• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Pertanyaan Sulit Anak yang Perlu Dijawab Orang Tua
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Pertanyaan Sulit Anak yang Perlu Dijawab Orang Tua

Ini 5 Pertanyaan Sulit Anak yang Perlu Dijawab Orang Tua

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 02 Mei 2018
Ini 5 Pertanyaan Sulit Anak yang Perlu Dijawab Orang TuaIni 5 Pertanyaan Sulit Anak yang Perlu Dijawab Orang Tua

Halodoc, Jakarta – Semakin bertambahnya usia, Si Kecil akan semakin aktif. Rasa ingin tahunya terhadap berbagai hal pun semakin besar. Melihat perkembangan Si Kecil ini tentu menjadi hal yang sangat membahagiakan untuk ayah dan ibu. Pasalnya, Si Kecil akan sering melontarkan pertanyaan yang membuat suasana rumah menjadi ramai.

Meski demikian, tak jarang ayah dan ibu akan merasa kebingungan saat menjawab pertanyaan sulit anak. Menyuruhnya berhenti bertanya bukan menjadi hal yang tepat untuk dilakukan saat ibu atau ayah kewalahan menjelaskan jawabannya. Ibu atau ayah tetap harus memberikan jawaban yang mudah dimengerti olehnya.

Lalu, apa saja sih pertanyaan-pertanyaan sulit yang seringkali ditanyakan oleh si kecil? Berikut beberapa di antaranya:

 

  • Saat Si Kecil Bertanya “Dari Mana Dia Berasal?”

 

Saat sedang asik bermain bersama, Si Kecil terkadang akan bertanya hal-hal yang menurut ibu sulit untuk dijawab. Salah satunya adalah dari mana ia berasal. Ini artinya, anak begitu penasaran dengan asal usul terciptanya manusia. Usianya yang masih belia bukan menjadi penghambat untuk ibu menjawabnya, ya. Ibu bisa memberikan penjelasan dengan bahasa yang mudah dipahami olehnya.

Jawaban terbaik yang bisa Ibu berikan untuk pertanyaan ini adalah bahwa Si Kecil berada di dalam perut ibu selama sembilan bulan lamanya sebelum ia dilahirkan. Saat sudah waktunya, ibu dan ayah akan pergi ke rumah sakit untuk melahirkannya. Ibu pun bisa menjelaskan bahwa tak hanya Si Kecil, semua manusia juga berkembang dalam perut ibu mereka sebelum dilahirkan.

Baca juga: Kenapa Si Kecil Perlu Tidur Siang?

 

  • Saat Si Kecil Bertanya “Siapa Itu Tuhan?”

 

Pertanyaan lain yang sering ditanyakan oleh si kecil saat sedang bersama orangtuanya adalah siapa itu Tuhan. Hmm, pasti sedikit sulit ya untuk menjawab pertanyaan sulit anak yang satu ini, terlebih ibu pun tak bisa melihat wujud dari Sang Pencipta. Pertanyaan ini muncul karena kebiasaan baik yang ibu ajarkan, misalnya berdoa sebelum makan, tidur, atau bepergian.

Membuat Si Kecil percaya akan keberadaan Tuhan memang bukan hal yang mudah. Namun, ibu bisa menjelaskannya dengan cara yang sederhana. Ajak ia keluar dan memandangi langit. Beritahukan pada Si Kecil bahwa Tuhanlah yang menciptakan langit, bintang, bulan, awan, dan matahari. Lalu, jelaskan pula padanya bahwa binatang dan bunga-bunga juga merupakan hasil ciptaan Tuhan.

 

  • Saat Si Kecil Bertanya “Perbedaan Laki-Laki dan Perempuan”

 

Semakin berkembang, si kecil akan semakin memahami perbedaan di sekitarnya, meski ia belum mengerti dengan sempurna. Seperti saat ia bertanya mengapa ayah dan ibu berbeda, atau mengapa ada temannya yang perempuan dan laki-laki.

Lagi-lagi, pertanyaan ini memang mengaitkan dengan kekuasaan Tuhan. Jawaban terbaik yang bisa ibu berikan adalah bahwa Tuhan menciptakan manusia—yang dalam hal ini adalah ibu, ayah, dan Si Kecil—selalu berpasang-pasangan. Perbedaan ini yang membuat laki-laki dan perempuan saling melengkapi.

Baca juga: Lakukan Ini Agar Si Kecil Suka Olahraga Sejak Dini

 

  • Saat Si Kecil Bertanya “Ke Mana Perginya Orang yang Meninggal?”

 

Ketika melihat kerabat atau sanak saudara meninggal, Si Kecil akan mulai bertanya ke mana perginya mereka yang meninggal. Sebenarnya, pertanyaan ini adalah cerminan rasa takut si kecil saat kehilangan orang-orang yang disayanginya. Oleh karena itu, ibu bisa memberikan jawaban yang menenangkan tanpa menakutinya.

Sebagai jawaban, jelaskan pada Si Kecil jika mereka yang meninggal telah dipanggil Tuhan untuk pulang. Artinya, Tuhan lebih menyayangi orang-orang tersebut dan menyayangi mereka yang ada di dunia.

 

  • Saat Si Kecil Bertanya “Mengapa Malam Itu Gelap?”

 

Saat malam, ibu akan menyalakan lampu agar rumah dan kamar si kecil menjadi terang. Si Kecil pun akan penasaran dan bertanya pada ibu mengapa malam itu gelap. Ibu bisa menjawabnya dengan menjelaskan bahwa saat malam, matahari sedang tidak berada di tempat Si Kecil. Matahari sedang berputar dan menyinari bagian bumi yang lain. Itulah mengapa lampu perlu dinyalakan, karena cahaya lampu adalah pengganti cahaya matahari saat malam.

 

Menjawab pertanyaan sulit anak akan lebih mudah jika ibu bisa memberikan pemahaman yang tepat. Nah, kalau ibu memiliki permasalahan seputar tumbuh kembang anak, jangan ragu untuk menanyakan langsung pada dokter. Ibu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Cukup lewat ponsel, ibu juga bisa melakukan cek lab tanpa perlu keluar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!