Ini 8 Teknik Dasar untuk Melakukan Panjat Tebing

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 September 2022

“Sebelum mencoba panjat tebing, kamu perlu menguasai teknik dasarnya. Setiap teknik membutuhkan koordinasi tangan dan kaki.”

Ini 8 Teknik Dasar untuk Melakukan Panjat TebingIni 8 Teknik Dasar untuk Melakukan Panjat Tebing

Halodoc, Jakarta – Atlet panjat tebing yang hebat tidak memaksakan jalan mereka ke atas tebing. Mereka memiliki teknik khusus berupa serangkaian gerakan yang dirancang untuk membantu mereka naik dengan benar dan aman. 

Bagi yang masih pemula, tentu harus tahu teknik-teknik dasar yang harus dilakukan saat memanjat tebing. Meningkatkan teknik melibatkan prinsip-prinsip belajar gerakan dan keseimbangan. Mau tahu lebih lanjut? Yuk simak pembahasannya!

Teknik Dasar Panjat Tebing

Menguasai teknik-teknik dasar panjat tebing sangat penting. Saat kamu fokus pada teknik, gerakan mulai masuk ke tempatnya dan kamu bisa memanjat dengan lebih mudah. 

Berikut ini beberapa teknik yang perlu dikuasai:

1. Gerak Kaki

Membuat gerak kaki dengan benar adalah kunci untuk meningkatkan teknik panjat tebing yang lain. Karena ini dapat mengoptimalkan cara kamu menggunakan tubuh bagian bawah dan menghilangkan tekanan dari tangan dan lengan. Edging dan smearing adalah dua istilah panjat tebing yang menggambarkan teknik gerak kaki utama. 

2. Merayap

Ini adalah teknik di mana kamu menggunakan gesekan antara karet sepatu dan permukaan batu. Teknik ini biasanya digunakan ketika pegangan yang tepat berada pada tingkat premium, seperti saat memanjat slab. 

Semakin besar luas permukaan yang dipijak, semakin besar gesekan dan semakin aman penempatannya. Dengan mengingat hal ini, selalu jaga agar tumit tetap rendah dan jaga agar kaki benar-benar diam sampai saatnya tiba untuk mengangkat dan mencari pijakan berikutnya.

3. Pegangan Tangan

Ada banyak teknik panjat tebing yang terkait dengan berbagai jenis pegangan tangan. Kendi adalah pegangan yang paling mudah, yang bisa menampung semua jari dan memberi rasa aman. Tarikan samping adalah ketika kendi, atau ujungnya, digunakan dengan menarik ke samping dan menggeser tubuh. 

Kebalikan dari ini adalah gaston, dinamai dari pendaki legendaris Prancis dan alpinist Gaston Rébuffat. Dengan teknik ini, kamu mendorong pegangan dengan ibu jari mengarah ke bawah dan siku keluar, sehingga menciptakan gesekan terhadap pegangan.

4. Crimp Tertutup

Saat ingin naik ke tingkat yang lebih sulit, kekuatan jari menjadi semakin penting. Dalam hal genggaman jari, pemula sebaiknya menggunakan teknik crimp tertutup. Ini adalah saat jari-jari membuat sudut yang rapat pada sendi kedua dan ibu jari mendorong jari telunjuk.

5. Bridging

Bridging, juga dikenal sebagai stemming, melibatkan dorongan terhadap permukaan yang berlawanan dengan kombinasi tangan dan kaki untuk menjembatani celah. Kuncinya di sini adalah menjaga keseimbangan melalui tekanan pada kedua permukaan saat panjat tebing. 

6. Laybacking

Ketika seorang pemanjat menggunakan kekuatan yang berlawanan dari lengan menarik retakan dan kaki mendorong batu, ini dikenal sebagai laybacking. Ini adalah gerakan yang efisien jika lengan lurus, karena ini akan mengalihkan sebagian besar pekerjaan ke kaki. 

Ini mengharuskan kamu untuk mempertahankan ketegangan untuk mempertahankan posisi tubuh, sambil berjalan kaki dan menggerakkan tangan pada saat yang sama. Retakan dan serpihan sudut dapat dipanjat dengan cara ini.

7. Mantelshelving

Mantelshelving adalah ketika seorang pendaki mendapatkan langkah datar dengan mendorong dengan tangan mereka, dan menggerakkan kaki mereka ke dinding. Teknik ini sering digunakan saat memanjat di puncak rute, meskipun juga berguna saat ingin mendapatkan ledge mid-climb yang signifikan.

8. Jamming

Jamming adalah teknik di mana pemanjat memasukkan bagian tubuh mereka, biasanya tangan, kepalan tangan atau kaki ke dalam celah. Ini adalah teknik yang sama yang digunakan oleh para pendaki gunung, ketika mereka memasukkan sepatu hiking musim dingin mereka ke celah batu. 

Itulah beberapa teknik dasar panjat tebing yang perlu diketahui jika ingin mencoba olahraga ini. Jika kamu mengalami masalah kesehatan setelah panjat tebing, download Halodoc saja untuk membuat janji rumah sakit dengan dokter.

Referensi:
Advnture. Diakses pada 2022. Rock Climbing Techniques: The Skills That Will See You Moving Up The Grades.
Expert Advice. Diakses pada 2022. Climbing Techniques and Moves.
VDiff. Diakses pada 2022. Basic Rock Climbing Technique.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan