Ini 3 Gejala Foreign Accent Syndrome yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Januari 2023

“Gejala utama Foreign Accent Syndrome adalah kemampuan untuk berbicara dengan aksen bahasa asing secara tiba-tiba. Namun, pengidap gangguan bicara tersebut juga bisa mengalami gejala neurologis dan psikologis.”

Ini 3 Gejala Foreign Accent Syndrome yang Perlu DiketahuiIni 3 Gejala Foreign Accent Syndrome yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Foreign Accent Syndrome (FAS) adalah kondisi ketika seseorang tiba-tiba bisa berbicara dengan aksen yang berbeda dari bahasa ibunya sehari-hari. Aksen yang tiba-tiba muncul ini tidak sama dengan orang yang memang belajar menguasai suatu bahasa asing.

Contoh kasus FAS, ada seorang wanita Australia yang tiba-tiba bisa berbicara dengan aksen Prancis setelah kecelakaan mobil. Selain itu, pada 2018 silam, seorang wanita Amerika di Arizona suatu hari terbangun dengan campuran aksen Australia, Inggris, dan Irlandia setelah tertidur pada malam sebelumnya karena sakit kepala.

Kondisi ini paling sering terjadi setelah cedera kepala, stroke, atau beberapa jenis kerusakan otak lainnya.  Nah, agar bisa lebih bisa memahaminya, yuk ketahui tentang gejala Foreign Accent Syndrome lebih jauh di sini!

Memahami Gejala Foreign Accent Syndrome

Foreign accent syndrome adalah gangguan bicara yang langka. Orang yang mengidap sindrom ini berbicara dalam bahasa mereka sehari-hari, tapi dengan aksen asing.  Aksennya relatif konsisten dari waktu ke waktu dan hal itu bukan sesuatu yang dibuat-buat.

Pada kebanyakan kasus, cedera pada sistem saraf pusat adalah penyebab FAS. Namun, sindrom tersebut juga bisa disebabkan oleh masalah kesehatan mental.

Pengidap foreign accent syndrome mungkin tidak mengucapkan aksen asing tersebut secara sempurna. Namun, perubahan dalam ucapan mereka tersebut cenderung tetap konsisten.

Jadi, mereka biasanya tidak beralih di antara kadang-kadang memiliki aksen dan kadang-kadang tidak.

Gejala yang Perlu Diketahui

Gejala utama FAS adalah berbicara dengan aksen dari negara yang orang tersebut belum pernah tinggali atau bahasa yang belum pernah mereka gunakan sebelumnya. 

Contohnya, orang Inggris secara tiba-tiba bisa berbicara bahasa Inggris dengan aksen Spanyol.

Berikut adalah beberapa gejala Foreign Accent Syndrome:

1. Perubahan aksen

Perlu diketahui bahwa tiap orang memiliki aksen alami yang dihasilkan dari sistem pola suara dalam bahasa ibu yang secara tidak sadar kamu pelajari sejak kecil. Ini dikenal sebagai sistem fonetik.

Aksen tersebut masih bisa berubah di awal kehidupan saat kamu terpapar pada aksen dan pola bicara yang berbeda dari orang-orang di sekelilingmu.

Namun, setelah masa remaja, sebagian besar sistem fonetik biasanya akan tetap dan tidak berubah lagi. Nah, FAS bisa memengaruhi seluruh sistem fonetik seseorang. 

Berikut beberapa perubahan aksen yang menjadi gejala FAS:

  • Kamu mengucapkan vokal secara berbeda, seperti ketika mengatakan “yah”, menjadi “yeah”.
  • Kamu bisa menambahkan, menghapus, atau mengganti suara, seperti ketika mengatakan “kuat” menjadi “kuhwat”.
  • Bermasalah dengan suara yang mengharuskan kamu ‘mengetuk’ lidah di belakang gigi, seperti “d” atau “t”.
  • Nada bicara kamu berubah.

2. Gejala neurologis

Foreign Accent Syndrome paling sering disebabkan oleh masalah neurologis, seperti cedera otak, atau kondisi medis, seperti demensia yang merusak otak.

Karena itu, pengidap mungkin juga bisa menunjukkan gejala dari kondisi neurologis tersebut.

3. Gejala psikologi

Kebanyakan orang dengan sindrom aksen asing juga menunjukkan gejala kondisi psikologis. Mereka mungkin mengalami skizofrenia atau depresi.

Gangguan bicara ini bisa berlangsung selama berbulan-bulan, bertahun-tahun atau mungkin permanen.

Bila kamu mengalami gejala FAS setelah mengalami cedera kepala, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Pasalnya, perubahan aksen yang kamu alami bisa saja disebabkan oleh sesuatu yang serius.

Kamu bisa periksa kesehatanmu dengan buat janji di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc.

Selain itu, pengobatan kondisi ini tergantung pada kondisi yang mendasarinya. Namun, bila tidak ditemukan penyebabnya, masalah bicara tersebut bisa dikurangi dengan menjalani terapi bicara atau konseling.

Yuk, jangan lupa download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store atau Google Play untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap ya.

Referensi: 
Medical News Today. Diakses pada 2022. What is foreign accent syndrome?.
Healthline. Diakses pada 2022. Foreign Accent Syndrome: What Is It?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan