Ibu, Ini Hak dan Kewajiban Anak yang Perlu Mereka Pahami

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Januari 2023

“Orang tua perlu memahami kalau ada hak dan kewajiban anak yang perlu dipenuhi. Contohnya anak berhak mendapatkan pendidikan dan makanan, sebaliknya anak juga berkewajiban untuk berbakti pada orang tua.”

Ibu, Ini Hak dan Kewajiban Anak yang Perlu Mereka PahamiIbu, Ini Hak dan Kewajiban Anak yang Perlu Mereka Pahami

Halodoc, Jakarta – Setiap orang di dunia memiliki hak dan kewajibannya masing-masing, tanpa terkecuali anak. Nah, orang tua berperan penting dalam mengenalkan hak dan kewajiban anak dalam pola asuh yang diberikan. Khususnya hak dan kewajiban anak di rumah. Adapun, keduanya sebaiknya diperkenalkan kepada anak sedari dini, sehingga mereka dapat memahami tanggung jawabnya. Karena itu, ketahuilah hak dan kewajiban anak yang perlu dipahami. 

Hak Anak yang Perlu Dipahami Orang Tua

Berikut adalah sejumlah hak anak yang wajib dipenuhi oleh orang tua: 

1. Hak Mendapatkan Identitas dan Makanan

Hak pertama yang perlu dipenuhi orang tua adalah hak anak untuk mendapatkan identitas. Karena itu, saat anak lahir, mereka berhak untuk memiliki akta kelahiran. Anak juga berhak untuk terdaftar di dalam kartu keluarga. Hal ini merupakan legitimasi akan kehadiran anak di keluarga tersebut melalui dokumen. Selain itu, seorang anak berhak untuk mendapatkan makanan yang bersih, bergizi, dan sehat. Seorang anak juga berhak mendapatkan ASI eksklusif selama dua tahun awal kehidupannya. 

2. Hak Mendapatkan Pendidikan

Hak anak selanjutnya yang perlu dipenuhi orang tua adalah mendapatkan pendidikan yang layak. Meskipun anak yang lahir berasal dari keluarga yang kurang mampu. Pasalnya, negara sudah menjamin hak anak melalui Undang Undang Perlindungan Anak. Dalam UU tersebut, negara bertanggung jawab untuk memberi biaya bantuan atau bantuan cuma-cuma atau pelayanan khusus bagi anak yang berasal dari keluarga tidak mampu, anak terlantar, serta anak yang bertempat tinggal di daerah terpencil.

3. Hak untuk Bermain 

Bermain juga termasuk sebagai hak anak yang perlu dipenuhi. Lantaran bermain tak hanya menjadi sarana hiburan semata, tetapi juga cara anak untuk belajar bersosialisasi. Di sisi lain, tidak memperbolehkan anak untuk bermain justru dapat berdampak negatif. Sebab, anak cenderung menjadi bosan sehingga kadar stresnya naik. Alhasil, anak berpotensi menjadi rewel atau mudah marah. 

4. Hak untuk Mendapatkan Perlindungan

Anak juga berhak mendapatkan perlindungan dari berbagai ancaman dan kekerasan. Baik yang bersifat fisik maupun psikis. Karena itu, orang tua wajib memberikan perlindungan baik pada anak demi keamanan dirinya. 

5. Hak Rekreasi 

Stres dapat dialami oleh segala kalangan usia, termasuk anak-anak. Maka dari itu, anak juga berhak mendapatkan rekreasi untuk menyegarkan pikirannya. Hal ini penting dilakukan karena anak yang tidak stres umumnya memiliki pertumbuhan yang lebih optimal.

Kewajiban Anak yang Wajib Dipenuhi 

Berikut adalah beberapa kewajiban anak yang perlu dipenuhi kepada orang tua: 

1. Setiap Anak Wajib Berbakti kepada Orang Tua

Kewajiban anak yang perlu dipenuhi yang pertama adalah berbakti kepada orang tua. Adapun, contoh berbakti kepada orang tua bisa dilakukan melalui beberapa cara. Misalnya seperti membantu orang tua saat kesulitan atau mematuhi segala perintah orang tua.

2. Wajib Menjaga Nama Baik Keluarga

Kewajiban anak selanjutnya yang perlu dipenuhi adalah menjaga nama baik keluarga. Hal ini dapat diwujudkan oleh orang tua melalui mengajarkan anak beberapa hal. Mulai dari selalu bersikap baik, ramah hingga tidak sombong kepada anggota keluarga dan orang lain. Dengan demikian, diharapkan anak terhindar dari perilaku negatif yang dapat mencoreng nama baik keluarga. Selain berdampak positif pada anak, orang tua yang berhasil mendidik anaknya dan menanamkan karakter yang baik juga dapat menjadi contoh bagi orang tua lain.

Itulah beberapa hak dan kewajiban anak yang perlu diketahui orang tua. Selain menanamkan keduanya sedari dini, pastikan juga untuk senantiasa memeriksakan kesehatan anak. Nah, melalui aplikasi Halodoc ibu bisa membuat janji medis di rumah sakit untuk memeriksakan kondisi anak. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu lama. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Unicef.Org. Diakses pada 2023. The Convention on the Rights of the Child: The children’s version. 
Merdeka. Diakses pada 2023. Hak dan Kewajiban Anak di Rumah, Orang Tua Wajib Tahu. 
Halodoc. Diakses pada 2023. Ketahui 10 Hak Anak yang Wajib DIpenuhi Orangtua. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan