Ini 6 Penyebab Blackheads pada Kulit Wajah yang Sering Diabaikan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 Desember 2022

“Blackheads merupakan benjolan kecil berwarna hitam yang terbentuk akibat folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Ada beberapa hal yang bisa memicu benjolan tersebut muncul, seperti perubahan hormon, kosmetik, makanan tertentu dan masih banyak lagi.”

Ini 6 Penyebab Blackheads pada Kulit Wajah yang Sering DiabaikanIni 6 Penyebab Blackheads pada Kulit Wajah yang Sering Diabaikan

Halodoc, Jakarta – Komedo hitam atau blackheads adalah benjolan kecil yang biasanya muncul di kulit wajah, terutama di hidung. Namun, benjolan berwarna hitam tersebut sebenarnya juga bisa muncul di bagian tubuh lainnya, seperti punggung, dada, leher, lengan dan bahu.

Meskipun ukuran kecil, blackheads yang muncul di wajah tentu bisa mengganggu penampilan. Masalahnya, jenis komedo ini sering sekali muncul, bahkan banyak orang memilikinya. 

Nah, mengetahui penyebabnya bisa membantu kamu untuk mengetahui cara untuk mencegahnya. Karena itu, yuk ketahui penyebab blackheads pada kulit wajah di sini.

Penyebab Blackheads pada Wajah

Blackheads sebenarnya adalah jenis jerawat ringan. Sama seperti jerawat, benjolan kecil berwarna hitam ini juga terbentuk akibat folikel rambut di kulit tersumbat. Jadi, setiap folikel mengandung satu rambut dan kelenjar sebaceous yang menghasilkan minyak. Minyak ini yang disebut sembum, bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit kamu. Nah, sel kulit mati dan minyak yang berkumpul di pembukaan folikel kulit bisa menyumbatnya, sehingga menghasilkan benjolan yang disebut komedo.

Bila kulit di atas benjolan tetap tertutup, benjolan tersebut akan menjadi whitehead atau komedo putih. Namun, saat kulit di atas benjolan terbuka, paparan udara bisa membuatnya berubah menjadi hitam.  Itulah mengapa jenis komedo ini disebut juga blackheads.

Karena warnanya hitam, banyak orang sering salah mengira bahwa komedo hitam disebabkan oleh kotoran yang terperangkap. Padahal benjolan ini tidak selalu terkait oleh kebersihan kulit. Berikut berbagai penyebab blackheads pada wajah yang perlu kamu tahu:

1. Perubahan hormon

Perubahan hormon bisa meningkatkan produksi minyak yang bisa menyebabkan terbentuknya blackheads. Itulah mengapa orang yang mengalami perubahan hormon, seperti anak remaja, atau wanita yang sedang menstruasi atau ketika mengonsumsi pil KB, lebih berisiko memiliki jenis komedo tersebut.

2. Penggunaan kosmetik

Penggunaan kosmetik juga bisa menjadi salah satu penyebab blackheads pada wajah, sebab sisa-sisa kosmetik bisa menutup dan menyumbat pori-pori. Bukan berarti kamu tidak bisa menggunakan kosmetik agar terhindar dari komedo, tapi pastikan kamu selalu membersihkan wajah setelah selesai beraktivitas.

3. Jenis makanan tertentu

Beberapa jenis makanan atau minuman tertentu dipercaya bisa memengaruhi terbentuknya jerawat dan komedo. Misalnya, produk susu dan makanan yang bisa meningkatkan kadar gula darah, seperti karbohidrat, mungkin berperan dalam memicu blackheads.

4. Banyak berkeringat

Sering berolahraga atau tinggal di lingkungan yang hangat dan lembab bisa membuat kamu banyak berkeringat. Hal itu juga bisa memicu munculnya komedo hitam.

5. Konsumsi obat-obatan tertentu

Obat yang bisa mendorong pergantian sel kulit yang cepat, dan beberapa obat berbasis steroid, seperti kortikosteroid juga bisa menjadi penyebab blackheads.

6. Kondisi kesehatan tertentu

Beberapa kondisi kesehatan, seperti stres, sindrom ovarium polikistik (PCOS) dan sindrom pramenstruasi (PMS) bisa berperan dalam terbentuknya komedo hitam.

Cara Mengatasinya

Blackheads bisa diatasi sendiri dengan melakukan beberapa perawatan berikut di rumah:

  • Membersihkan wajah. Scrub khusus untuk pengelupasan kulit wajah dengan lembut bisa membantu menghilangkan komedo hitam. Carilah produk yang bebas pewangi dan bahan apa pun yang bisa membuat kulit terlalu kering.
  • Makeup dan kosmetik. Daripada kamu harus repot-repot menjaga agar pori-pori tetap bersih dan membersihkan penumpukan kulit mati, pilihlah produk makeup dan kosmetik non-comedogenic yang tidak menyumbat pori-pori. Makeup non-comedogenic sekarang sudah tersedia di mana-mana.
  • Menggunakan obat resep. Asam azelaic, asam salisilat, dan benzoil peroksida adalah obat-obatan yang bisa didapatkan melalui resep maupun secara bebas (OTC). Obat-obatan tersebut efektif untuk mengatasi jerawat non-inflamasi, seperti blackheads. Cara menggunakannya, cukup dioleskan langsung ke kulit.
  • Istirahat dan relaksasi. Istirahat yang cukup dan menghindari stres juga bisa membantu mencegah dan mengatasi komedo hitam. Hal itu karena stres bisa memicu produksi sebum. Olahraga juga bisa membantu mengurangi stres.
  • Ubah pola makan menjadi lebih sehat. Meskipun penelitian belum memastikan bahwa menghindari kentang goreng atau cokelat bisa mengurangi jerawat dan komedo, tetapi pola makan yang sehat dan seimbang dengan banyak buah dan sayuran segar bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk kulit. Hal itu juga bisa mengurangi risiko lesi kulit menjadi terinfeksi.

Bila kamu memiliki masalah kulit wajah yang membandel atau cukup parah, cobalah temui dokter kulit untuk mendapatkan perawatan. Kamu bisa berobat ke dokter kulit dengan dengan buat janji temu dokter di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Blackheads.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Everything you need to know about blackheads.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan