Ini 3 Hal yang Memicu Seseorang Memiliki Pyrophobia

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 Desember 2022

“Ada beberapa hal yang bisa memicu terjadinya pyrophobia. Termasuk pengalaman negatif di masa lalu atau faktor genetik dan lingkungan.”

Ini 3 Hal yang Memicu Seseorang Memiliki PyrophobiaIni 3 Hal yang Memicu Seseorang Memiliki Pyrophobia

Halodoc, Jakarta – Pyrophobia adalah rasa takut berlebihan akan api. Berasal dari bahasa Yunani “pyro” yang berarti api, dan “phobos”, yang berarti ketakutan. Fobia jenis ini termasuk salah satu jenis gangguan kecemasan. Gejalanya berupa ketakutan irasional yang tidak sesuai dengan ancaman sebenarnya.

Api bisa berbahaya, sehingga tingkat ketakutan dan kehati-hatian tertentu memang perlu. Namun, hanya karena takut rumah terbakar, tidak berarti seseorang mengidap pyrophobia. 

Namun, seseorang dengan fobia ini tidak dapat mentolerir bahkan kebakaran kecil yang terkontrol dengan baik. Mereka juga sering menunjukkan gejala fisik, seperti pusing saat menghadapi api.

Berbagai Hal yang Bisa Memicu Pyrophobia

Ada banyak jenis fobia spesifik, tetapi penyebabnya seringkali tidak jelas. Namun, biasanya ada berbagai faktor yang bisa jadi pemicu, seperti:

1. Pengalaman Negatif

Seseorang dengan pyrophobia mungkin memiliki pengalaman buruk terkait api. Seperti terbakar, terjebak dalam api, atau kehilangan sesuatu (seperti rumah) karena kebakaran.

2. Genetik, Perilaku yang Dipelajari, atau Keduanya

Anak-anak dari orang tua dengan gangguan kecemasan lebih mungkin mengalami kondisi yang sama. Meskipun fobia spesifik juga berpotensi genetik, hal ini masih belum jelas. 

Sebab, ada kemungkinan bahwa fobia ini muncul karena sesuatu yang dipelajari. Misalnya, jika seseorang yang dekat dengan kamu, seperti orang tua atau orang yang kamu cintai, sangat takut pada api, kamu mungkin belajar untuk takut pada api juga.

3. Masalah pada Fungsi Otak

Setiap orang merasakan dan memproses rasa takut secara berbeda. Beberapa orang mungkin cenderung lebih cemas daripada yang lain. Hal ini dapat terjadi karena ada masalah pada fungsi otak.

Seperti Apa Gejalanya?

Gejala pyrophobia mirip seperti gejala fobia spesifik lainnya, yaitu:

  • Biasanya rasa takut akan api tidak rasional, terus-menerus, dan mengganggu kegiatan sehari-hari. 
  • Akibat ketakutan mereka, pengidap pyrophobia mungkin menghindari api sama sekali.
  • Mereka juga mungkin memiliki ketakutan yang terus-menerus dan berlebihan untuk menghadapi api. 

Orang yang mengidap pyrophobia mungkin merasa pusing atau mual jika bersentuhan dengan api. Paparan ini bisa sesederhana seperti menyalakan lilin atau menyalakan kompor gas.

Saat berada di sekitar api, seseorang dengan pyrophobia parah juga dapat mengalami:

  • Ingin melarikan diri.
  • Sesak napas.
  • Tangan dingin dan berkeringat.
  • Mulut kering.
  • Merasa lemah.
  • Ketegangan otot.
  • Mual.
  • Jantung berdebar.
  • Gemetar.

Pilihan Perawatan yang Tersedia

Ada beberapa pilihan perawatan untuk orang yang menghadapi fobia tertentu. Rencana perawatan khusus setiap orang dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan dan tingkat keparahan gejalanya.

Berikut ini beberapa pilihan perawatan untuk pyrophobia:

1. Obat-obatan

Ada obat-obatan tertentu yang dapat dokter resepkan untuk orang dengan fobia ini, yaitu:

  • Selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI). Ini adalah jenis antidepresan yang dapat membantu untuk mengobati kecemasan. Bekerja dengan cara menghambat pengambilan kembali neurotransmitter serotonin, pembawa pesan kimiawi yang berperan dalam suasana hati.
  • Benzodiazepin. Obat-obatan ini memiliki efek sedatif dan bekerja dengan cepat, yang membuatnya efektif untuk mengobati episode kecemasan atau panik akut. 

2. Psikoterapi

Orang dengan pyrophobia intens mungkin perlu mendapat bantuan dari  psikoterapis. Berikut ini beberapa terapi yang bisa kamu jalani:

  • Terapi perilaku kognitif (CBT). Ini adalah bentuk psikoterapi, atau terapi bicara, yang mencoba membingkai ulang pemikiran seseorang. 
  • Terapi pemaparan. Terapis akan membuat pengidap menghadapi api secara bertahap untuk meredakan rasa takutnya. 

Itulah pembahasan mengenai pyrophobia. Jika kamu atau orang terdekat mengalami fobia ini, jangan ragu untuk cari bantuan ahlinya. Agar mudah, download Halodoc saja untuk membuat janji temu dengan psikolog atau psikiater.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Pyrophobia: Understanding the Fear of Fire.
Very Well Mind. Diakses pada 2022. What Is Pyrophobia?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan