• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ingin Jenguk Newborn? Ingat Peraturan Wajib Ini
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ingin Jenguk Newborn? Ingat Peraturan Wajib Ini

Ingin Jenguk Newborn? Ingat Peraturan Wajib Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 08 Januari 2018
Ingin Jenguk Newborn? Ingat Peraturan Wajib IniIngin Jenguk Newborn? Ingat Peraturan Wajib Ini

Halodoc, Jakarta – Kabar bahagia dari rekan kerja, saudara, dan sahabat yang baru saja memiliki buah hati tentu membuat kamu ingin langsung menengok Si Mungil. Mengunjungi Si Kecil yang baru lahir memang seperti menjadi sebuah “kebiasaan”, namun tahukah kamu ada peraturan yang mesti kamu patuhi kalau mengunjungi newborn?

  1. Jangan Langsung Datang

Setelah mendengar kabar kelahiran, jangan langsung datang menjenguk ke rumah sakit. Sebaiknya tanyakan dulu apakah kondisi ibu dan Si Kecil memungkinkan untuk dikunjungi. Lalu, apakah menerima kunjungan di rumah sakit atau di rumah. Berbagai pertimbangan ini perlu kamu pikirkan agar tidak mengganggu ibu dan Si Kecil yang baru lahir.

  1. Perhatikan Jam Kunjungan Rumah Sakit

Kamu mungkin mempertimbangkan untuk ijin sebentar dari kantor, atau berkunjung setelah pulang kantor. Namun, kamu perlu perhatikan bahwa jam kunjungan rumah sakit khususnya untuk bayi tidaklah fleksibel. Kamu harus mempertimbangkan jam kunjungan rumah sakit. Perhatikan apakah itu waktu tidur siang atau waktu istirahat ibu.

  1. Jangan Berlama-lama

Ingat kalau melahirkan itu butuh tenaga dan usaha yang besar, jadi tidak heran kalau ibu juga butuh pemulihan.  Jadi saat mengunjungi ibu dan bayinya, sebaiknya kamu tidak berlama-lama bercengkrama. Karena meski orangtua bayi begitu bahagia menyambut kunjungan, namun ibu juga butuh istirahat. Sebaiknya batasi kunjungan hanya selama satu jam saja, ya.

  1. Cuci Tangan & Jaga Kebersihan

Si Kecil yang menggemaskan ini pasti membuat kamu ingin menggendongnya. Namun, jangan langsung menyentuh Si Kecil, ya. Pastikan dulu kalau tangan kamu bersih dan bebas kuman. Si Kecil yang baru lahir ini masih rentan terhadap penyakit. Jadi sebaiknya kamu melindungi diri agar tidak “menulari” kuman pada Si Kecil, ya.

  1. Tolak Tawaran Merepotkan

Sudah menjadi hal yang biasa jika tamu disuguhi makanan atau minuman saat berkunjung. Namun sebaiknya, tolak tawaran merepotkan ini. Ibu yang baru melahirkan sudah terlalu repot merawat Si Kecil jadi sebaiknya kunjungan tamu tidak menambah beban saat sedang masa pemulihan.

  1.  Jangan Bawa Anak Kecil

Tidak salah memang membawa anak kecil untuk ikut berkunjung ke tempat bayi yang baru lahir. Namun perlu diperhatikan usianya, sebaiknya tidak mengajak anak yang berusia di bawah enam tahun. Ini karena anak pada usia ini belum bisa diberi pengertian, sehingga justru bisa membuat perhatian orang teralihkan. Pada usia enam tahun, anak biasanya sudah bisa mengerti tentang keberadaan bayi dan bisa menunjukkan kasih sayangnya dengan lebih baik.

  1.  Jangan Asal Memberikan Saran

Entah kamu sudah pernah atau belum pernah melahirkan, sebaiknya tidak memberikan saran sesuai dengan pendapat pribadi kamu. Menceritakan pengalaman boleh saja, namun tetap harus berdasarkan fakta medis dari dokter, ya.

Kamu bisa menyarankan pada ibu newborn untuk menggunakan aplikasi Halodoc. Apalagi jika keadaan sedang repot di rumah dan perlu menghubungi dokter. Dengan Halodoc, dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain itu, dengan Halodoc, juga bisa melakukan tes laboratorium dan juga membeli produk kesehatan yang dibutuhkan, pesanan akan diantar dalam satu jam ke tempat tujuan. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.