• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hati-Hati, Minuman Beralkohol Bisa Picu Tukak Lambung

Hati-Hati, Minuman Beralkohol Bisa Picu Tukak Lambung

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Hati-Hati, Minuman Beralkohol Bisa Picu Tukak Lambung

Halodoc, Jakarta – Tukak lambung adalah luka menyakitkan yang terdapat di lapisan perut biasanya menyerang lambung dan usus kecil. Kondisi ini biasanya terjadi ketika lapisan tebal lendir yang melindungi perut dari cairan pencernaan berkurang. Akibatnya, asam pencernaan menggerogoti jaringan yang melapisi lambung sehingga memicu tukak.

Tukak lambung biasanya dipicu juga oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori (H. pylori), penggunaan jangka panjang obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) (seperti aspirin, ibuprofen, atau naproxen), serta sindrom Zollinger-Ellison. Nah, minuman beralkohol juga bisa memicu tukak lambung. Informasi selengkapnya baca di sini!

Kenapa Minuman Alkohol Picu Tukak Lambung?

Menurut data kesehatan dari Vertava Health, konsumsi alkohol dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak asam lambung, yang merupakan salah satu faktor penyebab tukak lambung. Konsumsi alkohol dalam jumlah banyak dapat mengiritasi lapisan lambung yang menyebabkan kondisi yang disebut gastritis. Kondisi ini menyebabkan peradangan pada lapisan lambung yang juga disebabkan oleh H. pylori

Baca juga: Bukan Maag, Ini Ciri Tukak Lambung

Penjelasan lain yang menjelaskan mengapa alkohol dapat memicu tukak lambung adalah ketika seseorang didiagnosis mengalami tukak lambung, alkohol adalah salah satu pantangannya. Biasanya, ketika orang yang rutin minum alkohol mengidap tukak lambung, kemudian diminta untuk berhenti minum alkohol, akan susah buat mereka menuruti nasehat tersebut. 

Jadi, walaupun alkohol bukan penyebab aslinya, sudah pasti alkohol dapat memperburuk kondisi tukak lambung. Jika diperburuk oleh alkohol, tukak lambung dapat menimbulkan masalah yang parah seperti pendarahan internal dan pembentukan lubang di dinding perut. Jika ini terjadi, makanan dan cairan pencernaan bisa bocor ke rongga perut dan menyebabkan infeksi fatal yang disebut peritonitis.

Minum alkohol dalam jumlah banyak juga dapat menyebabkan sirosis hati, suatu kondisi yang dikaitkan dengan frekuensi sakit tukak lambung yang lebih intens. Jika kamu saat ini sedang punya masalah dengan konsumsi alkohol, bisa ditanyakan langsung ke Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Alkohol Dapat Memengaruhi Masalah Pencernaan Lainnya

Ketika alkohol diserap ke dalam aliran darah di area lambung, ini jelas dapat mengganggu fungsi semua bagian saluran cerna. Alkohol dapat berkontribusi pada masalah perut yang berpotensi berbahaya seperti gastritis dan tukak lambung, dan ini hanya dua masalah utama. Masih banyak masalah pencernaan lainnya yang dipicu oleh konsumsi alkohol. Ini termasuk: 

Baca juga: Kebiasaan yang Dapat Memperparah Gejala Tukak Lambung

1. Refluks asam (mulas).

2. Malnutrisi.

3. Memburuknya sindrom iritasi usus besar.

4. Muntah.

5. Diare.

6. Lesi di perut atau usus kecil.

7. Kanker esofagus atau perut.

8. Penyakit pankreas.

Selain masalah pencernaan, konsumsi alkohol juga dapat berdampak buruk pada kesehatan secara menyeluruh. Menurut National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism, minum terlalu banyak pada durasi yang intens dapat menyebabkan kerusakan pada jantung, otak, hati, dan pankreas. Ini juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh secara menyeluruh membuat peminumnya lebih rentan terhadap penyakit, mulai dari flu biasa hingga pneumonia.

Baca juga: Langkah Penanganan Pertama Ketika Tukak Lambung Menyerang

Itulah sebabnya, terlepas dari dampak-dampaknya terhadap kesehatan secara menyeluruh, dokter menganjurkan orang yang mengidap tukak lambung untuk tidak mengonsumsi alkohol. Jika kamu mengalami gejala nyeri tumpul di perut, penurunan berat badan, enggan makan karena kesakitan, mual atau muntah, kembung, merasa mudah kenyang, sensasi terbakar di dada, itu adalah gejala tukak lambung. Segera periksakan dirimu ke dokter atau kontak Halodoc untuk informasi lebih lanjut!

Referensi:
Vertava Health. Diakses pada 2020. Can Alcohol Cause Ulcers?
Healthline. Diakses pada 2020. Stomach Ulcers and What You Can Do About Them.
American Addiction Centers. Diakses pada 2020. How Are Ulcers Formed from Drinking Alcohol?