Ini 8 Penyebab Komedo yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   18 Juli 2022

“Komedo terjadi ketika tersumbatnya pori-pori kulit oleh sel-sel kulit mati, minyak, dan kotoran. Nah, ada berbagai penyebab komedo yang perlu diwaspadai, mulai dari faktor genetik sampai obat-obatan.”

Ini 8 Penyebab Komedo yang Perlu DiketahuiIni 8 Penyebab Komedo yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Meskipun ukurannya kecil, komedo menjadi masalah kulit yang seringkali mengganggu penampilan. Pasalnya, masalah kulit tersebut muncul sebagai bintik-bintik hitam di pori-pori kulit, sehingga sekilas terlihat seperti kotoran yang bisa mengurangi kemulusan wajah.

Namun, komedo sangat umum terjadi. Hampir semua orang pernah mengalaminya, tapi anak remaja dan dewasa mudalah yang paling sering memiliki komedo. Perubahan hormon yang cukup signifikan pada masa pubertas diduga menjadi penyebabnya.  Apalagi bila mereka tidak rajin membersihkan wajah. 

Namun, sebenarnya apa sih yang penyebab komedo muncul di wajah. Yuk, cari tahu di sini, agar kamu bisa menentukan langkah-langkah untuk mencegahnya.

Berbagai Penyebab Komedo

Komedo terjadi ketika pori-pori di kulit wajah tersumbat oleh sel-sel kulit mati, minyak dan terkadang bakteri. Para ahli belum tahu secara pasti mengapa pori-pori kulit bisa tersumbat. Namun, ada banyak faktor yang bisa memicu komedo muncul. Berikut beberapa penyebab komedo yang perlu diketahui:

1. Genetik

Faktor keturunan menjadi penyebab komedo yang tidak bisa dihindari. Misalnya, bila orang tua cenderung memiliki kelebihan minyak di wajah serta hormon-hormon yang bisa membuat pertumbuhan jerawat yang parah, suka tidak suka kamu bisa mewarisi kondisi tersebut. 

Karena itu, apabila kamu memiliki wajah yang cenderung berminyak atau sering mengalami masalah jerawat yang parah, kamu harus lebih telaten dalam membersihkan dan merawat kulit wajah.

2. Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Berlemak dan Bergula

Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan tinggi gula berperan dalam memicu munculnya bintik-bintik hitam pada pori-pori. Sisa lemak ataupun gula yang kamu konsumsi akan menjelma menjadi komedo yang timbul di kulit wajah, leher, dan bukan tak mungkin di punggung.

Beberapa jenis makanan berlemak yang bisa memicu tumbuhnya komedo adalah cokelat, es krim, kacang tanah, karamel dan susu. Jadi, batasi asupan makanan berlemak untuk menghindari timbulnya komedo.

3. Alergi

Terkadang alergi bisa membuat komedo tumbuh lebih banyak dari biasanya. Coba kamu perhatikan, jenis makanan apa yang mungkin bisa membuat komedo semakin menumpuk? Setiap orang memiliki jenis alergi yang berbeda-beda. 

Ada orang yang tidak masalah mengonsumsi cokelat, tetapi pada orang lain, makanan tersebut mungkin akan membuat komedo semakin subur. Pastikan kamu menjauhi makanan yang membuat komedo “bermekaran”.

4. Kotoran yang Tersumbat

Kalau kamu pengguna transportasi umum atau sering mengendarai sepeda motor, hati-hati, karena polusi udara bisa menjadi penyebab komedo. Pastikan kamu selalu menutup wajah dengan masker setiap kali bepergian. Untuk membersihkan wajah, sesekali kompres wajah dengan handuk hangat supaya kotoran yang menyumbat pori-pori bisa keluar sempurna. Kemudian baru cuci wajah dengan air dingin.

5. Terlalu Sering Memegang Wajah

Tanpa sadar, kebiasaan menyentuh wajah yang kamu lakukan sehari-hari bisa menjadi penyebab komedo muncul. Pasalnya, kebiasaan tersebut bisa memindahkan kuman ataupun bakteri dari tangan ke wajah. Selain itu, memegang wajah akan membuat wajah yang sebelumnya sudah meradang karena jerawat akan semakin parah. Makanya, usahakan untuk tidak sering menyentuh wajah. 

6. Salah Menggunakan Produk Makeup

Ternyata salah menggunakan produk makeup juga bisa menjadi salah satu penyebab komedo. Apalagi bila kamu menggunakan produk makeup yang tidak sesuai dengan jenis kulitmu. Akibatnya, kulit menjadi iritasi dan bukan tak mungkin memicu produksi minyak berlebih yang mengakibatkan pertumbuhan jerawat dan komedo. Selalu gunakan produk wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu, dan gunakan sabun yang memang dikhususkan untuk wajah bukan badan.

7. Perubahan Hormon

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, perubahan hormon bisa memicu terjadinya komedo di kulit wajah. Bukan hanya anak remaja saja yang mengalaminya lho, tapi wanita yang sedang menstruasi dan ibu hamil juga mengalami perubahan hormon, sehingga berisiko memiliki komedo.

8. Obat-obatan

Bila kamu cukup sering memiliki masalah dengan komedo, coba cek obat-obatan yang kamu konsumsi deh. Pasalnya, obat-obatan tertentu ternyata bisa menjadi penyebab munculnya bintik-bintik hitam tersebut. Obat tersebut, antara lain kortikosteroid, litium, dan fenitoin. Bila benar komedo kamu disebabkan oleh obat tersebut, coba bicarakan pada dokter mengenai alternatif obat.

Nah, itulah penyebab komedo yang perlu kamu ketahui. Kalau kamu punya masalah dengan komedo yang membandel, coba hubungi dokter saja melalui aplikasi Halodoc.

Lewat Video/Voice Call atau Chat, kamu bisa tanya dokter sekaligus minta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Jadi, tunggu apa lagi. Download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Health Grades. Diakses pada 2022. Blackheads.
Healthline. Diakses pada 2022. Blackheads

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan