Ereksi Berkepanjangan, Kenali 6 Penyebab Priapismus

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   15 Februari 2023

“Ereksi berkepanjangan (priapismus) bisa disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya, konsumsi obat-obatan tertentu, cedera sumsum tulang belakang, sampai digigit oleh laba-laba black widow.”

Ereksi Berkepanjangan, Kenali 6 Penyebab PriapismusEreksi Berkepanjangan, Kenali 6 Penyebab Priapismus

Halodoc, Jakarta –   Priapismus adalah ereksi penis yang berkepanjangan yang tidak disebabkan oleh rangsangan seksual.  Orang dengan penyakit anemia sel sabit biasanya mengalami kondisi ini. 

Perawatan diperlukan untuk mencegah kerusakan jaringan yang dapat mengakibatkan ketidakmampuan untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi (disfungsi ereksi). Yuk, kenali penyebab priapismus yang lain di sini!

Penyebab Priapismus

Priapismus paling sering menyerang pria berusia 30-an dan lebih tua, tetapi dapat dimulai pada masa kanak-kanak–terkhusus mereka dengan penyakit anemia sel sabit.  Nah, berikut beberapa kondisi yang bisa menyebabkan priapismus:

1. Anemia sel sabit

Beberapa kasus priapismus pada orang dewasa adalah akibat dari penyakit sel sabit. Hampir separuh orang dewasa dengan sel sabit pada akhirnya akan mengembangkan priapismus.

2. Obat-obatan

Penyebab umum priapismus lainnya adalah penggunaan atau penyalahgunaan obat-obatan tertentu. Beberapa golongan obat yang dapat mengobati depresi, melelapkan tidur, ataupun menangani masalah penyakit mental tertentu, dapat menyebabkan kondisi priapismus.

3. Trauma pada sumsum tulang belakang atau pada area genital

Terkadang, gangguan pembuluh darah di area panggul dapat menyebabkan peningkatan kinerja pada sistem saraf parasimpatis, dan aliran darah arteri yang tidak terkontrol ke dalam ruang sinusoidal penis. Lesi dan cedera pada sumsum tulang belakang leher juga berisiko menyebabkan kondisi priapismus.

4. Gigitan laba-laba black widow

Gigitan laba-laba jenis black widow dapat menyebabkan priapismus. Gigitan laba-laba ini umumnya ditandai dengan nyeri, kram otot, hipertensi, takikardia, hingga menyebabkan ereksi berkepanjangan. 

Terkait ereksi berkepanjangan, racun pada laba-laba black widow dapat menyebabkan reaksi kimia yang mengatur aliran darah lebih baik di jaringan penis. Toksin pada laba-laba dapat dikembangkan untuk mengobati disfungsi ereksi. Namun, bila terjadi tidak terduga dan di luar kondisi medis, justru malah mengakibatkan priapismus.

5. Kelainan dan penyakit darah

Kelainan dan penyakit darah dapat mengubah cara sirkulasi terjadi di penis dan menyebabkan arteri atau vena restriktif. Gangguan terkait darah yang dapat menyebabkan priapismus termasuk anemia sel sabit, leukemia, dan diskrasia hematologi.

6. Cedera dan kondisi lain

Cedera fisik atau trauma pada penis, panggul, atau area perineum dapat menyebabkan priapismus. Gangguan neurogenik yang disebabkan oleh penyakit atau cedera, serta tumor juga dapat menyebabkan priapismus.

Priapismus yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan kerusakan permanen atau bahkan kehancuran sel. Disfungsi ereksi juga bisa terjadi karena kerusakan jaringan penis yang sensitif tidak dapat dikembalikan.

Punya masalah dengan kesehatan penis, tanyakan saja langsung ke dokter lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download langsung aplikasi Halodoc untuk mendapatkan kemudahan akses kesehatan di mana saja dan kapan saja ya!

Referensi:
Byram Health Care. Diakses pada 2023. Everything You Need to Know About Priapism.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Priapism.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Priapism.
WebMD. Diakses pada 2023. Spider Venom for Erectile Dysfunction?
Wilderness & Environmental Medicine. Diakses pada 2023. Priapism After Western Black Widow Spider (Latrodectus hesperus) Envenomation.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan