Gemar Mengonsumsi Minuman Bersoda Bisa Terkena Sakit Pinggang

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 November 2020
Gemar Mengonsumsi Minuman Bersoda Bisa Terkena Sakit PinggangGemar Mengonsumsi Minuman Bersoda Bisa Terkena Sakit Pinggang

Halodoc, Jakarta – Saat cuaca panas, terkadang berbagai jenis minuman segar sangat menarik untuk dikonsumsi, salah satunya minuman bersoda. Namun, tahukah kamu bahwa terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda atau minuman gula berkarbonasi dapat meningkatkan risiko berbagai gangguan kesehatan pada tubuh. 

Baca juga: Benarkah Sering Minum Soda Bisa Terkena Penyakit Ginjal?

Mulai dari perubahan tekanan darah, hingga adanya gangguan ginjal dapat dialami oleh seseorang yang gemar mengonsumsi minuman bersoda. Lalu, benarkah minuman bersoda juga dapat tingkatkan risiko sakit pinggang? Tidak ada salahnya simak ulasannya di sini!

Minuman Bersoda dan Sakit Pinggang

Tahukah kamu mengonsumsi satu kaleng minuman bersoda memiliki perbandingan yang sama dengan mengonsumsi 10 sendok teh gula? Bahkan dalam satu jam setelah pengonsumsian minuman bersoda, minuman jenis ini dapat memberikan dampak buruk pada beberapa organ tubuh, seperti jantung, paru-paru, gigi, serta ginjal.

Ya, terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda dapat tingkatkan risiko gangguan ginjal. Kondisi ini merupakan istilah untuk menggambarkan setiap gangguan yang terjadi pada ginjal. Padahal, ginjal berfungsi untuk membersihkan dan menyaring limbah beracun dari darah. 

Saat ginjal mengalami gangguan, kondisi ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih serius, seperti penumpukan limbah, anemia, dan gangguan elektrolit. Inilah yang dapat memicu sakit pinggang ketika kamu mengonsumsi terlalu banyak. Sakit pinggang bisa muncul akibat tanda dari gangguan ginjal.

Biasanya, sakit pinggang yang disebabkan oleh gangguan ginjal akan terasa pada punggung bagian bawah. Nyeri yang dirasakan juga akan menjalar ke bagian perut bawah hingga selangkangan. Segera batasi mengonsumsi minuman bersoda apabila kamu mengalami gejala tersebut yang disertai dengan penurunan frekuensi buang air kecil, perubahan warna urine, kelelahan, hingga peningkatan tekanan darah.

Baca juga: Benarkah Diet Coke Aman Untuk Diet?

Dampak Minuman Bersoda pada Kesehatan

Bukan hanya sakit pinggang, mengonsumsi terlalu banyak minuman bersoda juga dapat meningkatkan berbagai risiko kesehatan, seperti:

1.Obesitas

Minuman bersoda memiliki kandungan gula yang cukup tinggi didalamnya. Hal ini dapat menyebabkan kamu mengalami kenaikan berat badan sehingga tingkatkan risiko obesitas.

2.Gangguan Perlemakan Hati

Kandungan gula pada minuman bersoda mengandung glukosa dan fruktosa. Kandungan fruktosa hanya dapat dimetabolisme oleh satu organ dalam tubuh, yaitu hati. Mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan dapat meningkatkan jumlah fruktosa dalam hati. Kelebihan fruktosa yang sulit untuk diolah akan diubah menjadi lemak. Inilah yang dapat tingkatkan risiko gangguan perlemakan hati non-alkohol.

3.Kecanduan Minuman Bersoda

Bukan tidak mungkin kamu dapat mengalami kecanduan minuman bersoda. Hal ini disebabkan kandungan gula pada minuman bersoda membuat otak melepaskan hormon dopamine yang dapat membersihkan sensasi menyenangkan.

4.Gangguan pada Jantung

Bukan hanya pada ginjal, minuman bersoda yang kaya akan gula dapat menyebabkan berbagai risiko gangguan kesehatan yang memengaruhi kesehatan jantung.

5.Gangguan pada Gigi

Kandungan gula pada minuman bersoda juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada gigi. Tidak hanya gigi berlubang, kandungan gula pada gigi dapat menyebabkan plak yang berisiko picu karang gigi.

6.Munculnya Tanda Penuaan Dini

Jika kamu ingin menghindari tanda penuaan dini, sebaiknya batasi dan kurangi pengonsumsian minuman bersoda. Minuman ini mengandung gula yang cukup tinggi yang dapat memicu tanda penuaan dini pada kulit. Tidak hanya kandungan gula, kandungan lain pada minuman bersoda juga dapat memicu munculnya garis halus, hingga keriput pada wajah.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Minuman Soda Bikin Sembelit saat Puasa?

Itulah beberapa dampak yang dapat dialami ketika kamu terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda. Batasi dan kurangi pengonsumsian minuman bersoda. Ganti dengan rutin mengonsumsi air putih agar kondisi kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik. 

Jika kamu mengalami gangguan kesehatan, jangan ragu untuk segera periksakan kondisi kesehatan pada dokter dan bertanya seputar keluhan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 13 Ways That Sugary Soda Is Bad For Your Health.
Eat This, Not That. Diakses pada 2020. 40 Side Effects of Drinking Too Much Soda,
National Kidney Foundation. Diakses pada 2020. 3 Early Warning Signs of Kidney Disease.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan