Ingin Tampil Lebih Cantik dan Sehat? Begini Caranya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Maret 2022

“Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa terlihat cantik. Namun, sebenarnya kecantikan tak semata dari penampilan fisik, tetapi juga dari pola hidup sehat dan pikiran yang positif.”

Ingin Tampil Lebih Cantik dan Sehat? Begini CaranyaIngin Tampil Lebih Cantik dan Sehat? Begini Caranya

Halodoc, Jakarta – Ada waktu ketika wanita merasa khawatir berlebihan atau tak puas dengan dirinya sendiri. Apalagi dengan standar kecantikan yang cukup tinggi di masyarakat yang membuat wanita terus mencari cara lebih cantik dan sehat di hadapan semua orang. 

Namun, sebenarnya cantik tidak hanya dari tampilan luar, tetapi juga dari dalam tubuh. Jadi, kamu tidak hanya terlihat cantik tetapi juga terlihat lebih sehat. Bagaimana caranya? Coba ikuti langkah-langkah hidup sehat berikut ini.

  1. Banyak Minum Air Putih

Memenuhi asupan cairan harian tubuh dapat membantu menjaga kesehatan, terutama kesehatan kulit. Sebab, air memiliki kandungan oksigen yang sangat penting untuk kulit. Meski demikian, bukan berarti kamu hanya perlu minum air putih untuk menyehatkan tubuh.

Dehidrasi akan membuat kulit menjadi lebih mudah keriput dan kering. Jadi, kamu dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih, sehingga kulit tetap sehat. Tak hanya itu, minum air putih juga membantu menjaga kesehatan organ ginjal. Ketika asuran cairan terpenuhi, urine akan memiliki warna kuning jernih dan tidak mengeluarkan bau.

Sebaliknya, saat kamu kurang minum, urine yang dikeluarkan tubuh jadi lebih sedikit. Warnanya juga menjadi lebih pekat dan lebih berbau karena ginjal harus menyerap cairan ekstra supaya tetap bisa bekerja dengan optimal. 

  1. Hindari Konsumsi Minuman Beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol dapat membuat kulit mudah rusak. Sebab, minuman ini membuat kulit dan tubuh kehilangan cairan. Minum beralkohol lebih banyak dapat memicu kerusakan pada organ hati yang bertugas menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh.

Akibatnya, racun akan mudah bercampur dalam darah karena tidak bisa dikeluarkan. Kulit menjadi tampak kusam, kurang sehat, dan rentan berjerawat. Lalu, mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan juga bisa mengakibatkan pori-pori kulit melebar, pembuluh darah melebar yang berisiko pecah, dan pertumbuhan kelenjar minyak berlebihan. 

  1. Rutin Berolahraga.

Manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Melakukan aktivitas fisik secara teratur membuat kamu punya energi lebih banyak sehingga tubuh terasa bugar. Aktivitas fisik yang berkaitan dengan pertahanan bisa memerangi tanda penuaan, misalnya rambut beruban, kebotakan, kulit kering dan keriput. 

Adapun yang termasuk latihan ketahanan yaitu jalan cepat, bersepeda, berlari, atau aktivitas aerobik lainnya. Jenis olahraga ini bisa membantu meningkatkan kesehatan pernapasan dan jantung. Semakin lama waktu kamu melakukan aktivitas tersebut, maka semakin tinggi pula daya tahan tubuh. 

  1. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV.

Cara lebih cantik dan sehat secara alami berikutnya adalah melindungi kulit dari paparan sinar UV. Pakailah tabir surya untuk membantu memberikan perlindungan pada kulit setidaknya 30 menit sebelum kamu memulai aktivitas di luar ruangan. 

  1. Bersihkan Kosmetik Sebelum Tidur

Jangan sampai lupa, kosmetik yang kamu pakai bisa membuat pori-pori kulit wajah tersumbat yang memicu banyak masalah kulit. Jadi, pastikan wajah sudah bersih dari semua kosmetik sebelum kamu beristirahat. Selain membuat wajah terlihat kusam dan rentan keriput, tidak menghapus sisa kosmetik juga dapat membuat mata iritasi dan bulu mata rontok. 

Nah, itu tadi beberapa cara lebih cantik dan sehat yang bisa kamu lakukan untuk terlihat menawan, baik dari luar maupun dari dalam tubuh. Tak boleh lupa, kamu juga harus menjaga kesehatan tubuh sebaik-baiknya. Jangan abaikan gejala yang tidak biasa yang kamu rasakan, segera tanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa download aplikasi Halodoc secara gratis di App Store maupun Play Store.

Referensi:
Best Health. Diakses pada 2022. 8 Beauty Tips That Will Also Improve Your Health.
WebMD. Diakses pada 2022. 6 Reasons to Drink Water.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Tips For Healthy And Young Looking Skin.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan