Ini 9 Kondisi yang Ditangani oleh Dokter Kecantikan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   24 Oktober 2023

“Dokter kecantikan dapat membantu mengatasi masalah pada permukaan kulit wajah. Misalnya, tanda penuaan, jerawat dan komedo, bintik hitam, kulit terbakar, selulit, serta rambut berlebihan di tubuh.”

Ini 9 Kondisi yang Ditangani oleh Dokter KecantikanIni 9 Kondisi yang Ditangani oleh Dokter Kecantikan

Halodoc, Jakarta – Dokter kecantikan adalah seorang profesional yang berfokus meningkatkan kecantikan kulit. Mereka dapat mengatasi keriput, garis halus, bintik-bintik penuaan, hiperpigmentasi, dan kulit kendur pada wajah. 

Dengan pengetahuan dan pengalaman yang mereka miliki, dokter kecantikan dapat membantu pasien mendapatkan penampilan kulit yang sehat. Lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini!

Kondisi yang Ditangani Dokter Kecantikan

Kondisi kulit yang dapat dokter kecantikan tangani berhubungan dengan masalah kulit yang mengganggu estetika wajah dan tubuh, seperti:

1. Tanda penuaan

Dokter kecantikan dapat mengatasi tanda penuaan, seperti garis-garis halus, kerutan, atau kulit kendur. Prosedur perawatannya, seperti botox, filler wajah, dan perawatan laser. 

Untuk menurunkan potensi munculnya tanda penuaan, kamu bisa merawat kulit sejak dini dengan beberapa langkah dalam artikel ini: 4 Cara Merawat Kulit Secara Alami yang Mudah Dilakukan.

2. Jerawat dan komedo

Dokter kecantikan bisa meresepkan perawatan topikal yang mengandung retinoid, benzoyl peroxide, atau asam salisilat. Perawatan ini membantu membersihkan pori-pori, mengurangi peradangan, dan mencegah komedo.

Jika jerawat hadir dalam intensitas ringan, kamu dapat membantu mengatasinya dengan menggunakan madu. Simak di sini penjelasannya: Benarkah Madu Dapat Membantu Menghilangkan Jerawat?

3. Bintik hitam di wajah

Di sini, dokter akan melakukan terapi laser fraksional atau terapi cahaya intens pulsa (IPL). Prosedur dapat merangsang produksi kolagen dan menghilangkan lapisan kulit terluar.

Selain itu, dokter kecantikan juga dapat melakukan pengelupasan kimia dengan menggunakan cairan asam. Perawatan ini membantu mengangkat lapisan kulit paling atas yang mengandung bintik hitam.

4. Kulit terbakar 

Masalah ini biasanya terjadi akibat paparan sinar matahari. Di sini, dokter kecantikan dapat meresepkan krim atau salep khusus untuk meredakan peradangan dan rasa sakit.

Selain itu, dokter juga merekomendasikan perawatan laser untuk menghilangkan bekas luka terbakar. Langkah ini bertujuan untuk memperbaiki tekstur kulit dan merangsang penyembuhan.

5. Warna kulit tidak merata

Caranya dengan terapi laser, seperti terapi fraksional non-ablatif atau terapi Intenses Pulse Light (IPL). Metodenya bekerja dengan merangsang produksi kolagen dan mengurangi hiperpigmentasi.

Selain itu, dokter kecantikan bisa meresepkan perawatan topikal yang mengandung bahan pemutih, seperti hidrokuinon atau asam kojat. Perawatan ini membantu mencerahkan daerah yang lebih gelap.

6. Selulit dan stretch marks

Salah satu caranya dengan prosedur microneedling menggunakan dermaroller atau pen microneedling. Alat ini memiliki banyak jarum kecil yang berguna untuk membuat mikrotrauma pada kulit. 

Tujuan utama dari prosedur ini adalah merangsang produksi kolagen dan elastin. Keduanya dapat membantu meratakan tekstur kulit dan mengurangi tanda selulit serta stretch marks.

Selain selulit dan stretch mark, kulit kendur jadi masalah yang tak dapat dihindari seiring dengan berjalannya usia. Begini cara alami mengatasinya: Tanpa Obat, Ini Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami.

7. Masalah kulit

Beberapa masalah kulit yang dapat diatasi oleh dokter kecantikan adalah kulit kasar, berminyak, kering, atau mengelupas. Dokter akan melakukan treatment yang sesuai dengan jenis dan masalahnya.

8. Rambut di tubuh

Dokter kulit bisa menghilangkan rambut di bagian tertentu, seperti ketiak, kemaluan, kumis, atau bulu kaki dengan metode elektrolisis. Caranya dengan menghancurkan akar rambut dengan aliran listrik. 

Ini adalah metode permanen untuk menghilangkan rambut. Namun kekurangannya, kamu perlu melakukan beberapa kali perawatan untuk melihat hasil yang signifikan.

9. Meratakan tekstur kulit

Untuk meratakan tekstur kulit, dokter kecantikan dapat melakukan metode filler. Untuk meratakan garis halus dan kerutan, misalnya, dokter akan menyuntikkan asam hialuronat untuk meratakan permukaan kulit.

Itulah beberapa kondisi yang dapat ditangani oleh dokter kecantikan.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2023. What Is an Aesthetician?
Very Well Health. Diakses pada 2023. What Is an Esthetician?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan