Ini 6 Tanda Tubuh Memasuki Masa Menopause

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 Oktober 2020
Ini 6 Tanda Tubuh Memasuki Masa MenopauseIni 6 Tanda Tubuh Memasuki Masa Menopause

Halodoc, Jakarta – Saat memasuki usia 45–55 tahun, wanita rentan mengalami kondisi menopause. Kondisi ini terjadi ketika siklus menstruasi berakhir secara alami. Seorang wanita dikatakan menstruasi ketika ia sudah tidak mengalami menstruasi selama 12 bulan secara berturut-turut. Menopause dapat terjadi saat indung telur tidak lagi melepaskan sel telur, sehingga wanita yang telah memasuki masa menopause tidak dapat mengalami kehamilan.

Baca juga: Jelang Menopause, Wanita Lebih Sering Vertigo?

Tidak berhenti secara mendadak, ada beberapa tanda yang terjadi pada tubuh wanita ketika akan memasuki masa menopause. Agar tidak keliru dalam melihat perubahan yang muncul pada tubuh, sebaiknya ketahui beberapa tanda tubuh mulai memasuki masa menopause berikut ini:

1.Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur

Menjelang masa menopause ada banyak perubahan yang akan dialami oleh wanita, salah satunya adalah siklus menstruasi. Menopause dapat meningkatkan risiko perubahan pada siklus menstruasi. Perubahan siklus ini bisa ditandai dengan waktu menstruasi yang berubah-ubah dan jumlah darah yang lebih sedikit dibandingkan biasanya. Bahkan, darah menstruasi yang muncul dapat berupa bercak atau flek saja.

2.Lebih Cepat Merasa Gerah dan Berkeringat

Melansir Prevention, sebanyak 85 persen wanita yang memasuki menopause mengalami perubahan pada kulit yang menjadi lebih cepat gerah dan panas. Penurunan jumlah hormon estrogen menjadi salah satu faktor yang dinilai memicu kondisi ini. Selain merasa lebih gerah, biasanya kamu akan lebih berkeringat pada malam hari, bahkan saat kamu tidur. Tidak jarang, kondisi ini akan menimbulkan gangguan pada tidur.

3.Lebih Mudah Mengalami Perubahan Suasana Hati

Perubahan psikologis juga dapat terjadi ketika kamu memasuki masa menopause. Hal ini akan menyebabkan wanita lebih mudah mengalami perubahan suasana hati tanpa penyebab yang jelas. Bahkan, kondisi ini dapat meningkatkan risiko gangguan kecemasan hingga depresi. Adanya perubahan hormon estrogen dan progesteron dapat menjadi pemicu mengapa menopause menyebabkan wanita alami mood swing.

Baca juga: Cara Melewati Masa Menopause Tanpa Rasa Cemas

4.Perubahan pada Miss V

Kamu merasa Miss V lebih kering dan tidak nyaman saat berhubungan intim? Kondisi ini bisa menjadi tanda bahwa kamu akan memasuki menopause. Penurunan hormon estrogen akan membuat kamu mengalami kondisi yang dikenal sebagai atrofi vagina. Kondisi ini menyebabkan Miss V terasa lebih kering, gatal, hingga menyebabkan munculnya sensasi panas. Penurunan estrogen juga dapat sebabkan perubahan pH pada Miss V yang tingkatkan risiko perubahan aroma pada Miss V. Waspada terhadap kondisi infeksi saluran kemih yang juga rentan dialami wanita saat memasuki masa menopause.

5.Perubahan pada Fisik

Menopause juga dapat sebabkan kamu mengalami perubahan pada fisik, seperti rambut dan kulit yang terasa lebih kering. Beberapa wanita akan lebih mudah mengalami kenaikan berat badan saat memasuki masa menopause. Selain itu, terkadang kamu akan mengalami nyeri sendi. Untuk itu, sangat penting tetap mengonsumsi makanan sehat dan juga tetap rutin melakukan olahraga ringan agar kesehatan tubuh tetap optimal.

6.Penurunan Gairah Seksual

Perubahan hormon membuat area vital wanita, seperti klitoris menjadi kurang peka terhadap rangsangan seksual. Kondisi ini dapat menyebabkan wanita mengalami penurunan gairah seksual serta sulit orgasme.

Baca juga: Masuk Usia Menopause, Ini Pola Hidup Sehat untuk Ditiru

Itulah beberapa perubahan pada tubuh yang terjadi saat menopause. Beberapa tanda akan terjadi sementara dan dapat hilang dengan sendirinya. Jangan lupa untuk tetap mengonsumsi makanan sehat, perbanyak kebutuhan istirahat, dan rutin melakukan olahraga guna meningkatkan kesehatan ketika memasuki menopause. 

Segera kunjungi rumah sakit terdekat dan lakukan pemeriksaan jika tanda-tanda menopause dirasakan sangat mengganggu. Untuk mengatasi ini, kamu bisa lakukan terapi hormon guna meredakan gejala yang kamu alami.

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2020. 6 Signs You May Be Entering Menopause.
Prevention. Diakses pada 2020. 6 Ways Your Vagina Changes During Menopause.
Web MD. Diakses pada 2020. How Do I Know if I’m In Menopause?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan