Gejala Gagal Ginjal yang Terjadi pada Stadium Awal

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   05 Januari 2023

“Gejala gagal ginjal stadium awal dapat berupa kelelahan tanpa sebab, gangguan tidur, dan kulit terasa kering serta gatal. Sayangnya gejala tersebut seringkali tidak disadari dan dianggap sebagai gangguan biasa.”

Gejala Gagal Ginjal yang Terjadi pada Stadium AwalGejala Gagal Ginjal yang Terjadi pada Stadium Awal

Halodoc, Jakarta – Gagal ginjal merupakan kondisi ketika salah satu atau kedua ginjal tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Kondisi ini dapat berkembang dengan cepat (akut), tapi juga bisa bersifat jangka panjang yang perlahan memburuk. 

Pada awalnya, gagal ginjal tidak menimbulkan gejala karena tubuh biasanya mampu mengatasi penurunan fungsi ginjal. Namun saat kondisinya terdeteksi dan memasuki stadium awal, gejala mulai terasa. Gejala gagal ginjal stadium awal umumnya kelelahan, kesulitan tidur, dan kulit terasa kering atau gatal.

Gejala Gagal Ginjal Stadium Awal yang Perlu Diwaspadai

Kebanyakan pengidap gagal ginjal tahap awal tidak mengalami gejala atau hanya sedikit gejala, yang tidak disadari. Meski begitu, penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh meski kamu merasa baik-baik saja. 

Gejala gagal ginjal stadium awal dapat bervariasi pada setiap orang. Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, kemungkinan kamu akan melihat satu atau lebih dari gejala berikut:

  1. Merasa lelah dan sulit berkonsentrasi

Penurunan fungsi ginjal dapat mengakibatkan tubuh terasa lelah tanpa sebab, sehingga sulit berkonsentrasi. Hal tersebut dipengaruhi oleh penumpukan racun dan kotoran darah. 

  1. Mengalami gangguan tidur

Ketika ginjal tidak mampu menyaring dengan baik, racun tetap berada di dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan pengidap sulit tidur. Adapun, gangguan tidur atau sleep apnea lebih sering terjadi pada pengidap gagal ginjal dibandingkan dengan orang sehat. 

  1. Kulit terasa kering dan gatal

Ginjal yang sehat akan membuang limbah dan cairan berlebih dari tubuh melalui urine. Selain itu ginjal juga membantu memproduksi sel darah merah, menjaga tulang tetap kuat, dan mempertahankan jumlah mineral yang tepat dalam darah. 

Sementara itu jika gagal ginjal terjadi, jumlah mineral dalam darah lebih sedikit dari biasanya, yang menyebabkan kulit terasa kering dan gatal. Selain itu, ginjal juga tidak mampu menjaga keseimbangan nutrisi dalam darah.

  1. Buang air kecil lebih sering

Gagal ginjal bisa menyebabkan filter penyaring limbah dalam darah menjadi rusak. Akibatnya, sel-sel darah dapat bocor ke dalam urine. Hal tersebutlah yang menyebabkan pengidap gagal ginjal sering buang air kecil dan ditemukannya darah dalam urin. 

  1. Urine berbusa

Selain jadi lebih sering buang air kecil dan ada darah dalam urine, pengidap gagal ginjal stadium awal juga memiliki urine berbusa. Busa atau gelembung pada urine menunjukkan adanya protein dalam urin. 

  1. Mata bengkak

Adanya protein dalam urine menandakan bahwa terjadi kerusakan pada penyaring ginjal. Hal tersebut memungkinkan protein tercampur ke dalam urine. Hal tersebut dapat menyebabkan mata menjadi bengkak. 

Jika kamu memiliki gejala yang mengarah pada penyakit gagal ginjal, sebaiknya segera dapatkan pemeriksaan. Dokter mungkin merekomendasikan tes dan prosedur medis tertentu untuk melakukan diagnosa. Beberapa diagnosa gagal ginjal dapat berupa:

  • Mengukur jumlah urine. Dokter akan mengukur seberapa banyak kamu buang air kecil dalam 24 jam untuk menentukan penyebab gagal ginjal.
  • Tes urine. Dilakukan dengan menganalisis sampel urine, sehingga dapat diketahui adanya kelainan yang berkaitan dengan gagal ginjal. 
  • Tes darah. Cara ini dapat mengetahui adanya peningkatan kadar urea dan kreatinin dalam darah. Kedua zat tersebut digunakan untuk mengukur fungsi ginjal.
  • Tes pencitraan. Seperti ultrasonografi dan tomografi untuk membantu dokter melihat ke dalam ginjal.
  • Uji sampel jaringan ginjal. Dalam beberapa kasus, dokter perlu melakukan biopsi ginjal untuk mengambil sedikit sampel jaringan ginjal untuk diuji di laboratorium. 

Itulah yang perlu diketahui tentang gejala gagal ginjal stadium awal. Kamu juga bisa bertanya pada dokter di Halodoc juga memiliki kecurigaan awal tentang kemungkinan gejala gagal ginjal. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Acute kidney failure
National Kidney Foundation. Diakses pada 2023. 10 Signs You May Have Kidney Disease
Healthline. Diakses pada 2023. Everything You Need to Know About Kidney Failure
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Kidney Failure

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan