• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Manfaat Kesehatan dari Sentuhan Fisik
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Manfaat Kesehatan dari Sentuhan Fisik

Ini 5 Manfaat Kesehatan dari Sentuhan Fisik

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 02 November 2022

“Sejak lahir, manusia perlu dipeluk, disusui, dan ditenangkan oleh ibunya. Seiring bertambahnya usia, sentuhan tetap menjadi komponen penting dari pertumbuhan sosial dan emosional.”

Ini 5 Manfaat Kesehatan dari Sentuhan FisikIni 5 Manfaat Kesehatan dari Sentuhan Fisik

Halodoc, Jakarta – Memberikan sentuhan fisik seperti usapan di punggung atau elusan di lengan tidak hanya menjadi bentuk perhatian, tetapi juga bisa memberikan manfaat kesehatan. Pada dasarnya kontak fisik adalah kebutuhan dasar manusia yang dapat memberikan manfaat secara emosional. 

Sejak lahir, manusia perlu dipeluk, disusui, dan ditenangkan oleh ibunya. Ini tidak hanya bentuk perhatian, tetapi juga menjadi kebutuhan emosional dari bayi. Bahkan seiring bertambahnya usia, sentuhan tetap menjadi komponen penting dari pertumbuhan sosial dan emosional. Simak selengkapnya manfaat kesehatan dari sentuhan fisik di sini!

Manfaat Sentuhan Fisik

Ketika kamu mendapatkan sentuhan fisik yang menyenangkan dari orang terdekat ataupun orang yang dipercaya, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin. Oksitosin membantu manusia membentuk hubungan emosional satu sama lain dan menciptakan sensasi yang menumbuhkan rasa bahagia.

Lantas, seperti apa manfaat kesehatan dari sentuhan fisik? Ini ulasannya:

1. Membangun Kepercayaan dan Memberikan Pikiran Positif

Oksitosin yang dikeluarkan melalui sentuhan dapat memberikan pikiran positif dan membangun kepercayaan. Oksitosin juga dapat menghasilkan perasaan kasih sayang selama berlangsungnya interaksi. Ini dapat berkontribusi pada kepercayaan di antara individu selama interaksi sosial.

2. Mengurangi Kecemasan dan Stres Sosial

Sentuhan fisik meningkatkan kadar dopamin dan serotonin, dua neurotransmitter yang membantu mengatur suasana hati dan menghilangkan stres dan kecemasan. Dopamin juga diketahui mengatur pusat kesenangan di otak yang dapat mengimbangi perasaan cemas.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dan Menurunkan Tekanan Darah

Sentuhan fisik juga dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh serta mengurangi penyakit seperti yang berhubungan dengan jantung dan darah. Terutama bila pelukan dan sentuhan tersebut berasal dari orang yang kita sayangi. 

4. Menghilangkan Rasa Sakit

Sentuhan sangat efektif untuk menghilangkan rasa sakit fisik dan emosional. Terapi pijat bisa menjadi cara yang bagus untuk meredakan semua jenis rasa sakit, mulai dari sakit kepala hingga sakit punggung.

Namun, kamu tidak harus pergi ke panti pijat untuk merasakan manfaat sentuhan yang menenangkan. Berpegangan tangan dengan pasangan atau saling memeluk juga dapat membantu menghilangkan rasa sakit. 

5. Menenangkan Fungsi Tubuh

Sentuhan juga dapat menenangkan fungsi tubuh tertentu, seperti detak jantung dan tekanan darah. Cara kerjanya sentuhan merangsang reseptor tekanan yang mengangkut sinyal ke saraf vagus. Saraf ini menghubungkan otak ke seluruh tubuh dengan menggunakan sinyal untuk memperlambat kecepatan sistem saraf.

Ketika bayi baru lahir, sentuhan dianggap penting untuk membangun hubungan yang sehat dengan merangsang jalur oksitosin, serotonin antidepresan alami, dan neurotransmitter dopamin.

Sentuhan juga bisa mengatasi kesepian, di mana sentuhan dapat mengurangi rasa sakit dan perasaan pengucilan sosial. Orang yang kurang mendapatkan sentuhan akan mengalami gejala sebagai berikut: 

  • Perasaan depresi.
  • Kecemasan.
  • Stres.
  • Kepuasan hubungan rendah.
  • Sulit tidur.
  • Kecenderungan untuk menghindari hubungan dengan orang lain.

Itulah informasi mengenai manfaat kesehatan dari sentuhan fisik. Punya masalah dengan kesehatan mental, kamu bisa buat janji di rumah sakit untuk memeriksakan kesehatanmu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi:
PlushCare. Diakses pada 2022. The 3 Biggest Advantages of Human Touch May Surprise You.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Hugs and kisses: The health impact of affective touch.
Psychology Today. Diakses pada 2022. The Vital Importance of Human Touch.
Healthline. Diakses pada 2022. How Touching Your Partner Can Make Both of You Healthier.
Healthline. Diakses pada 2022. What Does It Mean to Be Touch Starved?