Ibu, Begini Cara Efektif Meningkatkan Produksi ASI

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 April 2023

“ASI adalah sumber nutrisi utama untuk proses perkembangan bayi. Namun, terkadang ibu mengalami kesulitan memproduksi ASI. Ada beberapa cara untuk meningkatkan produksi ASI.”

Ibu, Begini Cara Efektif Meningkatkan Produksi ASIIbu, Begini Cara Efektif Meningkatkan Produksi ASI

Halodoc, Jakarta – ASI adalah sumber nutrisi utama pada bayi selama perkembangan usia dini. Tidak hanya itu, ASI bermanfaat untuk mencegah penyakit, membantu perkembangan fisik dan kognitif, serta menjaga berat badan bayi. 

Kebutuhan ASI akan berbeda tergantung dengan usia dan kondisi kesehatan bayi. Umumnya, bayi membutuhkan 750ml ASI per hari. Sayangnya, tidak jarang ibu di luar sana yang kesulitan memberikan ASI karena ASI sulit keluar atau tidak keluar sama sekali. Tetapi, tidak perlu khawatir karena ada berbagai cara bagi ibu untuk meningkatkan produksi ASI.

Baca juga: Ibu, Ini Manfaat ASI bagi Bayi yang Lahir Prematur

Perbedaan Banyak ASI untuk Anak Sesuai Umurnya

Memberikan ASI pada bayi akan bermanfaat jika sesuai dengan kebutuhan anak kala itu. Ibu pasti ingin memastikan bahwa anak tidak terlalu sedikit atau terlalu banyak ASI. Untuk itu, ibu bisa mengikuti jadwal berikut untuk mengetahui jumlah rata-rata ASI yang bayi butuhkan pada rentang usia 0-12 bulan.

  • Bayi baru lahir / 1-2 ons ASI setiap menyusui / 8-12 kali perhari
  • Bayi usia 2 minggu / 2-3 ons ASI setiap menyusui / 8-12 kali perhari
  • Bayi usia 1 bulan / 3-4 ons ASI setiap menyusui / 8-10 kali perhari
  • Bayi usia 2 bulan / 4-5 ons ASI setiap menyusui / 6-8 kali perhari
  • Bayi usia 4 bulan / 4-6 ons ASI setiap menyusui / 6-8 kali perhari
  • Bayi usia 6-12 bulan / 7-8 ons ASI setiap menyusui / 4-6 kali perhari

Cara Efektif Meningkatkan Produksi ASI

Berikut beberapa cara melancarkan ASI bagi ibu menyusui.

1. Memerah ASI lebih sering

Meningkatkan produksi ASI bisa ibu lakukan dengan rajin memerah payudara. Meskipun ASI yang keluar hanya sedikit atau tidak keluar sama sekali, memerah ASI tetap bermanfaat karena dapat merangsang produksi ASI.

Ibu bisa melakukan proses memerah saat menyusui atau setelah menyusui. Ada baiknya pula jika ibu menjadwalkan waktu di siang dan malam hari untuk melakukan hal ini. 

Selain itu, tips lainnya adalah ketika ibu sedang menyusui bayi di sebelah kiri, cobalah memerah payudara sebelah kanan begitu juga sebaliknya. Memerah sambil menyusui membantu meningkatkan produksi ASI lancar.

Setelah menyusui, ibu bisa mencoba untuk memerah sampai payudara terasa kosong. Hal ini karena payudara yang kosong dapat mengoptimalkan produksi ASI.

Selain itu, ibu juga bisa menggunakan produk pompa ASI portable, seperti Mom Uung Pompa ASI Portable yang dapat memberikan kenyamanan dan ketenangan saat memompa dengan suara hisapan yang lembut. 

2. Meminimalisir stres

Kondisi emosional ibu bisa berdampak pada kuantitas ASI yang ibu produksi. Oleh karena itu, melakukan berbagai aktivitas pencegah stres secara reguler dapat membantu ibu meminimalisir stres. Lakukan kegiatan seperti yoga, latihan pernapasan, olahraga ringan, relaksasi, dan aktivitas sosial dengan orang lain. 

Mempelajari cara mengurus bayi bisa jadi suatu hal yang menakutkan bagi ibu muda. Penting untuk tidak terlalu menekan diri sendiri tentang produksi ASI dan menjaga pikiran tetap positif. Selain itu, coba juga ciptakan suasana yang tenang dan santai saat menyusui agar ibu merasa lebih nyaman.

Baca juga: Ketahui Makanan yang Baik untuk ASI Booster

3. Menjaga pola makan yang bernutrisi

Ibu menyusui membutuhkan lebih banyak nutrisi, energi, dan air. Cara agar produksi ASI lancar, ibu perlu mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang dapat menunjang produksi ASI. Ada makanan dan minuman tertentu yang terkenal bermanfaat untuk ibu menyusui.

Contohnya, sayuran hijau seperti daun katuk, bayam, dan bayam mengandung senyawa yang mendorong hormon produksi ASI. Selain itu, gandum juga ahli percaya dapat meningkatkan produksi ASI. 

Makanan-makanan lain yang bisa juga ibu konsumsi adalah ikan, kacang-kacangan, telur, dan bawang putih.

4. Mengonsumsi ASI booster

Untuk membantu melancarkan produksi ASI, ibu juga bisa mengonsumsi ASI booster. ASI Booster Mom Uung yang berisi 60 kapsul adalah ASI booster terbaik yang ada di pasaran saat ini karena sudah terbukti bisa meningkatkan produksi ASI.

ASI booster ini terbuat dari bahan alami karena terdapat kandungan daun kelor, daun katuk, dan ikan gabus yang terjamin bisa membantu ibu menyusui mendapatkan kebutuhan nutrisinya. 

Baca juga: Ketahui Makanan yang Baik untuk ASI Booster

Selain itu, produk ini juga merupakan pelancar ASI paling ampuh karena sudah dibuat sedemikian rupa agar sesuai dengan kebutuhan ibu dan bayi. Setelah mengonsumsi ASI booster, ibu akan melihat peningkatan dalam kuantitas dan juga kualitas ASI sehingga anak nafsu makan anak bisa naik. 

Oleh karena itu, ibu tidak perlu khawatir lagi bahwa cara meningkatkan produksi ASI ini tidak manjur. Dengan manfaatnya yang bisa meningkatkan kualitas serta kuantitas ASI, ASI Booster Mom Uung 60 kapsul ini menjadi andalan para mommy di Indonesia untuk menjadi teman pendamping saat masa menyusui.

ASI Booster Mom Uung berisi 60 kapsul bisa ibu beli di apotek dan supermarket terdekat. Kalau ibu sedang sibuk dan kewalahan mengurus anak dan tidak punya waktu banyak untuk keluar rumah dan membeli ASI booster, jangan khawatir.

Kini, ibu juga bisa beli produk kesehatan secara praktis melalui aplikasi Halodoc. Tinggal klik saja, produk akan segera diantar sampai depan rumah.

Tunggu apa lagi? Ayo, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2023. Breastfeeding.
Parents. Diakses pada 2023. Baby Feeding Chart: How Much Infants Eat in the First Year.
Parents. Diakses pada 2023. 8 Natural Ways to Produce More Breast Milk.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan