• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Habis Lahiran Caesar, Ikuti Pola Hidup Sehat Ini

Habis Lahiran Caesar, Ikuti Pola Hidup Sehat Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Secara umum, ada dua metode persalinan yang bisa dilakukan, yaitu persalinan normal dan operasi caesar. Selain berbeda dalam metodenya, keduanya juga memiliki waktu pemulihan yang berbeda. Pola hidup yang harus diterapkan setelah operasi caesar pun akan berbeda. 

Setelah menjalani perawatan paska operasi caesar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait aktivitas dan pola hidup. Perawatan yang dilakukan di rumah sakit mungkin harus dilanjutkan agar pemulihan bisa terjadi dengan lebih cepat. Lantas, apa saja pola hidup sehat yang harus diterapkan paska menjalani proses persalinan caesar? 

Merawat Diri Setelah Operasi Caesar 

Setelah menjalani persalinan caesar, wanita umumnya membutuhkan waktu hingga tiga bulan untuk kembali pulih. Selama masa pemulihan, penting untuk membatasi aktivitas fisik, menjaga luka tetap bersih, serta menghindari hal-hal tertentu. Ada beberapa perubahan pola hidup yang perlu dilakukan, yaitu: 

  • Batasi Aktivitas Fisik 

Persalinan caesar akan memberikan bekas luka operasi. Untuk menghindari komplikasi, sebaiknya ibu membatasi aktivitas fisik atau olahraga berat. Sebelum kondisi tubuh benar-benar pulih, sebaiknya hindari bersepeda, berenang, mengangkat barang berat, atau senam aerobik. Sebagai gantinya, lakukanlah aktivitas yang berintensitas ringan atau sedang, seperti berjalan kaki. 

  • Tunda Hubungan Intim 

Setelah menjalani operasi caesar, sebaiknya tunda dulu hubungan intim dengan suami. Wanita yang baru menjalani proses persalinan ini disarankan untuk tidak berhubungan intim setidaknya selama 6 minggu. Hal ini bertujuan untuk memberi waktu agar kondisi rahim kembali pulih serta pendarahan sudah selesai. 

  • Cukup Tidur 

Bagi ibu baru, kurang beristirahat atau kurang tidur di malam hari mungkin adalah hal yang tidak asing. Namun, ada baiknya untuk tetap mengatur pola tidur, sehingga tubuh mendapat waktu istirahat yang cukup. Jangan sungkan untuk meminta bantuan pada suami atau keluarga dekat untuk membantu merawat bayi.

  • Menjaga Kebersihan 

Hal paling penting yang harus dijaga dan dilakukan setelah operasi caesar adalah menjaga kebersihan diri. Dengan begitu, luka akan lebih cepat sembuh dan terhindar dari infeksi atau komplikasi lain. Pastikan untuk melakukan kontrol luka rutin ke rumah sakit. 

  • Merawat Luka

Ibu juga disarankan untuk lebih berhati-hati dan merawat luka. Setelah bekas jahitan dilepas, luka harus tetap terjaga bersih dan kering. Maka dari itu, hindari membasahi luka operasi sampai bagian tersebut benar-benar kering. 

  • Konsumsi Makanan Sehat

Setelah persalinan, disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat. Agar proses pemulihan berlangsung cepat, perbanyak konsumsi makanan berserat dan perbanyak air putih. Sebaliknya, tidak disarankan menjalani diet ketat dan memaksakan diri. 

Menghindari stres fisik dan psikis juga bisa membantu pemulihan terjadi lebih cepat. Selalu konsultasikan pada dokter terkait perubahan-perubahan yang dialami selama pengobatan dan pemulihan luka. Dengan begitu, risiko munculnya komplikasi setelah operasi caesar bisa dihindari. 

Atau jika ragu, ibu bisa selalu terhubung dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Sampaikan semua keluhan yang dirasakan dan dapatkan saran tepat dari ahlinya. Dokter bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Verywell. Diakses pada 2020. When Can You Have Sex After a C-Section?
Web MD. Diakses pada 2020. C-Sections: Recovery, Risks, Benefits, Pain, and More.
Baby Center. Diakses pada 2020. Recovery after a caesarean birth.