• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini 5 Tips Mengajak Balita Naik Pesawat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu, Ini 5 Tips Mengajak Balita Naik Pesawat

Ibu, Ini 5 Tips Mengajak Balita Naik Pesawat

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 27 Juni 2022

“Ada beberapa tips yang bisa ibu lakukan ketika mengajak balita naik pesawat agar tidak rewel. Misalnya datang ke bandara lebih awal, membicarakan tentang naik pesawat, hingga menyiapkan camilan dan mainan.”

Ibu, Ini 5 Tips Mengajak Balita Naik PesawatIbu, Ini 5 Tips Mengajak Balita Naik Pesawat

Halodoc, Jakarta – Mengajak balita naik pesawat merupakan tantangan dan pengalaman berbeda dibandingkan mengajak bayi naik pesawat. Hal tersebut karena balita lebih aktif dan mudah bosan saat hanya duduk diam dalam waktu lama. Namun, bukan berarti ayah dan ibu tidak bisa bepergian dengan pesawat, karena banyak tips tentang persiapan mengajak balita naik pesawat.

Lantas, apa saja tips mengajak balita bepergian naik pesawat? Simak ulasan berikut ini!

Persiapan saat Mengajak Balita Naik Pesawat

Setiap anak mungkin menunjukkan perilaku yang berbeda saat di atas pesawat. Selain mengikuti peraturan dan rekomendasi dari maskapai tentang membawa balita naik pesawat, berikut ini tips umum yang juga perlu dipersiapkan:

  1. Persiapkan Balita Sebelum Perjalanan dengan Pesawat

Menjelang keberangkatan, pastika Si Kecil sudah diberi makan. Usahakan juga agar ia sudah buang air besar atau kecil terlebih dulu sebelum naik pesawat. Karena ibu akan repot jika harus mengganti popok di atas pesawat. Selain itu, suhu udara di pesawat biasanya cukup dingin, pastikan juga untuk mengenakan pakaian yang cukup tebal pada Si Kecil untuk membuatnya tetap hangat. 

  1. Datang Ke Bandara Lebih Awal

Tujuan utama datang ke bandara lebih awal tentu saja agar tidak terlalu mepet dengan keberangkatan. Namun, jika membawa balita tujuannya untuk mempersiapkan dan membuatnya nyaman sebelum naik pesawat. Membuat balita nyaman sebelum naik pesawat sangat penting agar ia tidak kaget atau rewel saat berada di atas pesawat.

Saat berada di dalam bandara atau ruang tunggu, orangtua bisa memperlihatkan pesawat-pesawat yang sedang parkir. Katakan pada anak bahwa sebentar lagi ia akan naik pesawat dan  akan menjadi pengalaman yang luar biasa. Selain itu, orangtua juga memiliki banyak waktu untuk persiapan lainnya. Misalnya memberi makan, susu, hingga mengganti popok sebelum naik pesawat.

  1. Berikan Informasi Mengenai Naik Pesawat

Pengalaman naik pesawat dengan balita umumnya akan lebih baik ketika mereka tahu bagaimana situasi di dalam pesawat. Pada hari-hari sebelum keberangkatan, ibu bisa mengajak anak menonton atau membacakan buku yang membahas pengalaman naik pesawat. Mulai dari proses check-in bagasi dan keselamatan di dalam pesawat.

  1. Siapkan Camilan, Minuman, dan Mainannya

Untuk mencegah anak lapar dan haus di dalam pesawat, orangtua perlu mempersiapkan camilan dan minumannya. Makan camilan juga bisa menjadi kegiatan untuk mengatasi anak bosan. Berikan beberapa pilihan camilan untuk mengantisipasi penolakan. Selain itu, bawa juga mainan favoritnya untuk dimainkan untuk mengusir rasa bosan.

  1. Bersabar Jika Anak Rewel

Reaksi balita saat di dalam pesawat bisa saja tidak terduga meskipun ia sudah dipersiapkan sebelumnya. Hal ini dikarenakan suasana di dalam pesawat yang asing, penuh dengan banyak orang, serta suara mesin yang mengganggu. Situasi seperti itu bisa membuat Si Kecil tidak betah dan akhirnya menjadi gelisah hingga tantrum.

Jika terjadi respon yang tidak terduga dari Si Kecil, tetaplah sabar menghadapinya dan hindari membentak. Ibu bisa memperhatikan hal apa yang membuatnya tidak nyaman dan cobalah untuk memenuhi kebutuhan Si Kecil.

Itulah tips yang bisa ayah dan ibu coba jika mengajak balita naik pesawat. Pastikan juga kesehatan anak terjaga sebelum bepergian. Jika kesehatan Si Kecil terganggu sebelum bepergian, sebaiknya segera tanyakan pada dokter di aplikasi Halodoc mengenai penanganannya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Fatherly. Diakses pada 2022. 11 Essential Tips for Flying With a Toddler
Parents. Diakses pada 2022. 16 Tips for Flying with Toddlers and Young Kids
Very Well Family. Diakses pada 2022. How to Travel With a Toddler on a Plane