• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Calon Ibu, Sudah Tahu Belum?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Calon Ibu, Sudah Tahu Belum?

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Calon Ibu, Sudah Tahu Belum?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 05 November 2017
Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Calon Ibu, Sudah Tahu Belum?Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Calon Ibu, Sudah Tahu Belum?

Halodoc, Jakarta - Bagi wanita yang sudah menikah, tentu perlu mempersiapkan diri untuk menjadi seorang calon ibu. Bukan hanya persiapan mental dan fisik. Terutama soal asupan nutrisi yang harus benar-benar diperhatikan. Persiapan calon ibu salah satunya adalah harus mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi penting agar proses kehamilan dapat berjalan dengan baik dan janin tumbuh dengan sehat. Berikut adalah asupan nutrisi yang perlu diperhatikan:

1.  Asam Folat
Asam folat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu pembentukan susunan saraf pusat dan darah pada bayi. Asam folat juga memperlancar proses pembuahan sel telur.

2.  Protein
Makanan yang mengandung protein nantinya dapat membantu tumbuh kembang janin agar selalu sehat.

3.  Zat Besi
Zat besi sangat berpengaruh terhadap siklus ovulasi calon ibu. Cukupi kebutuhan zat besi agar siklus ovulasi teratur dan dapat memperlancar proses pembuahan. Selain itu zat besi juga bisa mencegah terjadinya anemia.

4.  Zat Seng
Seperti zat besi, zat seng juga tak kalah penting bagi calon ibu. Zat seng dapat membantu prosuksi materi genetik pada janin.

Selain asupan nutrisi yang harus diperhatikan, kamu juga perlu mempersiapkan beberapa hal sebagai calon ibu, seperti:

1.  Persiapkan Mental Dan Fisik
Sebagai dari persiapan calon ibu diperlukan persiapan fisik dan mental. Persiapan mental sangat diperlukan karena akan terjadi perubahan pada tubuh pada saat hamil karena adanya janin di dalam kandungan. Apabila tidak ada kesiapan mental maka bisa berakibat stres pada ibu hamil sehingga akan memengaruhi perkembangan janin.

2.  Memperbanyak Pengetahuan
Yang harus dipersiapkan calon ibu adalah memperkaya pengetahuan seputar kehamilan yang berhubungan dengan perencanaan, perawatan selama kehamilan, menjelang persalinan, pasca persalinan dan juga perawatan bayi dari berbagai sumber yang terpercaya.

3.  Lakukan Pemeriksaan Kehamilan Secara Rutin
Ini adalah salah satu rangkaian persiapan calon ibu. Pemeriksaan kehamilan salah satu bagian dari Antenatal Care (ANC) yang akan mencegah masalah yang terjadi selama kehamilan dan menurunkan risiko hilangnya nyawa pada ibu hamil. Waktu kunjungan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan akan berbeda-beda sesuai dengan usia kehamilan. Semakin tua usia kehamilan kamumaka semakin sering kamuharus melakukan pemeriksaan kehamilan.

4.  Ubah Gaya Hidup
Hal pertama yang harus disadari adalah adanya gaya hidup yang akan berubah. Kesibukan dan kejutan-kejutan baru pasti akan datang. Artinya, jika hari-hari kamu biasanya dipenuhi dengan rutinitas pekerjaan atau bersosialisasi, mungkin tak semuanya dapat kamu lakukan.  Jika kamu tipe orang yang terbiasa tidur cepat dan bangun di pagi hari, kini bersiaplah untuk keluar dari kebiasaan tersebut. Contoh lain adalah jika sebelumnya tidak memperhatikan pada pola makan, ingatlah bahwa kini makanan yang kamu makan akan diserap dan menjadi bekal buah hati.

5.  Prioritas Baru
Buah hati akan menjadi prioritas yang selalu kamu utamakan. Tanggung jawab menanti seiring dengan kebutuhan-kebutuhan bayi yang akan selalu bergantung pada kamu. Ini bukan hal yang menakutkan. Melihat tumbuh kembang anak adalah hal yang paling bermakna. Bukan berarti kamu harus menghentikan perhatian pada hal lainnya.

Diskusikan tentang persiapan calon ibu kepada dokter. Kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan rekomendasi apa saja yang dipersiapkan calon ibu. Dokter anak di Halodoc bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain itu, kebutuhan vitamin yang diperlukan pun bisa dibeli melalui Halodoc dan akan diantar ke tempat tujuan. Yuk, download Halodoc di App Store dan Google Play.

BACA JUGA: Cari Tahu 4 Posisi Tidur Ibu Hamil