Ini 9 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan Tubuh

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 Januari 2024

“Lontar termasuk buah dengan kandungan air yang tinggi dan memiliki tekstur yang halus. Manfaatnya mulai dari mengatasi masalah pencernaan hingga meningkatkan imunitas tubuh.”

Ini 9 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan TubuhIni 9 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Buah lontar tumbuh berkelompok di pohon palem tinggi yang berasal dari Asia Selatan dan Tenggara. Buah ini memiliki ciri khas kulit keras dan berbentuk bulat.

Dagingnya berbentuk bulat dengan serat-serat alami dan berwarna putih bening seperti kolang-kaling. Di dalamnya mengandung tinggi air, protein, lemak, karbohidrat, dan kandungan baik lainnya.

Lantas, apa manfaat buah lontar untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan?

Kandungan Gizi Dalam Buah Lontar

Dalam 100 gram buah lontar mengandung berbagai macam nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungannya meliputi:

  • Air 77 gram.
  • Kalori 27 kilokalori.
  • Protein 1 gram.
  • Karbohidrat 21 gram.
  • Kalsium 9 mg.
  • Fosfor 33 mg.
  • Tiamin 0.04 mg.
  • Riboflavin 0.02mg.
  • Niasin 0.3 mg.
  • Vitamin C 5mg.

Beberapa Manfaat Buah Lontar bagi Kesehatan

Karena kaya akan mineral dan vitamin, buah lontar menjadi pilihan yang sehat untuk orang yang sedang diet atau mengidap diabetes. Banyak orang percaya bahwa lontar adalah obat alami untuk sejumlah penyakit. 

Buah ini juga dapat membantu masalah pencernaan, hingga mencegah peradangan kulit. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Membantu menurunkan berat badan

Buah lontar adalah buah rendah kalori yang bermanfaat bagi orang yang mencoba menurunkan berat badan. Buah ini mengandung air, yang membuat perut kenyang dalam waktu lama.

Hal tersebut dibuktikan dalam studi Effect of excessive water intake on body weight, body mass index, body fat, and appetite of overweight female participants yang terbit pada Journal of Natural Science, Biology and Medicine.

Dalam studi tersebut menemukan, 50 wanita yang kelebihan berat badan meminum 500 mililiter (mL) air 30 menit sebelum sarapan, makan siang, dan makan malam.

Mereka mengonsumsinya selama 8 minggu berturut-turut. Hasilnya, mereka mengalami penurunan berat badan, lemak tubuh, dan indeks massa tubuh (BMI). Mereka juga melaporkan adanya penekanan nafsu makan.

2. Mendukung kesehatan tulang

Selanjutnya, buah lontar bermanfaat baik dalam menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Khasiat ini berasal dari kandungan kalsium yang merupakan komponen utama dari tulang. 

Hal tersebut terbukti dari penelitian berjudul Calcium intake in bone health: A focus on calcium-rich mineral waters yang terbit pada Nutrients.

Studi tersebut menyebutkan, kalsium merupakan unsur penting yang memainkan berbagai fungsi biologis dalam tubuh manusia. Salah satu yang terpenting adalah mineralisasi tulang. 

Tulang adalah jaringan ikat termineralisasi di mana kalsium merupakan komponen utama yang memberikan kekuatan dan struktur tulang. Asupannya dapat mendukung perkembangan tulang dan metabolisme tubuh.

3. Mengatasi masalah kulit

Buah lontar adalah obat yang dapat mengatasi masalah kulit yang muncul selama musim panas, seperti ruam panas dan biang keringat. Caranya dengan menempelkan daging buah pada area yang terkena.

Selain itu, buah ini juga membantu meringankan rasa gatal karena paparan sinar matahari panas. Kandungan anti-inflamasi di dalamnya efektif mengobati kemerahan pada kulit karena panas. 

Pasta yang terbuat dari buah lontar juga mampu mengobati dermatitis. Ini adalah peradangan kulit yang ditandai dengan kemerahan, bengkak, gatal, dan terasa panas atau teriritasi.

Tak hanya buah lontar saja yang mengandung nutrisi penting dan menyehatkan tubuh. Buah markisa juga memiliki berbagai keistimewaan, baca selengkapnya di artikel ini: “Ini 9 Manfaat Buah Markisa bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui.”

4. Membantu mengatasi masalah pencernaan

Buah lontar adalah obat alami untuk beberapa penyakit perut dan masalah pencernaan. Buah ini membantu menghilangkan sembelit dan dapat mendukung pergerakan usus yang normal.

Selain itu, buah lontar juga dapat membantu dalam mencegah keasaman dan sakit mag. Pada wanita hamil, buah ini dapat membantu meringankan sakit perut ringan dan mual.

Pernah mendengar buah dewandaru yang mengandung berbagai nutrisi penting? Baca selengkapnya di artikel ini: “Ini 7 Manfaat Buah Dewandaru untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

5. Baik untuk pengidap diabetes

Mencegah diabetes adalah salah satu manfaat lain dari buah lontar. Lontar dapat menjadi gula buatan yang membantu menghindari diabetes karena indeks glikemiknya yang rendah.

Konsumsi buah lontar tidak mengakibatkan kenaikan gula darah yang signifikan. Namun, pengidap tetap harus mengonsumsinya dalam takaran yang sesuai.

Mau tahu apa saja obat-obatan yang efektif mengatasi diabetes? Baca di artikel ini: “Ini 5 Rekomendasi Obat Diabetes untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi”.

6. Menyejukkan tubuh

Buah lontar dapat menjadi pendingin alami dan membantu menjaga tubuh tetap sejuk selama musim panas. Karena kandungan airnya, buah ini dapat membantu menggantikan elektrolit yang hilang karena keringat berlebih.

7. Menjaga kesehatan ginjal

Buah lontar mengandung fosfor yang bermanfaat baik bagi organ ginjal. Kandungan tersebut bekerja dengan membantu kerja ginjal dalam menyaring sampah dari sisa pembuangan pencernaan.

Tubuh membutuhkan fosfor tersebut untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan pemulihan jaringan serta sel yang rusak. Selain itu, asupan tersebut juga dapat menyerap vitamin dari makanan yang kamu konsumsi.

Selain buah lontar, ini cemilan yang baik untuk meningkatkan kesehatan ginjal: 5 Pilihan Camilan Sehat untuk Pengidap Gagal Ginjal.

8. Mencegah dehidrasi

Kandungan air dalam 100 gram buah lontar sebanyak 77 gram atau sekitar 90 persen dari total kandungan keseluruhan. Dengan mengonsumsinya, buah ini dapat membantu mencegah tubuh dehidrasi.

Dengan menjaga asupan cairan tubuh, fungsi tubuh keseluruhan bisa berjalan dengan optimal. Hal ini dapat mencegah gangguan keseimbangan elektrolit, kerusakan ginjal, dan masalah pencernaan.

9. Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat terakhir, yaitu meningkatkan imunitas tubuh seseorang. Kegunaan ini berasal dari antioksidan dalam buah yang bekerja melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Untuk memaksimalkan khasiatnya, barengi juga dengan perubahan pola hidup jadi lebih sehat. Misalnya, mencukupi waktu tidur, berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol, serta mengonsumsi makanan sehat.

Mau tahu cara lain untuk menjaga kesehatan tubuh? Baca artikel ini: “6 Cara Mudah Menjaga Gaya Hidup Sehat”.

Itulah pembahasan mengenai manfaat buah lontar untuk kesehatan. Untuk takaran atau jumlah yang sesuai dengan kondisi kesehatan, kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter spesialis gizi klinik.

Jika membutuhkan informasi lain seputar kesehatan dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Health Benefit Times. Diakses pada 2023. Palmyra Fruit Facts and Health Benefits.
Med India Today. Diakses pada 2023. Health Benefits of Palmyra Fruit.
Journal of Natural Science, Biology and Medicine. Diakses pada 2023. Effect of excessive water intake on body weight, body mass index, body fat, and appetite of overweight female participants.
Nutrients. Diakses pada 2023. Calcium intake in bone health: A focus on calcium-rich mineral waters.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan