Ini 5 Makanan Sehat Setelah Olahraga untuk Diet

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 November 2020
Ini 5 Makanan Sehat Setelah Olahraga untuk DietIni 5 Makanan Sehat Setelah Olahraga untuk Diet

Halodoc, Jakarta – Rutin berolahraga menjadi salah satu kebiasaan yang perlu kamu lakukan karena memiliki banyak manfaat. Mulai dari meningkatkan imunitas tubuh, menurunkan tingkat stres, hingga membantu kamu menurunkan berat badan ketika rutin berolahraga. Namun setelah berolahraga, jangan lupa untuk tetap mengonsumsi beberapa jenis makanan sehat agar kondisi kesehatan tetap optimal.

Baca juga: Kunci Menjalani Diet Sehat yang Perlu Diketahui

Memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi memang diperlukan setelah kamu menjalankan olahraga. Namun sebaiknya, pilihlah makanan sehat dan bernutrisi. Memilih makanan sehat setelah menjalankan olahraga memang bukanlah perkara yang mudah. Apalagi jika kamu sedang menjalankan program diet untuk mencapai sebuah tujuan. Untuk itu, tidak ada salahnya cari tahu beberapa jenis makanan sehat yang bisa kamu konsumsi setelah berolahraga di bawah ini!

Pentingnya Mengonsumsi Makanan Sehat Setelah Berolahraga

Saat kamu berolahraga, otot akan menggunakan simpanan glikogennya menjadi tenaga saat kamu olahraga. Kondisi ini juga menyebabkan beberapa sel dalam tubuh mengalami kerusakan. Untuk itu dibutuhkan mengonsumsi makanan sehat setelah berolahraga. Ada beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan ketika mengonsumsi makanan sehat setelah berolahraga, seperti:

  1. Meningkatkan pemulihan tubuh;
  2. Mengembalikan penyimpanan glikogen;
  3. Merangsang pertumbuhan otot baru;
  4. Menumbuhkan kembali protein dalam otot.

Baca juga: Menu Diet Sehat yang Cepat Turunkan Berat Badan

Inilah Makanan Sehat yang Bisa Kamu Konsumsi Setelah Berolahraga

Makanan dengan kandungan karbohidrat dan protein menjadi jenis makanan sehat yang perlu kamu konsumsi setelah berolahraga. Karbohidrat akan dinilai dapat membantu kamu untuk mengembalikan protein dan glikogen yang hilang setelah berolahraga. Sedangkan protein, membantu kamu untuk mempercepat pertumbuhan otot dan memperbaiki kerusakan sel otot yang rusak selama berolahraga. 

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik untuk membantu pertumbuhan otot. Berikut ini beberapa jenis makanan sehat yang bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi setelah berolahraga saat kamu sedang menjalani program diet.

1.Alpukat

Alpukat menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan lemak baik cukup tinggi. Selain itu, buah alpukat juga menjadi salah satu buah yang memiliki rasa manis dan mudah untuk dikonsumsi dalam cara apapun. Namun, hindari menambahkan pemanis buatan saat kamu akan mengonsumsi alpukat setelah berolahraga.

2.Yoghurt Buah dan Kacang

Kamu bisa mencampurkan yoghurt tanpa rasa dengan beberapa buah, seperti pisang atau kiwi dan menambahkan kacang almond didalamnya. Makanan sehat ini dapat membantu kamu untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dan protein yang hilang selama kamu berolahraga.

3.Daging Ayam

Daging ayam menjadi salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan protein cukup tinggi. Selain mengembalikan kondisi tubuh secara optimal, kandungan protein pada daging ayam dapat membantu untuk meningkatkan imunitas tubuh kamu.

4.Ubi

Kamu bisa mengganti nasi dengan mengonsumsi ubi setelah berolahraga. Makanan ini mampu memberikan asupan karbohidrat dan protein yang diperlukan setelah kamu berolahraga. Dalam 100 gram ubi mampu memenuhi 21,3 gram karbohidrat, 1,2 gram protein, dan 0,3 gram lemak.

5.Salmon

Siapa yang tidak suka dengan salmon? Ikan ini memiliki kandungan lemak yang baik untuk tubuh. Lemak yang terdapat dalam ikan salmon dinilai cukup efektif untuk meningkatkan fungsi organ tubuh. Selain lemak, ikan salmon juga mengandung protein yang cukup tinggi.

Baca juga: 4 Nutrisi yang Harus Ada dalam Menu Makanan Diet

Itulah beberapa jenis makanan sehat yang bisa kamu konsumsi setelah berolahraga. Kamu juga bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mengetahui pola makan sehat yang bisa kamu jalani setelah berolahraga. Yuk, download Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Post Workout Nutrition: What to Eat After a Workout.
Healthline. Diakses pada 2020. Eating the Right Foods for Exercise.
Shape. Diakses pada 2020. The Best Foods to Eat Before and After Your Workout.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan