Infeksi Menular Seksual Dapat Sebabkan Gonore

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   25 Oktober 2020
Infeksi Menular Seksual Dapat Sebabkan GonoreInfeksi Menular Seksual Dapat Sebabkan Gonore

Halodoc, Jakarta - Penyakit menular seksual sebenarnya tidak melulu menyoal HIV, sifilis, herpes genital, atau chlamydia saja. Pernah mendengar gonore atau kencing nanah? Nah, gonore adalah salah satu penyakit menular seksual yang juga perlu diwaspadai. 

Penyakit ini tak boleh dianggap remeh, sebab bisa menimbulkan beragam keluhan dan komplikasi yang mengkhawatirkan. Lantas, seperti apa gejala dan penyebab gonore? 

Baca juga: 4 Cara Pencegahan Penularan Gonore

Berbeda Gejala Antara Pria dan Wanita

Gejala gonore cukup beragam, tapi sekitar 10 persen pria dan 50 persen wanita yang terinfeksi gonore ini tidak mengalami gejala. Itulah sebabnya, makin banyak saja pengidap gonore yang menularkan penyakit ini ke pasangannya tanpa disadari.

Lantas, seperti apa gejala gonore pada pengidapnya? Faktanya, lebih mudah untuk mengenali penyakit ini pria ketimbang wanita. Alasannya, gejala awal pada wanita tak begitu jelas, sehingga sering keliru dan dianggap sebagai infeksi vagina atau infeksi saluran kemih. 

Kaum ada rasanya mesti harap-harap cemas kalau infeksinya sudah menjalar ke organ panggul. Pasalnya, kondisi ini bisa menyebabkan perdarahan pada vagina, demam, sakit pada perut bagian bawah, dan sakit saat melakukan hubungan intim. Mengkhawatirkan, bukan? 

Selain itu, menurut ahli di National Institutes of Health - MedlinePlus ada pula gejala gonore lainnya, antara lain: 

Baca juga: Ternyata Lansia Punya Peluang Lebih Besar Mengidap Penyakit Menular Seks

Gejala pada pria:

  • Rasa terbakar dan nyeri saat buang air kecil.
  • Sulit menahan atau frekuensi berkemih meningkat.
  • Adanya kotoran atau nanah di ujung penis (berwarna putih, kuning, atau hijau).
  • Ujung penis merah atau bengkak (uretra).
  • Testis menjadi lunak atau bengkak.
  • Sakit tenggorokan (faringitis gonokokal).

Gejala pada wanita: 

  • Rasa terbakar dan nyeri saat buang air kecil.
  • Sakit tenggorokan.
  • Hubungan seksual yang menyakitkan.
  • Nyeri hebat di perut bagian bawah (jika infeksi menyebar ke saluran tuba dan area rahim).
  • Demam (jika infeksi menyebar ke saluran tuba dan area rahim).
  • Perdarahan uterus abnormal.
  • Pendarahan setelah berhubungan seks.
  • Keputihan abnormal dengan cairan berwarna kehijauan, kuning atau berbau yang busuk.

Jika infeksi menyebar ke aliran darah, gejalanya yaitu demam, muncul ruam, dan timbul gejala yang mirip dengan artritis.

Nah, bagi kamu atau pasangan yang mengalami gejala-gejala di atas, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hati-hati, kencing nanah merupakan penyakit yang terbilang serius lho.  

Gegara Infeksi Bakteri

Mau tahu penyebab gonore yang bisa menyebabkan keluarnya nanah dari penis? Biang keladi utamanya adalah bakteri bernama neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Bakteri ini biasanya ditemukan di cairan penis atau vagina dari orang yang terinfeksi. 

Baca juga: Inilah 4 Penyakit yang bisa Ditularkan Melalui Hubungan Intim

Lantas, bagaimana cara penularan penyakit ini? Kebanyakan gonore ditularkan melalui hubungan seks, seperti anal atau oral seks, serta berhubungan seks tanpa menggunakan kondom. 

Ketika menyerang wanita, bakteri jahat ini bisa memengaruhi banyak organ dalam tubuh wanita. Pada dasarnya, bakteri ini menyerang serviks (leher rahim) dan saluran tuba (saluran telur), yang bisa menimbulkan masalah pada sistem reproduksi wanita. Nah, di samping itu infeksi bakteri ini bisa menyerang dubur, uretra (saluran kencing dan sperma), mata, dan tenggorokan. 

Wanita yang mengidap gonore dan sedang hamil juga perlu berhati-hati. Infeksi penyakit ini bisa ditularkan dari ibu ke bayi. Bayi yang terinfeksi bakteri ini bisa dilihat melalui gejala-gejalanya ketika baru lahir.

Misalnya, dilihat dari kondisi matanya dan biasanya muncul selama dua pekan pertama. Contoh gejala seperti mata merah, bengkak, dan mengeluarkan cairan yang kental seperti nanah.

Hati-hati, menurut ahli di National Health Service UK, tanpa pengobatan gonore dapat menyebabkan kebutaan permanen pada bayi yang baru lahir. Tuh, tidak main-main kan dampaknya? Jadi, sebaiknya lakukan pencegahan yang tepat agar tidak tertular gonore atau penyakit menular seksual lainnya. 



Referensi:
National Institutes of Health - MedlinePlus. Diakses pada 2020. Gonorrhoea
National Health Service - UK. Diakses pada 2020. Gonorrhoea
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Gonorrhoea

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan