Ini 4 Jenis Radioterapi dan Prosedurnya yang Wajib Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   17 Januari 2023

“Radioterapi sebagai terapi pengobatan kanker, terdiri dari beberapa jenis yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dan lokasi kanker. Misalnya untuk 3D conformal radiation therapy (3DCRT), digunakan untuk jenis kanker yang kecil demi menghindari kerusakan jaringan sehat.”

Ini 4 Jenis Radioterapi dan Prosedurnya yang Wajib DiketahuiIni 4 Jenis Radioterapi dan Prosedurnya yang Wajib Diketahui

Halodoc, Jakarta –  Radioterapi adalah salah satu bentuk pengobatan kanker yang umum digunakan. Radioterapi menggunakan sinar-X berenergi tinggi untuk menentukan dan menghancurkan sel kanker.  Radioterapi merusak sel-sel kanker yang menyebabkan mereka berhenti berkembang biak.

Radioterapi terdiri dari beberapa jenis terapi radiasi yang digunakan untuk mengobati kanker sesuai kebutuhannya. Yuk, simak selengkapnya di sini jenis radioterapi dan prosedurnya di sini!

Jenis Radioterapi untuk Kanker

Radioterapi ada banyak jenisnya, untuk jenis berikut adalah radioterapi yang digunakan ketika tumor dekat dengan organ sensitif, yaitu: 

1. 3D conformal radiation therapy (3DCRT)

Menggunakan pemindaian tiga dimensi untuk menentukan bentuk dan ukuran tumor yang tepat. Sinar radiasi dibentuk oleh daun logam kecil yang diatur agar sesuai dengan tumor. Ini dilakukan untuk meminimalkan efek samping pada jaringan sehat. Beberapa jenis kanker telah berhasil lewat terapi ini, termasuk kanker otak, kanker kepala dan leher, kanker hati, kanker paru-paru dan kanker prostat.

2.  Image guided radiation therapy (IGRT)

Jenis radioterapi ini dapat melacak tumor atau penanda yang ditanamkan selama radiasi. Image guided radiation adalah jenis radiasi yang mengobati tumor di area tubuh yang bergerak. Ini termasuk kanker paru-paru, hati, pankreas, dan kelenjar prostat, serta tumor yang terletak di dekat organ dan jaringan kritis.

3.  Intensity modulated radiation therapy (IMRT)

Merupakan jenis radioterapi yang memberikan banyak sinar radiasi langsung pada tumor. Terapi radiasi ini sering digunakan ketika tumor berada sangat dekat dengan organ normal di sekitarnya.

4. Volumetric modulated arc therapy (VMAT)

Menggunakan beberapa sinar radiasi dengan intensitas berbeda. Saat mesin perawatan berputar, radiasi dikirim ke setiap sudut. Ini memfokuskan dosis radiasi tertinggi pada tumor, sekaligus mengurangi radiasi ke organ sehat. VMAT dapat digunakan untuk mengobati beberapa jenis tumor padat, termasuk kanker prostat, kanker hati, dan kanker pankreas.

Tim Medis yang Mendukung Layanan Radioterapi 

Jenis radiasi yang didapatkan tergantung pada jenis kanker  dan lokasi letaknya. Dalam beberapa kasus, lebih dari satu jenis radioterapi dapat digunakan. Tim perawatan kanker akan memberikan penjelasan dapat menjawab pertanyaan spesifik tentang jenis radiasi yang direkomendasikan, bagaimana pengaruhnya terhadap tubuh, serta tindakan pencegahan apa yang mungkin diperlukan.

Tim perawatan kanker biasanya terdiri dari:

1. Ahli onkologi radiasi

Merupakan dokter yang dilatih khusus untuk mengobati kanker dengan radiasi. 

2. Fisikawan medis

Profesional medis yang memastikan peralatan radiasi berfungsi sebagaimana mestinya dan memberi kamu dosis tepat yang ditentukan oleh ahli onkologi radiasi.

3. Dosimetris

Profesional medis yang akan membantu ahli onkologi radiasi merencanakan dosis radiasi.

4. Terapis radiasi atau teknolog terapi radiasi

Orang yang akan mengoperasikan peralatan radiasi dan memposisikan kamu setiap kali menjalani perawatan.

5. Perawat terapi radiasi

Perawat ini memiliki pelatihan khusus dalam pengobatan kanker dan dapat memberi informasi tentang pengobatan radiasi dan mengelola efek samping.

Pengidap kanker yang menjalani radioterapi juga besar kemungkinan akan mendapatkan rekomendasi dari ahli diet, terapis fisik, dokter gigi ataupun profesional medis lainnya, yang dirujuk untuk merencanakan perawatan dan penanganan kesehatan pasien kanker.

Itulah informasi mengenai jenis radioterapi dan prosedurnya. Kalau kamu ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai pengobatan kanker, download saja Halodoc. Lewat Halodoc, kamu juga bisa buat janji medis untuk terapi kanker ya!

Referensi:
The University of Texas MD Anderson Cancer Center. Diakses pada 2023. What are the types of radiation therapy used for cancer treatment?
American Cancer Society. Diakses pada 2023. How Radiation Therapy Is Used to Treat Cancer.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan