• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu Ini Cara Atasi Payudara Bengkak

Ibu Ini Cara Atasi Payudara Bengkak

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ibu Ini Cara Atasi Payudara Bengkak

Halodoc, Jakarta – Masalah yang umum dirasakan ibu yang sedang menyusui selain puting payudara yang lecet adalah payudara bengkak. Kondisi ini muncul akibat produksi ASI yang meningkat namun tidak dikeluarkan. Akhirnya, membuat payudara menjadi bengkak karena hanya berkumpul di payudara.

Bengkak payudara ini membuat payudara menjadi bengkak dan padat. Umumnya masalah payudara bengkak ini dialami oleh ibu yang baru melahirkan. Ada beberapa hal yang bisa diatasi oleh ibu untuk mengatasi bengkak payudara dan mengurangi rasa nyerinya.

  • Sebelum menyusui, keluarkan sedikit ASI agar payudara bengkaknya berkurang dan menjadi lebih lembut. Dengan begini, puting akan menjadi lebih mudah dimasukkan ke dalam mulut si bayi.
  • Jika setelah ASI dikeluarkan namun bayi belum juga bisa menyusu dengan baik, maka sebaiknya ibu memompa ASI dan memberikannya pada si kecil dengan menggunakan botol.
  • Meskipun ASI sulit dikeluarkan, namun pastikan ibu melakukan terapi pompa sesering mungkin untuk mengeluarkan ASI.
  • Untuk mengurangi rasa sakit akibat bengkak, ibu bisa mengompres dengan menggunakan air dingin.
  • Apabila sakit pada payudara membuat ibu jadi demam, sebaiknya segera bicarakan dengan dokter untuk meminta saran obat apa yang sebaiknya diminum. Karena ASI, masih akan diminum juga oleh bayi, jadi ibu juga mesti memperhatikan  asupan makanan yang dipilih termasuk jenis obat-obatan. 

Cara Cegah Payudara Bengkak

  • Selalu menyusui dengan posisi yang benar dan nyaman terutama ketika si kecil baru lahir.
  • Jangan menjadwalkan kapan harus menyusui, karena si kecil butuh asupan ASI sebanyak mungkin.
  • Jika si kecil enggan menyusu, maka sebaiknya pompa dan simpan persediaan susu.
  • Lakukan perawatan payudara dengan pijat payudara agar tidak bengkak.

 

Untuk memenuhi asupan ASI yang cukup bagi si kecil, sebaiknya ibu mengonsumsi makanan yang baik untuk memenuhi produksi ASI setiap hari. Beberapa hal yang bisa dilakukan ibu adalah:

  1. Gizi Seimbang

Memberikan ASI menuntut ibu untuk menyediakan nutrisi yang cukup untuk si kecil setiap hari. Selain itu, kebutuhan nutrisi untuk ibu pun harus terpenuhi tanpa kekurangan. Oleh karenanya, ibu perlu memilih asupan gizi yang tepat yang mengandung protein, karbohidrat, mineral, serat, dan vitamin untuk produksi ASI melimpah.

 

  1. Cegah Sakit

Bayi lebih rentan terhadap penyakit di sekitarnya, oleh karena itu penting bagi ibu untuk mencegah sakit yang datang. Penuhi asupan vitamin agar terhindar dari pengaruh vitus dan bakteri. Jika ibu sakit maka kemungkinan besar bagi si kecil tertular cukup besar.

 

Menjaga kesehatan ibu dan anak di masa menyusui sama-sama butuh usaha dan dukungan. Apalagi bagi ibu newborn yang belum memiliki pengalaman menyusui. Jadi alangkah baiknya jika ibu selalu membahas masalah kesehatan yang muncul langsung ke dokter. Hal yang sama juga berlaku jika kesehatan si kecil yang terganggu.

Untuk bicara dengan dokter, ibu tidak perlu repot datang ke rumah sakit. Ibu bisa bicara dengan dokter anak menggunakan aplikasi Halodoc. Jadi ibu akan bisa mendapatkan rekomendasi perawatan di rumah sakit tanpa harus langsung datang. Bicarakan dan temukan saran terbaik dari dokter Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat. Ibu juga bisa membeli suplemen atau vitamin untuk kesehatan kulit di Halodoc, pesanan akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.