Ini 5 Bahan Alami yang Bisa Mengatasi Infeksi Helicobacter Pylori

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Januari 2023

“Ada beberapa bahan alami yang bisa membantu mengatasi infeksi Helicobacter Pylori. Bahan alami, seperti bawang putih, madu Manuka, dan lain-lain bisa membantu mempercepat pemulihan.”

Ini 5 Bahan Alami yang Bisa Mengatasi Infeksi Helicobacter PyloriIni 5 Bahan Alami yang Bisa Mengatasi Infeksi Helicobacter Pylori

Halodoc, Jakarta – Helicobacter pylori (H. pylori) adalah jenis bakteri yang menyebabkan infeksi pada lambung. Ini adalah penyebab utama tukak lambung, dan juga dapat menyebabkan gastritis dan kanker lambung.

Infeksi Helicobacter pylori sebenarnya bisa diatasi secara efektif dengan menggunakan antibiotik. Namun, obat tersebut bisa menyebabkan efek samping. 

Sementara penggunaan bahan-bahan alami bisa melindungi perut, membantu tubuh melawan infeksi bakteri tersebut tanpa efek samping dan meningkatkan kesehatan pengidap secara keseluruhan.

Yuk, ketahui bahan alami apa saja yang bisa mengatasi infeksi Helicobacter pylori di sini!

Bahan Alami yang Ampuh Atasi Infeksi Helicobacter pylori

Para peneliti sudah melakukan berbagai penelitian tentang pengobatan alami untuk mengobati infeksi H. pylori.

Berikut adalah beberapa bahan alami yang berpotensi untuk mengatasi infeksi bakteri tersebut:

1. Bawang putih

Bawang putih mentah memiliki efek anti-bakteri, sehingga bisa digunakan sebagai pengobatan alami untuk infeksi H.pylori.

Dari sebuah uji klinis dengan menggunakan Urease Breath Test (UBT), didapatkan hasil bahwa mengonsumsi bawang putih segar bisa menghambat aktivitas bakteri tersebut secara signifikan di dalam mukosa lambung.

Namun, efek anti bakteri ini bisa terjadi bila bahan alami tersebut dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak atau dalam waktu yang cukup lama.

Bawang putih juga bisa dikonsumsi bersama dengan obat dari dokter untuk mengobati infeksi lambung H.pylori.

2. Madu manuka

Madu juga sudah dikenal dengan sifat antibakterinya dan sudah digunakan sejak lama sebagai obat. Bahan alami ini dipercaya bisa membantu melawan infeksi bakteri, seperti H.pylori.

Namun, sampai sekarang belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi madu saja bisa membasmi bakteri, tapi makanan sehat dan manis tersebut bisa menghambat pertumbuhannya.

Jadi, konsumsi madu dianjurkan sebagai tambahan dalam pengobatan infeksi H. pylori standar untuk mempercepat pemulihan penyakit tersebut.

Beberapa jenis madu yang memiliki efek antibakteri yang tinggi, yaitu madu mentah dan madu Manuka.

3. Makanan berprobiotik

Bahan alami selanjutnya yang bisa mengatasi infeksi Helicobacter pylori adalah makanan berprobiotik, seperti kimchi, yoghurt, dan kefir.

Hal itu karena kandungan probiotik membantu menjaga keseimbangan antara bakteri baik dan buruk dalam usus.

Pengobatan dengan antibiotik bisa membunuh bakteri baik dan jahat di perut, sedangkan probiotik membantu memberikan lagi bakteri baik.

Menurut sebuah studi tahun 2020, mengonsumsi makanan sehat tersebut sebelum atau sesudah pengobatan H. pylori standar bisa meningkatkan tingkat pemberantasan bakteri.

4. Kurkumin

Curcumin adalah bahan aktif yang ditemukan dalam kunyit. Ini adalah antioksidan yang memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat.

Sebuah studi tahun 2019 membahas bagaimana kurkumin bisa mengurangi peradangan dan mencegah H. pylori masuk dan merusak sel lambung.

Kandungan dalam kunyit tersebut bekerja dengan cara meningkatkan aliran darah ke area tersebut, yang membantu penyembuhan kerusakan jaringan lambung.

Curcumin juga meningkatkan respons sistem kekebalan dalam tubuh dengan meningkatkan komunikasi usus / otak.

5. Teh hijau

Tidak hanya enak, teh hijau juga merupakan salah satu minuman paling sehat yang kaya antioksidan dan nutrisi.

Pada penelitian pada hewan, minuman yang populer di Jepang ini bisa menurunkan jumlah bakteri dan meredakan peradangan pada tikus yang terinfeksi H. pylori

Namun, para peneliti menemukan bahwa tikus yang mendapatkan teh hijau sebelum infeksi mencapai hasil yang lebih baik.

Itulah berbagai pilihan bahan alami untuk mengobati infeksi bakteri lambung. Namun ingat ya, sebaiknya tetap bicarakan terlebih dahulu dengan dokter bila ingin menggunakan bahan alami untuk mengobati penyakit.

Bila penyakit tidak kunjung sembuh, segera periksakan diri ke dokter melalui aplikasi Halodoc saja.

Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap. 

Referensi:
Medline Plus. Diakses pada 2023. Helicobacter Pylori Infections
Healthline. Diakses pada 2023. Natural Treatment for H. pylori: What Works?.
Avicenna Journal of Phytomedicine. Diakses pada 2023. Assessment of antibacterial effect of garlic in patients infected with Helicobacter pylori using urease breath test.
Medical News Today. Diakses pada 2023. What are the best natural H. pylori treatments?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan