• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 2 Pilihan Penanganan untuk Mengatasi Latah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 2 Pilihan Penanganan untuk Mengatasi Latah

Ini 2 Pilihan Penanganan untuk Mengatasi Latah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 25 November 2022

“Tidak ada cara khusus untuk mengatasi latah, tapi berhenti mengagetkan atau menggoda pengidap secara sengaja bisa sangat membantu pengidap mengatasi kondisi tersebut. Selain itu, terapi wicara dan obat-obatan juga bisa membantu mengatasi latah.”

Ini 2 Pilihan Penanganan untuk Mengatasi LatahIni 2 Pilihan Penanganan untuk Mengatasi Latah

Halodoc, Jakarta – Latah merupakan kondisi yang umum ditemukan pada masyarakat di Indonesia. Biasanya, bila orang latah dikagetkan, mereka secara spontan akan mengeluarkan serentetan kata-kata atau mengulangi kata-kata yang diucapkan orang lain.

Meskipun terasa lucu, tapi tidak sedikit juga orang latah yang malu dengan kondisi mereka tersebut. Mereka sering kali diejek, sehingga menjadi tidak percaya diri dalam berhubungan dengan orang lain. Selain itu, kondisi ini juga bisa membuat pengidapnya merasa tidak nyaman dan terganggu. Lantas, adakah cara untuk mengatasi latah?

Memahami Latah

Latah atau yang dikenal dengan istilah jumping frenchmen of maine merupakan reaksi berlebihan yang muncul saat seseorang terkejut oleh sesuatu. Terkejut atau kaget sebenarnya adalah reaksi yang normal. Namun, pada kasus latah, orang tersebut menunjukkan reaksi kaget yang ekstrem hingga mengeluarkan kata-kata atau melakukan tindakan tertentu. 

Ya, nyatanya gejala latah tidak hanya berupa pengulangan kata-kata atau mengeluarkan serentetan kata tertentu. Ada juga beberapa orang yang bisa melompat, memukul, melempar benda dan lain-lain saat dikagetkan. Reaksi kaget tersebut disebabkan oleh rangsangan yang tiba-tiba atau tidak terduga, seperti suara keras, perintah atau kontak fisik, seperti tepukan dari belakang. 

Ketika kaget, orang yang latah bisa mengulangi kembali kata-kata atau frasa dengan cara mirip burung beo (echolalia). Atau mereka mungkin secara tidak sengaja meniru gerakan atau gerak tubuh orang lain (echopraxia). 

Beberapa orang yang latah juga bisa secara tidak sengaja mengumpat atau mengucapkan kata-kata atau frase yang cabul atau tidak pantas secara sosial (coprolalia). Selain itu, ada juga beberapa yang mungkin menunjukkan kepatuhan otomatis atau “dipaksa” sebagai respons kaget di mana mereka secara otomatis mematuhi perintah sederhana. Misalnya seperti melompat, berlari, atau memukul. Biasanya, orang-orang ini tidak akan menanggapi perintah tersebut.

Pada kebanyakan kasus, gejala latah bisa berkurang frekuensi dan tingkat keparahannya seiring bertambahnya usia pengidap. Namun, gejala juga bisa semakin parah bila pengidap sering dikagetkan atau sedang mengalami kelelahan, stres, atau ketegangan emosional.

Berbagai Pilihan Cara untuk Mengatasi Latah

Sebenarnya tidak ada penanganan khusus yang bisa dilakukan untuk mengatasi latah. Berhenti mengagetkan atau menggoda orang yang latah dengan sengaja, bisa membantu secara efektif untuk mengurangi atau bahkan mengatasi latah. 

Namun, ada beberapa cara yang juga bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut, yaitu:

1. Terapi bicara

Ini adalah penanganan yang efektif untuk mengatasi latah jenis echolalia. Terapis akan mengamati pengidap dan mengidentifikasi penyebab ekolalia. Ia kemudian akan mencoba memahami mengapa pengidap terus mengulang kata-kata. Terapis juga akan mendengarkan pengidap dan merespons dengan cara yang dipahami.

Pada metode penanganan ini, seorang ahli patologi wicara berperan penting dalam mengobati latah, khususnya echolalia. Ahli kesehatan tersebut bisa menggunakan teknik perilaku, terapi wicara, isyarat verbal dan visual, metode pembelajaran, pemantauan diri, dan penguatan positif untuk mengatasi latah.

2. Pemberian obat-obatan

Dokter juga bisa meresepkan obat seperti antidepresan atau selective serotonin reuptake inhibitors (SSRI) bila latah disebabkan oleh stres, kecemasan, atau gangguan kejiwaan. Ia mungkin juga akan memberi pengidap obat khusus bila kondisi ini dipicu oleh kondisi neurologis seperti stroke atau epilepsi.

Itulah beberapa pilihan penanganan latah. Bila kamu mengidap latah dan kondisi tersebut cukup mengganggu dan memengaruhi kondisi mental kamu, cobalah temui psikolog untuk membicarakannya. Kamu bisa memeriksakan kesehatan kamu dan berobat pada ahlinya dengan  buat janji medis saja melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
National Organization for Rare Disease. Diakses pada 2022. Jumping Frenchmen of Maine.
WebMD. Diakses pada 2022. What Is Echolalia?