• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hindari Berhubungan Intim di Ruangan yang Sama dengan Bayi

Hindari Berhubungan Intim di Ruangan yang Sama dengan Bayi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Setelah memiliki anak tentunya banyak perubahan yang terjadi pada kehidupan orangtua, tetapi sebaiknya hal ini tidak mengubah kualitas hubungan dengan pasangan. Berbagai cara bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas hubungan suami istri, salah satunya dengan rutin melakukan hubungan intim agar ikatan emosi tetap terjalin.

Baca juga: 5 Aturan Berhubungan Intim yang Aman Saat Hamil

Sebaiknya gunakanlah ruangan yang membuat privasi kamu dan pasangan tetap terjaga saat melakukan intim. Lalu, bolehkah berhubungan intim dalam kamar yang sama dengan anak? Nah, ada beberapa kondisi yang perlu kamu tahu agar keintiman dan privasi tetap terjaga. Simak ulasannya, di sini.

Inilah Beberapa Aturan yang Perlu Diketahui Orangtua

Idealnya, pasangan dapat melakukan hubungan intim sebanyak 1 kali dalam seminggu. Namun, kondisi ini bisa berubah saat pasangan sudah memiliki anak. Padahal, melakukan hubungan intim bagi pasangan memiliki banyak manfaat. Dilansir dari Very Well Mind, rutin melakukan hubungan intim dapat menurunkan risiko stres, menghindari gangguan penyakit kronis, hingga dapat meningkatkan kualitas hubungan suami istri.

Berbagai pemicu dapat menjadi alasan hubungan intim menjadi jarang dilakukan dan kurang intim, seperti rasa lelah mengurus anak, hingga anak yang masih tidur bersama dengan kedua orangtuanya. Lalu, benarkah sebaiknya orangtua menghindari melakukan hubungan intim pada satu kamar yang sama dengan anak?

Kondisi ini bisa dilakukan asalkan orangtua mengetahui aturan yang benar untuk melakukan hubungan intim saat berada dalam satu kamar dengan anak yang masih bayi atau balita. Melansir Parents, saat anak masih dalam usia bayi, kebiasaan ini tidak akan mengganggu bayi. Namun, ada beberapa hal yang perlu dilakukan orangtua, misalnya melakukan hubungan intim dengan tenang dan cepat.

Menurut Dr. Michele Borba dalam sebuah tulisan yang berjudul “The Big Book of Parenting Solution”, jika bayi masih berusia dibawah usia 6 bulan, sebaiknya orangtua jangan terlalu khawatir. Namun, jika aturan ini dirasa dapat mengurangi nilai kemesraan atau keintiman dengan pasangan, tentunya orangtua perlu memikirkan tempat lain yang bisa digunakan untuk melakukan hubungan intim sesuai dengan keinginan. 

Baca juga: Berhubungan Intim Setelah Melahirkan, Perhatikan Ini

Lakukan Ini untuk Meningkatkan Kualitas Hubungan

Namun, kondisi ruangan yang masih berbagi dengan anak jangan menjadi penyebab hubungan kamu dan pasangan mengalami penurunan kualitas. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan agar kamu dan pasangan memiliki ikatan emosional yang semakin kuat.

1.Jauhkan Obrolan Malam Mengenai Anak

Tumbuh kembang anak tentunya selalu menjadi topik pembicaraan setiap malam sebelum tidur. Mulai dari kemampuan anak yang semakin meningkat, hingga tingkah lakunya yang membuat orangtua bangga. Namun, sebaiknya batasi obrolan mengenai anak sebelum tidur. 

Melansir Parents, tidak hanya hubungan intim yang dapat meningkatkan kualitas hubungan. Memperbanyak topik pembicaraan mengenai kamu dan pasangan nyatanya juga dapat membuat hubungan semakin romantis dan hangat.

2.Berlibur Bersama Pasangan

Tidak ada salahnya untuk mencoba berlibur bersama pasangan selama satu malam. Tidak perlu lokasi yang jauh, kamu dan pasangan bisa berlibur dan bersantai di tengah kota selama satu hari. Jangan lupa untuk menitipkan anak-anak pada kerabat, atau keluarga terdekat dan dipercaya.

Menurut beberapa penelitian, pasangan suami istri nyatanya dapat meningkatkan ikatan emosional dan kualitas hubungan intim saat mereka berada di luar rumah. Jadi, jangan lupa mengatur jadwal rutin dengan pasangan untuk berlibur.

Baca juga: Selain Sehat, 5 Tips Ini Membuat Hubungan Intim Semakin Berkualitas

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas hubungan suami istri. Jangan ragu gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung dengan psikolog jika kamu mengalami penurunan kualitas hubungan dengan pasangan. Atasi segera kondisi tersebut agar hubungan kamu dan pasangan kembali membaik. 

Referensi:
Parents. Diakses pada 2020. Postpartum Sex: Is It Bad to Do It With Baby in the Room?
Parents. Diakses pada 2020. 5 Ways to Protect Your Sex Life From Your Kids.
Parents. Diakses pada 2020. 6 Tricks for Having More Sex After Kids.
Very Well Mind. Diakses pada 2020. The Benefits of Having Sex More Often.
Today. Diakses pada 2020. Sex With The Kids Around: What Are The Rules?