Ini 6 Manfaat Berhenti Merokok untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   31 Mei 2022

“Ada banyak sekali manfaat dari berhenti merokok terhadap kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya adalah meningkatkan kesuburan dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.”

Ini 6 Manfaat Berhenti Merokok untuk KesehatanIni 6 Manfaat Berhenti Merokok untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Merokok termasuk salah satu kegiatan yang merugikan, baik secara kesehatan maupun keuangan. Kebiasaan buruk ini bukan hanya merugikan diri sendiri tetapi juga orang-orang yang ada di sekitarnya. Bahkan, ada banyak sekali penyakit yang dapat timbul karena kebiasaan ini.

Maka dari itu, penting untuk tahu beberapa manfaat dari berhenti merokok untuk kesehatan. Berikut ulasan lebih lengkapnya!

Berbagai Manfaat dari Berhenti Merokok untuk Kesehatan

Seseorang yang memiliki kebiasaan ini memiliki risiko terserang penyakit kanker, jantung, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, sangat penting untuk menghentikan kebiasaan ini agar mendapatkan banyak sekali manfaat terkait kesehatan.

Rokok bisa menimbulkan seseorang ketergantungan karena kandungan nikotin di dalamnya. Zat ini mampu memengaruhi keseimbangan kimia di otak terkait rasa bahagia dan rileks. Padahal, tidak ada sama sekali keuntungan yang bisa didapatkan dengan melakukan kebiasaan buruk ini.

Maka dari itu, penting untuk tahu beberapa manfaat dari berhenti merokok agar hidup lebih sehat, seperti:

1. Terlihat Lebih Muda

Salah satu manfaat dari berhenti merokok adalah membuat seseorang terlihat lebih muda. Sebab seseorang yang terbiasa merokok, kandungan oksigen di kulitnya dapat berkurang. Dengan begitu, kulitnya terlihat lebih pucat dan tua hingga dapat memunculkan keriput.

2. Meningkatkan Kesuburan

Dengan berhenti merokok, salah satu manfaat lainnya yang bisa dirasakan adalah peningkatan terkait kesuburan. Hal ini dapat membuat pasangan yang ingin memiliki anak mempunyai kesempatan lebih tinggi saat berhenti dari kebiasaan buruk ini. Diketahui jika lapisan rahim dan kualitas sperma akan meningkat secara signifikan setelah berhenti merokok.

3. Mengurangi Stres

Tidak sedikit orang yang merokok dengan tujuan agar lebih rileks. Hal ini karena kandungan nikotin di dalamnya memang dapat menimbulkan efek tersebut di otak, tetapi hanya sementara. Jika terus dibiarkan akan alami ketergantungan dan sulit untuk mengatasi rasa stres tersebut. Dengan berhenti merokok, perasaan stres yang ada dapat dikurangi dibandingkan dengan mendapatkan efek rileks sementara saja.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Seseorang yang berhenti merokok dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Memang, merokok disebut-sebut adalah penyebab utama terjadinya serangan dan penyakit jantung. Maka dari itu, pastikan untuk menghentikan kebiasaan ini agar dapat menurunkan tekanan darah dan gangguan lainnya agar jantung lebih sehat. Bahkan, penurunan risiko serangan jantung dapat menurun dalam waktu 24 jam setelah berhenti merokok.

5. Menghentikan Kerusakan Paru-Paru

Merokok dapat menyebabkan timbulnya jaringan parut pada paru-paru, bahkan dapat menyebabkan kerusakan permanen. Beberapa orang mungkin sudah kepayahan saat menaiki tangga dan bahkan merasa sesak napas karena kebiasaan merokok. Maka dari itu, menghentikan kebiasaan buruk ini dapat membuat pernapasan lebih baik dan mengurangi kerusakan pada paru-paru.

6. Menurunkan Risiko Kanker

Berhenti merokok juga dapat menurunkan risiko seseorang terserang kanker. Sebab, menghentikan kebiasaan buruk ini dapat mencegah terjadinya kerusakan DNA, dan membantu tubuh memperbaiki kerusakan yang sudah ada sebelumnya. Maka dari itu, sangat penting untuk berhenti merokok untuk menjaga diri dari penyakit kanker.

Tips Berhenti Merokok yang Bisa Dilakukan

Berhenti merokok yang sudah menjadi kebiasaan bukanlah hal yang mudah. Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kebiasaan buruk ini dapat dihentikan, yaitu:

  • Menghindari pemicunya, seperti berkumpul dengan orang-orang yang merokok karena dapat menimbulkan keinginan untuk merokok kembali.
  • Alihkan fokus dari kebiasaan merokok dengan rajin berolahraga dan melakukan kegiatan positif lainnya.
  • Cobalah untuk meminta bantuan dari dokter agar dapat berhenti merokok secara permanen.

Nah, sekarang kamu tahu beberapa manfaat dari berhenti merokok untuk kesehatan yang bisa dirasakan. Pastikan untuk melakukannya demi kesehatan diri sendiri dan juga orang di sekitar. Sebab, paparan rokok di rumah dapat membahayakan anak, terlebih bayi.

Kamu juga bisa berinteraksi dengan dokter dari Halodoc untuk mengetahui cara berhenti dari kebiasaan merokok. Untuk dapat melakukan ini, kamu bisa menggunakan fitur tanya dokter dari aplikasi Halodoc. Maka dari itu, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Very Well Mind. Diakses pada 2022. Health Benefits of Quitting Smoking.
Smoke Free. Diakses pada 2022. Benefits of Quitting.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan