Faktor Penyebab Penoscrotal Webbing yang Perlu Dipahami

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   07 Februari 2023

“Penoscrotal webbing terjadi akibat pertumbuhan selaput berlebih pada area penis. Ada beberapa penyebab dari kondisi ini yang perlu diwaspadai.”

Faktor Penyebab Penoscrotal Webbing yang Perlu DipahamiFaktor Penyebab Penoscrotal Webbing yang Perlu Dipahami

Halodoc, Jakarta – Penoscrotal webbing merupakan gangguan yang terjadi pada selaput di penis karena menempel terlalu tinggi bagian intim tersebut. Beberapa orang mungkin mengalami ereksi yang menyakitkan saat mengalaminya dan kesulitan untuk berhubungan seks. Namun, apa sih penyebab seseorang dapat mengalami kondisi ini? Berikut jawabannya!

Berbagai Penyebab dari Penoscrotal Webbing

Gangguan ini merupakan kondisi bawaan saat lipatan kulit membuat sudut penoscrotal sulit ditemukan pada batang penis berukuran normal. Kondisi ini membuat tampilan penis lebih kecil dari aslinya karena tersembunyi.

Pada kenyataannya, ada dua penyebab terjadinya penoscrotal webbing, yaitu:

  • Penyebab bawaan: Pada kebanyakan kasus, kondisi ini terjadi saat bayi dilahirkan. Sayangnya, hingga kini masih belum diketahui penyebab terjadinya selaput yang berlebihan ini.
  • Penyebab yang didapat: Jenis gangguan ini dapat berkembang setelah lahir, biasanya disebabkan melakukan sunat yang bertujuan untuk menghilangkan terlalu banyak kulit.

Pada kasus yang jarang, seseorang bisa mengalami gangguan ini disebabkan oleh kondisi medis, seperti lymphedema, yaitu penumpukan cairan getah bening. Meski begitu, kondisi ini cukup langka untuk terjadi.

Lalu, bagaimana sih seseorang bisa tahu jika dirinya mengidap penoscrotal webbing?

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memastikannya, yaitu:

  • Tarik perlahan penis ke arah langit-langit.
  • Secara bersamaan, tarik perlahan kulit skrotum ke bawah.
  • Jika kulit terlihat berselaput antara skrotum dan penis, kemungkinan kamu mengidap kondisi ini.

Meski begitu, untuk lebih memastikannya, memang lebih baik untuk menemui dokter agar diagnosis yang dilakukan pasti dan dapat direkomendasikan tindakan untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Penoscrotal Webbing

Untuk menghilangkan selaput pada penis tersebut, scrotoplasty adalah tindakan yang umum dilakukan. Selama tindakan operasi, dokter bedah akan memotong kulit yang menghubungkan skrotum ke penis, lalu menyambungkannya kembali di lokasi yang benar dengan jahitan.

Prosedur ini membuat penis terlihat normal. Selain itu, perasaan ereksi yang tidak nyaman juga tidak terjadi lagi. Namun jika kondisi ini tidak menyebabkan gangguan atau tidak bermasalah pada tampilannya, tindakan operasi tidak perlu dilakukan.

Lalu, berapa lama, sih, pemulihan dari tindakan scrotoplasty?

Kamu dapat merasa tidak nyaman atau sedikit nyeri selama tiga hingga lima hari setelah tindakan tersebut. Butuh beberapa minggu untuk benar-benar pulih. Bahkan, bisa jadi mengalami pembengkakan dan ketidaknyamanan yang ringan pada skrotum.

Agar masalah ini bisa teratasi dengan baik, cobalah untuk melakukan langkah perawatan yang disarankan oleh dokter. Pastikan juga untuk menggunakan pakaian yang dapat mengurangi gerakan pada area bagian intim.

Namun jika masalah ini tidak teratasi dengan baik, ada beberapa komplikasi yang bisa terjadi sebagai akibatnya, antara lain:

  • Sulit untuk buang air kecil dan mengalami infeksi saluran kemih.
  • Mengalami disfungsi seksual termasuk disfungsi ereksi, masalah penetrasi, hingga hubungan seksual yang terasa menyakitkan.
  • Mengalami infeksi pada kulit penis, seperti balanitis.

Maka dari itu, jika kamu mengalami kondisi ini meskipun tidak merasa sakit, sebaiknya tetap memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu, komplikasi yang berpotensi dialami bisa dihindari agar tidak terjadi.

Untuk pemeriksaan medis pada area bagian intim, fitur tanya dokter dari aplikasi Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan diagnosis tepat dan tindakan penanganan segera.

halodoc homelab

Dengan menggunakan aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. 

Praktis bukan? Ayo download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Webbed Penis (Penoscrotal Webbing).
I Clinic. Diakses pada 2023. Webbed Penis – What Does It Mean?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan