• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Tips Sehat untuk Karyawan Kantoran di Musim Hujan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 6 Tips Sehat untuk Karyawan Kantoran di Musim Hujan

Ini 6 Tips Sehat untuk Karyawan Kantoran di Musim Hujan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 22 November 2022

“Musim hujan bisa menurunkan imun tubuh. Untuk memastikan flora usus dalam keadaan sehat, kamu harus meningkatkan asupan probiotik dan makanan fermentasi seperti yogurt, buttermilk, dan sayuran acar.”

Ini 6 Tips Sehat untuk Karyawan Kantoran di Musim HujanIni 6 Tips Sehat untuk Karyawan Kantoran di Musim Hujan

Halodoc, Jakarta –  Musim hujan bukan menjadi penghalang buat karyawan kantoran yang tetap harus bertugas di luar rumah. Tidak mungkin juga kan, untuk terhindar dari hujan, kamu jadinya enggak masuk kantor setiap kali hujan datang? 

Namun, tentu saja, hujan jangan dianggap sepele. Menerapkan pola hidup sehat dan meningkatkan kewaspadaan supaya tetap sehat adalah beberapa cara yang bisa dilakukan. Bagaimana tips sehat supaya karyawan kantoran terhindar dari penyakit di cuaca hujan? Baca selengkapnya di sini!

Membawa Perlengkapan Hujan dan Menerapkan Pola Hidup Sehat

Biasanya, di musim hujan, penyakit yang paling sering menyerang adalah flu, batuk, dan demam. Buat kamu yang sudah menjalani WFO alias bekerja dari kantor dan tetap harus berkegiatan di luar meski cuaca hujan, ada tips jitu supaya tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Simak di sini!

1. Selalu Bawa perlengkapan Hujan 

Jangan lupa untuk selalu membawa payung, jas hujan, dan mengenakan sepatu tahan air ke mana pun kamu pergi. Tidak hanya itu, pastikan juga untuk selalu mengenakan pakaian hangat. Sebab, walaupun kamu di dalam ruangan, bisa jadi suhu udara semakin dingin karena hujan deras di luar ruangan.

2. Cuci Tangan Secara Konsisten

Sering-seringlah mencuci tangan, karena sumber kuman dan penyakit terbesar ada di tangan. Pembersih tangan harus selalu dibawa saat bepergian, untuk memastikan kebersihan. Cucilah tangan selama 20 detik secara konsisten dan gunakan pembersih tangan jika tidak bisa mencuci tangan menggunakan air mengalir. 

3. Konsumsi Suplemen dan Vitamin Bila Diperlukan

Suplemen dan vitamin diperlukan untuk orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Jika kamu berencana untuk mengonsumsi vitamin atau suplemen, pastikan diminum sesuai dengan petunjuk dokter. Mengonsumsi vitamin C dapat membantu mengurangi intensitas gejala flu.

4. Makan Makanan Sehat

Buah-buahan dan sayuran segar, makanan rumahan yang sehat, dan tindakan pencegahan lainnya sangat penting diterapkan selama musim hujan. Pastikan kamu selalu mengonsumsi buah-buahan yang kaya antioksidan, serat, dan vitamin A dan C. Hindari buah dan jus yang sudah dipotong dari penjual pinggir jalan, dan hanya konsumsi buah dan minuman segar yang dibuat sendiri.

Musim hujan juga bisa menurunkan imun tubuh. Untuk memastikan flora usus dalam keadaan sehat, kamu harus meningkatkan asupan probiotik dan makanan fermentasi seperti yogurt, buttermilk, dan sayuran acar. 

Sistem usus mengandung bakteri menguntungkan yang disebut probiotik. Mikroba ini dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri di tubuh serta mendukung perkembangan bakteri menguntungkan di usus, yang membantu dalam pertempuran melawan bakteri patogen atau tidak sehat.

Pastikan kamu juga banyak mengkonsumsi makanan tinggi protein. Kekebalan tubuh akan meningkat dan pulih dari penyakit lebih cepat jika kamu memasukkan protein bergizi ke dalam makanan harian. Produk susu, kedelai, telur, ayam, dan ikan merupakan sumber makanan berprotein tinggi yang sangat baik.

5. Berolahraga Secara Teratur

Agar tetap bugar dan sehat selama musim hujan, olahraga teratur harus dimasukkan ke dalam rutinitas harian. Yoga, zumba, dan olahraga di dalam ruangan lainnya, direkomendasikan untuk dilakukan selama musim hujan. 

6. Istirahat yang Cukup

Tidur yang cukup diperlukan tubuh untuk mengganti dan memperbaiki otot, jaringan, dan sel-sel serta membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pastikan kamu untuk tetap mendapatkan tidur yang cukup setidaknya 8 jam setiap hari.

Itulah informasi mengenai tips sehat untuk karyawan kantoran di musim hujan. Informasi selengkapnya bisa kamu dapatkan dengan cara bertanya langsung ke dokter lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Bria.com. Diakses pada 2022. Tips To Avoid Common Colds During the Rainy Season.
Howletthealthsafetyservices.co.uk. Diakses pada 2022. Safe Working Practices for Wet Weather.
Occupational Health Center. Diakses pada 2022. How to Stay Safe While Working in The Rain.