• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ingin Career Switch? Persiapan 6 Hal Penting Ini
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ingin Career Switch? Persiapan 6 Hal Penting Ini

Ingin Career Switch? Persiapan 6 Hal Penting Ini

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 06 Oktober 2022

“Perubahan karir atau career switch merupakan keputusan yang diambil dengan pertimbangan yang matang. Maka dari itu, penting juga untuk tahu berbagai persiapan saat melakukan hal ini.”

Ingin Career Switch? Persiapan 6 Hal Penting IniIngin Career Switch? Persiapan 6 Hal Penting Ini

Halodoc, Jakarta – Saat merasa sudah tidak cocok dengan pekerjaan yang sedang dijalankan, mungkin career switch sudah harus ditempuh. Memang, hal ini sudah menjadi sesuatu yang wajar untuk dilakukan di dunia kerja.

Tindakan ini merupakan peralihan atau perubahan pada karir seseorang yang bisa jadi berbeda jauh dengan pekerjaannya sekarang. Namun, career switch mungkin tidak cocok untuk seseorang yang sudah merasakan stabilitas pada karirnya.

Nah, jika sudah memutuskan untuk berpindah karir, ada beberapa persiapan yang dibutuhkan. Pastikan untuk mempersiapkan segala hal, sehingga tidak ada penyesalan nantinya.

Berbagai Persiapan saat Ingin Career Switch

1. Melakukan Penilaian Diri

Jika sudah memutuskan untuk mengubah karir, penting untuk melakukan evaluasi pada keterampilan, kepribadian, serta minat melalui tes karir. Tes ini digunakan untuk menentukan daftar pekerjaan yang sesuai dengan berbagai jawaban dari pertanyaan yang diajukan. Kamu bisa mendapatkan saran dari profesional agar dapat memilih karir yang terbaik.

2. Buat Daftar Pekerjaan yang Diinginkan

Langkah selanjutnya saat ingin career switch adalah membuat daftar pekerjaan yang ditargetkan. Jangan buat pilihan yang terlalu banyak, cukup 5-10 pekerjaan. Kamu mungkin sudah memiliki beberapa pertimbangan, salah satunya progres karir di masa depan.

3. Gali Lebih Dalam Tentang Pekerjaan Tersebut

Pastikan untuk merinci lebih jauh tentang pekerjaan yang ditargetkan, seperti deskripsi pekerjaan, persyaratan pendidikan, prospeknya, hingga penghasilan. Sebagian besar informasi tersebut terdapat dalam banyak situs pencari pekerjaan.

4. Persempit Daftar Pekerjaan yang Dibuat

Kurangi daftar pekerjaan yang sudah dibuat berdasarkan yang sudah dipelajari dari penelitian yang dilakukan. Contohnya, bisa jadi kamu akan mencoret pekerjaan yang membutuhkan gelar lebih tinggi, atau mungkin berpikiran jika pekerjaan tertentu tidak terlalu menghasilkan.

5. Cari Informasi dari Seseorang yang Berpengalaman

Untuk mendapatkan informasi yang valid, cobalah untuk mewawancara orang yang sudah melakukan pekerjaan yang kamu minati. Identifikasi dan lakukan wawancara yang mendalam jika memungkinkan. Jika tidak memiliki kenalan, cobalah cari sumber di LinkedIn, bisa jadi mendapatkan seseorang yang berkenan untuk diwawancarai.

6. Dapatkan Latihan untuk Karir Baru

Langkah terakhir adalah mendapatkan beberapa pelatihan agar memiliki beberapa keterampilan yang dapat digunakan pada karir baru. Sebelum memulai pelatihan, cari tahu kemampuan yang sudah dimiliki dan mana yang perlu diperoleh. Dengan mempelajari keterampilan baru bisa menambah gelar dan sertifikasi.

Nah, itulah beberapa persiapan yang perlu dilakukan jika ingin melakukan career switch. Pastikan untuk melakukan semua hal tersebut agar kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaan baru lebih tinggi. Berbagai cara yang disebutkan juga membuat kamu langsung siap saat sudah mendapatkan pekerjaan yang baru.

Jika memiliki pertanyaan terkait career switch, psikolog atau psikiater dari Halodoc bisa memberikan jawaban melalui fitur tanya dokter. Cukup download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam berinteraksi dengan ahli medis bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Makanya, unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Live About. Diakses pada 2022. How to Make a Successful Career Change.
Fierce Education. Diakses pada 2022. How to Prepare for a Career Change: Step-By-Step Guide.