Fakta Wabah Candida Auris yang Rentan Menyerang Orang Tua

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 Maret 2023

“Pahami bahwa wabah Candida auris merupakan ancaman kesehatan yang serius, terutama bagi orang yang berusia tua dan golongan rentan lainnya."

Fakta Wabah Candida Auris yang Rentan Menyerang Orang TuaFakta Wabah Candida Auris yang Rentan Menyerang Orang Tua

Halodoc, Jakarta – Candida auris adalah jenis jamur patogen yang ditemukan pertama kali pada 2009 silam di Jepang. Jamur ini masuk kategori berbahaya karena resisten terhadap berbagai macam obat antijamur, sehingga sulit untuk diobati.

Adapun, wabah jamur Candida auris telah menyebar ke berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, India, dan Afrika Selatan. Salah satu fakta menarik dari wabah ini adalah orang tua termasuk golongan yang rentan terkena infeksi ini. 

Pada 2022 lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menempatkan Candida auris sebagai salah satu ancaman jamur terburuk untuk kesehatan masyarakat. Hal ini mengingat bahaya rentan yang terjadi pada pasien dan rasa frustrasi dokter dalam merawat dan menghentikan wabah yang resisten terhadap obat. Jadi, kamu harus waspada terhadap penyebaran wabah Candida auris ini.

Alasan Orang Tua Rentan Terserang Candida Auris

Beberapa alasan mengapa orang tua rentan terkena Candida auris adalah karena sistem kekebalan tubuh mereka telah melemah seiring bertambahnya usia.

Selain itu, banyak orang tua yang tinggal di tempat penitipan atau rumah perawatan, tempat di mana infeksi Candida auris dapat menyebar dengan sangat cepat.

Terlebih lagi, orang tua sering mengalami penyakit yang dapat meningkatkan risiko infeksi, seperti penyakit gula, gangguan pernapasan, dan penyakit jantung.

Infeksi Candida auris dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk demam, kelelahan, nyeri sendi, dan sakit kepala. Selain itu, infeksi ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Di antaranya seperti infeksi saluran kemih, infeksi darah, dan infeksi sistem saraf pusat. Penanganan infeksi ini menjadi lebih sulit karena resisten terhadap banyak jenis obat antijamur.

Pencegahan Penyebaran Infeksi Candida Auris

Untuk mencegah infeksi Candida auris, penting untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan, memperhatikan tempat tinggal orang tua, sekalipun di rumah perawatan atau tempat penitipan.

Selain itu, para petugas kesehatan dan pengunjung yang masuk ke tempat tersebut sebaiknya mematuhi protokol kebersihan yang ketat untuk mencegah penyebaran infeksi. Terkait dengan hal tersebut, kamu juga dapat membaca artikel mengenai Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Selain itu, penting untuk segera mencari bantuan medis jika mengalami gejala infeksi Candida auris. Semakin cepat melakukan pengobatan, semakin besar pula peluang penyembuhan. Dokter mungkin akan meresepkan obat antijamur yang kuat untuk mengobati infeksi Candida auris ini.

Ingat, jamur ini sangat resisten terhadap berbagai jenis obat antijamur. Oleh karena itu, perlu penanganan yang tepat dan teliti oleh tenaga medis yang berpengalaman dalam menangani infeksi Candida auris.

Jika kamu atau orang terdekatmu mengalami gejala infeksi, segera untuk menghubungi dokter melalui Halodoc. Jadi tunggu apalagi, yuk, langsung saja unduh aplikasi Halodoc dari App Store atau Play Store smartphone kamu.

Referensi:
CBS. Diakses pada 2023. CDC warns of “alarming” rise of potentially deadly fungal threat in hospitals
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2023. The potentially deadly Candida auris fungus is spreading quickly in the U.S.
USA Today. Diakses pada 2023. ‘Urgent threat’: CDC warns against Candida auris, a drug-resistant fungus invading health care facilities

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan