Ini 6 Ciri-Ciri Penyakit Jantung pada Anak yang Tak Boleh Diabaikan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   14 Desember 2022

“Ciri-ciri penyakit jantung pada anak sering kali diabaikan karena dianggap sebagai gejala kondisi lain. Beberapa gejala penyakit jantung yang tidak boleh diabaikan yaitu anak sering mengeluhkan pusing, kelelahan, dan selalu berkeringat.”

Ini 6 Ciri-Ciri Penyakit Jantung pada Anak yang Tak Boleh DiabaikanIni 6 Ciri-Ciri Penyakit Jantung pada Anak yang Tak Boleh Diabaikan

Halodoc, Jakarta – Jantung merupakan otot yang berfungsi memompa darah yang mengandung oksigen ke seluruh bagian tubuh. Ketika seorang anak mengalami penyakit jantung, maka jantungnya tidak mampu memompa darah secara optimal. Akibatnya, beberapa bagian tubuh anak tidak mendapatkan darah yang banyak oksigen dalam jumlah cukup, agar organ tubuh bekerja secara normal.

Ciri-ciri penyakit jantung pada anak yang tidak boleh diabaikan yaitu sesak napas, sering atau cepat merasa lelah, terjadi pembengkakan pada area tubuh, dan sering berkeringat. Jika anak mengeluhkan beberapa ciri-ciri penyakit tersebut, sebaiknya segera kunjungi dokter di rumah sakit. 

Jangan Abaikan Ciri-ciri Penyakit Jantung pada Anak

Berikut ini ciri-ciri penyakit jantung pada anak yang tidak boleh diabaikan:

1. Anak sering mengeluhkan pusing

Ciri-ciri penyakit jantung ini sering diabaikan, karena sering kali pusing dikira sebagai akibat kurang makan atau minum. Namun, jika anak merasa tubuhnya tidak seimbang secara tiba-tiba, dan mengeluhkan sesak napas atau sakit dada, sebaiknya segera hubungi dokter. 

Terlebih jika anak cukup sering mengeluhkan pusing, maka sebaiknya jangan diabaikan. Karena pusing disebabkan oleh tekanan darah turun akibat jantung tidak mampu memompa darah sebagaimana mestinya. 

2. Mengeluhkan sakit tenggorokan atau rahang

Sakit tenggorokan bisa saja diabaikan orang tua sebagai ciri-ciri penyakit jantung pada anak, karega gejalanya mirip dengan pilek atau sinusitis. Namun, jika anak mengeluhkan nyeri atau sensasi sesak pada bagian tengah dada yang menyebar ke tenggorokan dan rahang, maka bisa jadi itu adalah ciri-ciri serangan jantung.  

3. Mudah dan cepat merasa lelah

Jika anak tiba-tiba mengeluhkan lelah setelah melakukan aktivitas yang sebelumnya tidak masalah untuk dilakukan (misalnya naik tangga), maka bisa jadi itu ciri-ciri penyakit jantung. Terutama jika gejala kelelahan tidak dapat dijelaskan dan berlangsung berhari-hari. 

4. Selalu berkeringat

Anak biasanya akan berkeringat jika berada di tempat yang gerah atau setelah melakukan aktivitas yang intens. Namun, jika anak berkeringat dingin tanpa alasan, maka bisa jadi itu ciri-ciri penyakit jantung. 

5. Detak jantung tidak teratur

Mungkin hal yang normal jika detak jantung anak berdebar kencang saat bermain, melompat, berolahraga, atau sedang bersemangat. Namun, jika detak jantung anak tidak teratur saat ia tidak melakukan aktivitas yang berat, maka segera beritahu dokter. 

6. Bengkak pada kaki, telapak kaki, dan pergelangan kaki

Ciri-ciri penyakit jantung ini tidak boleh diabaikan. Terlebih jika anak tidak pernah menceritakan bahwa ia baru mengalami cedera atau sejenisnya. Pembengkakan pada kaki bisa terjadi ketika jantung tidak mampu memompa dengan cukup cepat, sehingga darah menumpuk di pembuluh darah dan menyebabkan pembengkakan. 

Selain ciri-ciri di atas, ada juga gejala penyakit jantung yang perlu diwaspadai. Gejala penyakit jantung bisa bervariasi tergantung usia anak. Bayi dan anak kecil dapat mengalami gejala berikut:

  • Mengalami kesulitan makan.
  • Pertumbuhan lambat atau terhambat.
  • Pernapasan cepat.
  • Edema paru.
  • Tekanan darah rendah. 
  • Sianosis, semburat biru atau keabu-abuan pada kulit, bibir, dan dasar kuku.

Sedangkan pada anak yang lebih tua dan remaja, gejala penyakit paru-paru dapat berupa:

  • Sakit perut.
  • Jumlah urine sedikit atau jarang buang air kecil.
  • Sesak napas. 
  • Sulit melakukan kegiatan olahraga.
  • Penumpukan cairan pada perut. 

Itulah ciri-ciri penyakit jantung pada anak yang tidak boleh diabaikan. Jika anak mengeluhkan salah satu atau beberapa gejala di atas, sebaiknya segera kunjungi dokter atau lakukan konsultasi dengan spesialis jantung di Halodoc✔️ untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan.

Halodoc juga menyediakan fitur Kalkulator Risiko Penyakit Jantung untuk mengetahui level risiko serangan jantung sehingga bisa melakukan pencegahan sejak dini. Klik gambar di bawah ini untuk mulai pengecekan.

cek risiko penyakit jantung
Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Never Ignore These 11 Heart Symptoms
Heart. Diakses pada 2022. Heart Failure in Children and Adolescents
NHS. Diakses pada 2022. Congenital heart disease
Medical News Today. Diakses pada 2022. Signs of heart failure in a child: Symptoms and treatment

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan