruk yang terjadi. Selain itu, kamu juga dapat melakukan pemeriksaan rutin pada dokter terkait risiko yang terjadi pada salah satu bagian vital pada tubuh manusia.

Selain ensefalopati, masih banyak komplikasi yang dapat terjadi disebabkan oleh hipertensi. Beberapa gangguan tersebut, antara lain aterosklerosis, diseksi aorta, gangguan aneurisma, gagal ginjal, hingga gagal jantung. Bukan hanya otak, ternyata organ vital lainnya juga dapat terpengaruh oleh kelainan tekanan darah tersebut. Pastikan agar tekanan darah di tubuh kamu tetap dalam ambang normal.

Baca juga: Bisakah Ensefalopati Disembuhkan?

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait kelainan ensefalopati yang disebabkan oleh hipertensi. Saat mendapatkan jawaban, kamu juga dapat langsung memesan obat yang diresepkan oleh dokter. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc dan nikmati kemudahan terkait kesehatan di sini!

Referensi:
Medicine Net. Diakses pada 2020. What Causes Encephalopathy?
Medical News Today. Diakses pada 2020. What to know about encephalopathy.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan