Ini 4 Kebiasaan yang Memicu Penyakit Kardiovaskular pada Orang Muda

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 Januari 2023

“Penyakit kardiovaskular di usia muda dapat dipicu oleh kebiasaan tidak sehat yang sering dilakukan. Beberapa di antaranya kurang tidur, merokok, hingga jarang berolahraga.”

Ini 4 Kebiasaan yang Memicu Penyakit Kardiovaskular pada Orang MudaIni 4 Kebiasaan yang Memicu Penyakit Kardiovaskular pada Orang Muda

Halodoc, Jakarta – Penyakit kardiovaskular adalah gangguan yang terjadi pada organ jantung dan pembuluh darah. Kondisi ini bukan hanya terjadi pada orang tua, tapi juga anak muda dengan kebiasaan buruk.

Salah satu penyebabnya, yakni kegemukan atau obesitas yang berdampak pada diabetes. Dampaknya, terjadi penumpukan gula (glukosa) dalam darah yang berisiko merusak saraf dan pembuluh darah yang mengendalikan otot jantung. 

Tak hanya itu, penyakit kardiovaskular di usia muda juga dapat dipicu oleh kebiasaan tidak sehat. Beberapa di antaranya, merokok, pola makan buruk, hingga jarang berolahraga.

Kebiasaan Keliru Pemicu Penyakit Kardiovaskular

Ada beberapa kebiasaan tidak sehat yang meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular di usia muda, antara lain:

1. Kurang tidur

Sering begadang berdampak pada kurangnya waktu tidur. Kebiasaan ini membuat seseorang rentan terhadap penyakit jantung akibat terganggunya proses metabolisme tubuh. Selain itu, kurang tidur juga memicu  peningkatan tekanan darah yang signifikan. Dampaknya, kinerja organ jantung menjadi terganggu.

2. Merokok

Berbagai zat beracun yang terkandung di dalam asap rokok masuk masuk ke dalam tubuh dan mengendap di dalam pembuluh darah. Dampaknya, ukuran pembuluh darah jadi menyempit dan menyebabkan penyakit kardiovaskular.

3. Pola makan tidak sehat

Pola makan tidak sehat seperti mengonsumsi makanan tinggi lemak dan natrium (garam) menjadi pemicu kolesterol tinggi dan hipertensi. Nah, kedua penyakit ini dapat membahayakan organ jantung. Untuk menurunkan risikonya, disarankan untuk membatasi makanan tinggi lemak trans, lemak jenuh, dan gula.

Selain itu, makan secara berlebihan juga bisa menyebabkan obesitas. Obesitas atau kegemukan menyebabkan terganggunya kadar kalsium dalam pembuluh darah. Pemicunya yakni tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dengan baik. 

Kondisi tersebut menimbulkan penyempitan dan kerusakan pada arteri koroner yang menyebabkan aliran darah melalui otot jantung jadi terganggu. Dampaknya, otot jantung kekurangan oksigen dan nutrisi yang diperlukan untuk beraktivitas.

4. Jarang berolahraga

Jarang berolahraga atau tidak aktif secara fisik memicu penumpukan lemak di pembuluh darah arteri. Seiring waktu, kebiasaan tersebut membuat pembuluh darah arteri jantung tersumbat oleh lemak atau plak yang menjadi pemicu penyakit kardiovaskular.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung 

Adapun langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan organ jantung, meliputi:

  • Berhenti merokok. Caranya, batasi pergaulan dan hindari situasi yang menjadi pemicunya. Ganti rokok dengan mengonsumsi permen karet, buah-buahan, dan menyibukkan diri dengan aktivitas.
  • Jangan tekanan darah dan kolesterol. Langkah ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat yang sudah diresepkan secara teratur.
  • Mengonsumsi makanan sehat. Caranya, ganti makanan tidak sehat dengan makanan rendah lemak trans dan lemak jenuh. Tambahkan menu sayuran dan buah-buahan, serta mengonsumsi makanan rendah garam.
  • Bergerak aktif. Caranya, berolahraga selama 150 menit per minggu atau 30 menit dalam sehari. Langkah ini dapat dilakukan dengan bersepeda, berjalan kaki atau berenang.

Segera tanya dokter mengalami gejala berupa nyeri dada, batuk berkepanjangan, sakit kepala, mual, penurunan nafsu makan, dan keluar keringat berlebihan. Gangguan tersebut menjadi gejala tahap awal dari penyakit kardiovaskular.

Jika membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2023. Heart Disease: It Can Happen at Any Age.
National Health Service UK. Diakses pada 2023. Cardiovascular disease.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Heart disease.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan