• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Habis Olahraga Jangan Konsumsi Makanan ini
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Habis Olahraga Jangan Konsumsi Makanan ini

Habis Olahraga Jangan Konsumsi Makanan ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 10 April 2018
Habis Olahraga Jangan Konsumsi Makanan iniHabis Olahraga Jangan Konsumsi Makanan ini

Halodoc, Jakarta – Mengganti cairan tubuh yang keluar saat berolahraga adalah hal yang perlu dilakukan agar tetap bugar. Namun ternyata, tidak semua jenis makanan cocok untuk dikonsumsi setelah berolahraga. Pasalnya, tubuh mengalami metabolisme yang berbeda setelah melakukan aktivitas berat. Selain itu, salah memilih makanan malah bisa mengurangi manfaat berolahraga yang bisa didapat tubuh.

Nah, biar enggak salah dan bisa mendapat manfaat yang maksimal dari berolahraga, wajib tahu nih makanan apa saja yang sebaiknya tidak dikonsumsi untuk sementara. Apa saja sih jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi setelah berolahraga?

  1. Minuman Bersoda

Siapa yang tak akan tergoda dengan sekaleng minuman bersoda yang dingin? Meski bisa membantu menghilangkan rasa haus setelah berolahraga, soda bukanlah pilihan terbaik. Minuman yang mengandung soda sudah lama dikenal tidak baik bagi kesehatan.

Selain itu, soda mengandung banyak gula yang jika dikonsumsi berlebihan bisa memberi dampak buruk pada tubuh. Setelah lelah berkeringat, tubuh membutuhkan asupan yang dapat mengembalikan cairan alias menghidrasi. Sedangkan, hal itu sama sekali tidak bisa dipenuhi oleh minuman bersoda.

Alih-alih mengganti cairan, minum soda malah bisa membuat kamu menjadi kembung. Daripada minum soda, cobalah untuk menggantinya dengan air putih yang sudah terbukti dapat mengganti cairan tubuh yang hilang saat berolahraga.

  1. Cokelat

Selain minuman dingin, makanan yang manis seperti cokelat juga sangat menggoda untuk dikonsumsi setelah berolahraga. Namun, lagi-lagi cokelat tidak termasuk dalam jenis makanan yang boleh dikonsumsi segera setelah berolahraga.

Pasalnya, cokelat cenderung memiliki banyak kandungan gula dan kalori. Artinya, upaya yang diharapkan dari berolahraga, yaitu membakar kalori dan menurunkan berat badan malah bisa terganggu karena konsumsi cokelat. Kamu bisa mengganti cokelat yang mengandung susu dengan cokelat hitam.

Sebab, cokelat hitam alias dark chocolate biasanya lebih kaya akan antioksidan dan hanya sedikit mengandung gula. Setelah berolahraga lebih baik mengonsumsi jenis makanan yang satu ini.

  1. Makanan Pedas

Makanan pedas juga sebaiknya dihindari karena bisa memicu terjadinya masalah pencernaan. Selain itu, makanan yang terlalu pedas cenderung sulit untuk dicerna tubuh.

Padahal, setelah berolahraga tubuh sebenarnya lebih membutuhkan makanan yang mudah dicerna, sedikit protein dan sedikit gula. Tubuh membutuhkan sedikit asupan gula untuk mengembalikan kadar gula dan karbohidrat untuk mengganti energi yang hilang.

  1. Jus Kemasan

Jangan terkecoh dengan satu botol jus kemasan yang menyegarkan setelah berolahraga. Meski terbuat dari bahan yang sehat, yaitu buah-buahan. Jus kemasan telah melewati berbagai proses dan membuat kandungan gula tambahan dalam minuman ini menjadi sangat tinggi.

Mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu banyak mengandung gula tambahan nyatanya dapat mengganggu dan menghentikan proses pembakaran lemak yang terjadi dalam tubuh. Daripada minuman kemasan, ada baiknya kamu memilih untuk mengonsumsi jus buah asli atau potongan buah saja.

  1. Makanan Tinggi Protein

Setelah berolahraga, kamu disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang berat dan sulit untuk dicerna tubuh. Salah satu jenis makanan yang sulit dicerna tubuh adalah makanan berprotein tinggi.

Setelah berolahraga, tubuh tidak memiliki cukup banyak energi untuk mencerna jenis makanan yang terlalu berat. Sebaiknya, beri jeda waktu pada tubuh sebelum kembali memutuskan untuk mengonsumsi makanan berat setelah berolahraga.

Agar tubuh bugar, lengkapi olahraga dengan mengonsumsi vitamin tambahan. Lebih mudah beli multivitamin dan produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Pesanan akan diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang!