Ini 4 Fakta Menarik yang Perlu Diketahui Seputar Tes Buta Warna

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 Desember 2023

“Ada berbagai jenis tes buta warna untuk mengidentifikasi jenis gangguan penglihatan warna seseorang. Contohnya, tes ishihara yang menggunakan serangkaian plat warna dengan angka atau pola yang hanya dapat dilihat oleh orang dengan penglihatan normal.”

Ini 4 Fakta Menarik yang Perlu Diketahui Seputar Tes Buta WarnaIni 4 Fakta Menarik yang Perlu Diketahui Seputar Tes Buta Warna

Halodoc, Jakarta – Tes buta warna adalah sebuah uji diagnostik untuk mengidentifikasi gangguan penglihatan warna pada seseorang. Gangguan ini bisa terjadi karena ketidaknormalan pada pigmen dalam sel-sel mata yang bertanggung jawab mengenali warna. 

Meskipun banyak orang menganggap pemeriksaan mata ini hanya sebagai tes sederhana, tapi sebenarnya tes ini memiliki peran yang penting dalam mengidentifikasi masalah penglihatan. Yuk, cek fakta berikut ini!

Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Tes Buta Warna

Tes buta warna bertujuan untuk memeriksa kemampuan seseorang dalam membedakan warna dengan benar. Tes ini membantu mengidentifikasi jenis gangguan penglihatan warna seseorang. Dengan begitu, dokter dapat memberikan penanganan atau bantuan yang tepat. C

Yuk, cek fakta seputar pemeriksaan buta warna berikut ini:

1. Jenis tes buta warna

Terdapat beberapa jenis yang masing-masing memiliki cara kerja dan tujuan yang berbeda. Apa saja jenis tesnya?

  • Tes ishihara

Tes ini menggunakan serangkaian plat warna dengan angka atau pola yang hanya dapat dilihat oleh orang dengan penglihatan normal. Seseorang yang mengidap gangguan penglihatan warna akan kesulitan atau bahkan tidak dapat melihat angka atau pola yang ada pada plat warna tersebut. 

  • Tes farnsworth-munsell 100 hue

Untuk menguji kemampuan seseorang dalam mengurutkan warna sesuai dengan urutan spektrum warna yang benar. Tes ini bertujuan untuk menilai sejauh mana tingkat keparahan gangguan penglihatan warna seseorang.

Saat menjalani tes ini, seseorang biasanya akan diminta untuk melihat sejumlah gambar, angka, atau pola dalam warna-warna tertentu.

Kemudian, orang tersebut harus mengenali atau mengurutkan gambar-gambar tersebut sesuai dengan instruksi dari ahli optometri atau oftalmologis. 

Apa saja yang menjadi persiapan sebelum melakukan tes buta warna? Baca selengkapnya di artikel ini Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Tes Buta Warna.

2. Tes buta warna untuk pemeriksaan lebih lanjut

Hasil dari tes buta warna dapat memberikan informasi penting mengenai kondisi penglihatan seseorang. Jika hasil tes menunjukkan adanya gangguan penglihatan warna, maka langkah selanjutnya adalah menentukan jenis dan tingkat keparahan gangguan tersebut. 

Dengan mengetahui jenis gangguan penglihatan warna, dokter atau ahli kesehatan mata dapat memberikan penanganan atau bantuan yang sesuai. Terutama bagi anak-anak yang mungkin memerlukan penyesuaian khusus di sekolah. 

Selain itu, hasil tes ini juga membantu seseorang dalam memahami batasan penglihatan. Ini juga bisa menjadi langkah upaya untuk menghindari situasi atau aktivitas yang berisiko karena gangguan penglihatan warna.

Kira-kira bisakah tes buta warna dilakukan di rumah? Baca selengkapnya di artikel ini: “Bisakah Tes Buta Warna Dilakukan di Rumah?

3. Untuk mengukur kemampuan dalam profesi pekerjaan tertentu

Tes ini tidak hanya penting bagi anak-anak, namun juga bagi orang dewasa. Banyak profesi atau pekerjaan yang membutuhkan kemampuan penglihatan warna yang baik, seperti pilot, teknisi, atau pekerja di industri desain grafis. 

Bagi orang dewasa yang mengalami gangguan penglihatan warna, tes ini membantu dalam menentukan pilihan karier atau pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan penglihatan. Informasi lengkap mengenai buta warna bisa kamu baca di artikel Ini Penjelasan tentang Buta Warna Parsial.

4. Mengidentifikasi risiko genetik

Jika seseorang mengalami daltonisme, ada kemungkinan bahwa orang tersebut telah mewarisi gen tersebut dari salah satu atau kedua orangtuanya. Dalam situasi ini, tes buta warna dapat menjadi alat yang berguna dalam mengidentifikasi risiko genetik pada anggota keluarga lainnya.

Jika salah satu orang tua memiliki daltonisme, anak-anaknya berisiko mengalami hal yang sama. Sebab, gen yang terlibat dalam penglihatan warna dapat diwariskan kepada mereka. Fakta lain seputar buta warna bisa kamu baca di artikel 5 Fakta Menarik Seputar Buta Warna.

Itulah penjelasan mengenai tes buta warna. Ingin melakukan tes ini atau tes kesehatan lainnya? Gunakan saja Halodoc dengan klik gambar berikut:

Halodoc Home Lab
Referensi:
Colorlitelens.com. Diakses pada 2023. Color Blind Test.
Colorlitelens.com. Diakses pada 2023. Ishihara Test.
WebMD. Diakses pada 2023. What You Need to Know About Color Blindness Tests.
Healthline. Diakses pada 2023. What You Need to Know About Color Blindness.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan