• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Mata Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Mata Anak

Ini 6 Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Mata Anak

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 14 Agustus 2020
Ini 6 Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Mata Anak

Halodoc, Jakarta - Sudah tahu cara sederhana dan terbukti efektif untuk menjaga kesehatan mata anak? Mudah kok, penuhilah asupan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan Si Kecil, terutama nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan matanya.

Pertanyaannya, makanan seperti apa yang bisa meningkatkan kesehatan mata anak? Tenang saja, ibu tidak perlu bingung, sebab banyak makanan yang mengandung berbagai vitamin dan mineral penting yang membantu menjaga kesehatan mata anak. 

Nah, berikut ini makanan yang bisa ibu masukan ke dalam menu harian Si Kecil, agar kesehatan matanya tetap terjaga. 

Baca juga: Gangguan Mata pada Anak dan Cara Mengatasinya

1.Ikan Laut 

Ikan-ikan seperti salmon, tuna, dan mackerel kaya akan asam lemak omega-3. Nah, omega-3 ini membantu menjaga lubrikasi mata anak dan mencegah sindrom mata kering. Mengonsumsinya secara teratur juga membantu mengurangi risiko terkena katarak dan degenerasi makula di kemudian hari.

2. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau adalah salah satu makanan yang bisa meningkatkan kesehatan mata anak. Ada beragam sayuran hijau yang bisa ibu pilih, contohnya kale, bayam, atau collard greens yang banyak mengandung lutein dan zeaxanthin tingkat tinggi. 

Kedua zat ini mengandung antioksidan kuat yang bisa membantu menangkal radikal bebas pada mata. Antioksidan ini juga bisa mencegah degenerasi makula dan pembentukan katarak seiring bertambahnya usia anak. 

3.Berry dan Jeruk

Alih-alih memberikan anak camilan yang asin, tinggi kalori, dan lemak, ibu bisa menggantinya dengan camilan sehat seperti buah berry dan jeruk. Kedua buah ini kaya vitamin C yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Nah, ketika sistem imun semakin prima, maka daya tahan tubuh terhadap infeksi penyakit akan semakin kuat. 

Baca juga: Ini Alasan Gadget Bisa Rusak Mata Anak

4.Telur dan Wortel

Selain makanan-makanan di atas, telur juga bisa ibu berikan pada anak untuk menjaga kesehatan matanya. Telur kaya vitamin A yang bisa membantu mencegah rabun senja dan mata kering.

Selain telur, ada pula wortel yang kaya beta karoten (senyawa alami tumbuhan yang menjadi bentuk awal dari vitamin A). Beta karoten ini dapat menjaga integritas struktural mata, dan meningkatkan fungsi komponen mata Si Kecil. 

5. Kacang

Kacang-kacangan juga masuk ke dalam makanan yang bisa meningkatkan kesehatan mata anak. Ibu bisa memilih kacang almond, pistachio, dan kenari untuk dimasukkan ke dalam menu harian Si Kecil. Ketiga kacang ini kaya akan vitamin E yang bertindak sebagai antioksidan, yang bisa membantu menjaga penglihatan anak. 

6.Daging Sapi dan Ayam Tanpa Lemak

Selain lima makanan di atas, ada juga lauk-pauk untuk menjaga kesehatan mata anak. Misalnya, daging ayam atau sapi tanpa lemak yang banyak mengandung zinc atau seng. Zat ini bisa membawa vitamin A dari hati ke retina, untuk membuat pigmen pelindung melanin. 

Jangan Tunggu Masalah Muncul

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan tes kesehatan mata pada anak? Jawabannya simpel, sedini dan segera mungkin. Menurut ahli di American Academy of Ophthalmology, orangtua perlu memeriksakan mata anaknya sejak awal dilahirkan. Tujuannya untuk menelisik ada tidaknya kemungkinan tanda-tanda kelainan penglihatan.

Baca juga: 9 Macam Tanda Kelainan Mata pada Anak

Ketika anak menginjak usia 6 bulan sampai 1 tahun, cobalah periksa kembali perkembangan matanya. Pada tahapan selanjutnya, saat anak berusia 12-36 bulan, lakukan pemeriksaan untuk melihat perkembangan mata yang sehat. 

Kemudian, ketika Si Kecil memasuki usia 3-5 tahun, ketajaman penglihatannya perlu diuji. Di pemeriksaan ini, dokter akan mendeteksi ada-tidaknya masalah mata seperti mata malas, astigmatisme, atau miopia yang bisa mempengaruhi ketajaman penglihatannya.

Saat anak berusia 5 tahun ke atas, pemeriksaan ketajaman visual perlu dilakukan kembali. Miopia atau rabun jauh merupakan masalah yang terbilang umum pada anak-anak di usia ini. Andaikan anak mengidap kondisi ini, tidak menutup kemungkinan dokter akan merekomendasikan penggunaan kacamata untuk Si Kecil. 

Jika ibu ingin memeriksakan kesehatan anak, segera lakukan di rumah sakit pilihan. Sebelumnya, ibu bisa membuat janji dengan dokter melalui aplikasi Halodoc untuk memudahkan pemeriksaan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
American Academy of Ophthalmology (AAO). Diakses pada 2020. Eye Screening for Children.
The Myopia Institute. Diakses pada 2020. 6 Foods to Help Maintain Your Child’s Eyesight
Web MD. Diakses pada 2020. 10 Foods That Are Good for Your Eyes.