Ibu Wajib Tahu, Ini Penyebab Gangguan Mental pada Remaja

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   19 Desember 2022

“Ada berbagai penyebab gangguan mental pada remaja. Mulai dari masalah lingkungan, faktor genetik, hingga pengalaman traumatis yang pernah dialami.”

Ibu Wajib Tahu, Ini Penyebab Gangguan Mental pada RemajaIbu Wajib Tahu, Ini Penyebab Gangguan Mental pada Remaja

Halodoc, Jakarta – Memasuki usia remaja ada banyak hal yang terjadi pada anak, salah satunya perubahan akibat fluktuasi hormon. Kondisi ini bisa menyebabkan berbagai keluhan kesehatan pada anak, mulai dari kondisi tubuh yang berubah dan terasa tidak nyaman hingga gejala gangguan kesehatan mental.

Sangat wajar ketika anak remaja mengalami perubahan suasana hati yang begitu cepat saat memasuki usia remaja. Namun, jika perubahan suasana hati menyebabkan anak mengalami kesedihan yang mendalam dan putus asa, sebaiknya ibu pastikan kondisi kesehatan mental anak.

Ada berbagai penyebab yang bisa memicu anak remaja mengalami gangguan kesehatan mental. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Penyebab Gangguan Mental pada Remaja

Gangguan kesehatan mental sangat rentan terjadi di kalangan anak-anak dan remaja. Menurut data dari National Alliance for The Mentally Ill, sekitar 22 persen anak remaja mengalami gangguan kesehatan mental yang parah. Bahkan, hampir setengahnya mengalami gangguan kesehatan mental di usia 14 tahun.

Sayangnya, gangguan kesehatan mental memiliki stigma negatif sehingga orang tua kerap menutup mata terhadap kondisi yang sedang terjadi pada anak. Lalu, apa yang bisa menyebabkan anak remaja mengalami gangguan kesehatan mental?

Berikut ini hal-hal yang bisa menjadi penyebab gangguan mental pada remaja:

1. Pengalaman Traumatis

Anak-anak yang pernah mengalami pengalaman traumatis, seperti mengalami bencana alam, perundungan, tindakan kekerasan fisik, hingga kekerasan seksual bisa mengalami gangguan mental.

2. Proses Perkembangan

Adanya perubahan hormon dan perkembangan otak ketika anak remaja bertumbuh juga bisa menyebabkan gangguan mental. Ketika semua sistem saraf tidak berkembang secara maksimal, kondisi ini dapat menyebabkan seseorang untuk mengalami perubahan pada pola pikir, suasana hati, hingga perilaku.

3. Lingkungan

Kondisi lingkungan menjadi salah satu hal yang bisa memengaruhi kondisi kesehatan mental remaja. Munculnya tekanan dari lingkungan juga bisa menjadi penyebab gangguan mental pada remaja.

Tekanan untuk menjadi berprestasi di sekolah atau di dalam pergaulan menjadi anak remaja kerap mengalami gangguan kesehatan mental.

4. Faktor Genetik

Gangguan kesehatan mental juga bisa terjadi pada remaja akibat faktor genetik. Saat remaja memiliki riwayat keluarga dengan kondisi gangguan kesehatan mental, kemungkinan remaja akan mengalami hal yang serupa. 

Itulah berbagai hal penyebab gangguan mental pada remaja. Tentunya orang tua pelru memahami kondisi kesehatan mental dan fisik anak. Kenali gejalanya agar gangguan yang dialami anak tidak memburuk dan bisa segera diatasi.

Pernah mendengar tes MMPI untuk mendeteksi gangguan mental? Baca selengkapnya di artikel ini: “Apa itu Tes MMPI? Ini Jenis, Prosedur, dan Hasil Tesnya“.

Gangguan Kesehatan Mental yang Rentan dialami Remaja

Ada beberapa jenis gangguan kesehatan mental yang sering dialami oleh remaja, seperti:

  • Gangguan Cemas

WHO mengatakan sekitar 14 persen anak-anak dengan usia 10-14 tahun mengalami gangguan cemas. Bahkan, gejalanya dapat bertambah buruk saat remaja memasuki tahap dewasa pada usia 21 tahun.

Gangguan cemas bukan hanya mengalami perasaan cemas. Gangguan ini dapat memengaruhi kehidupan mereka sehari-hari. Selain itu, kondisi ini juga akan disertai dengan perasaan takut terus menerus, gelisah, cepat marah, hingga gangguan tidur.

  • Stres dan Depresi

Kondisi lingkungan dan tekanan dapat menyebabkan remaja mengalami stres. Jika dibiarkan kondisi ini dapat menyebabkan anak mengalami depresi. 

Saat anak mengalami depresi, ada beberapa tanda yang bisa ibu perhatikan, seperti kesedihan yang mendalam, rasa putus asa, kehilangan motivasi dan energi, hilang konsentrasi, hingga keinginan untuk bunuh diri.

Jangan ragu untuk segera melakukan pemeriksaan kesehatan mental anak saat mengalami gejala yang terkait dengan kondisi ini. Tanyakan langsung pada psikolog atau psikiater menggunakan Halodoc agar kondisi ini dapat ditangani dengan tepat. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Referensi:
Turnbridge. Diakses pada 2022. 5 Common Mental Health Disorders Among Teens.
Healthy Children. Diakses pada 2022. Teen Mental Health: How to Know When Your Child Needs Help.
Very Well Mind. Diakses pada 2022. How to Navigate Teenage Mental Illness.
Very Well Family. Diakses pada 2022. Teen Mental Health Causes and Dangers.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan