Ini Alasan Anjing Sering Mengubur Benda di Tanah

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   15 Februari 2021
Ini Alasan Anjing Sering Mengubur Benda di TanahIni Alasan Anjing Sering Mengubur Benda di Tanah

Halodoc, Jakarta - Anjing merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang memiliki banyak tingkah menggemaskan. Selain itu, berbagai tingkah laku anjing kesayangan kerap membuat pemilik anjing tersenyum hingga keheranan. Salah satunya adalah kebiasaan mengubur benda di tanah.

Baca juga: 5 Masalah yang Terjadi saat Melatih Anjing Peliharaan

Kebiasaan mengubur benda di tanah ternyata sudah ada sejak anjing masih dalam kondisi liar. Selain untuk menyimpan makanan, ada berbagai alasan lain mengapa anjing kerap mengubur benda di tanah. Yuk, simak ulasannya dalam artikel ini!

Inilah Alasan Anjing Mengubur Benda di Tanah

Pernahkah kamu melihat anjing kesayanganmu berlari ke taman dan menguburkan mainan atau benda yang berada didekatnya? Jika iya, jangan khawatir, nyatanya kebiasaan ini merupakan naluri alamiah yang dimiliki oleh anjing, meskipun telah menjadi hewan peliharaan yang jinak.

Untuk lebih mengenali kebiasaan anjing yang satu ini, tidak ada salahnya simak beberapa alasan di balik kebiasaan anjing mengubur benda di tanah.

1.Insting atau Naluri Alamiah

Perilaku ini merupakan naluri alami atau insting yang dimiliki oleh anjing. Sebelum banyak jenis anjing dijinakkan dan dipelihara seperti saat ini, perilaku ini telah menjadi kebiasaan anjing liar. Kebiasaan ini dilakukan untuk menjaga makanan yang telah mereka hasilkan dari berburu. Hal ini dilakukan agar hasil perburuan tidak diambil oleh kawanan hewan lainnya.

Saat ini, tidak hanya makanan, anjing yang sering mengubur benda-benda yang dianggapnya menarik dan berharga. Kondisi ini dipicu naluri anjing untuk menjaga barang yang dianggap berharga tetap aman dan terlindungi.

2.Ras Anjing Tertentu

Selain naluri alami dari anjing, nyatanya kebiasaan mengubur benda di tanah menjadi ciri khas dari kebiasaan ras anjing tertentu. Ada beberapa ras anjing yang memiliki kebiasaan ini. Mulai dari Terriers, Beagles, Dachshund, hingga Basset Hounds. 

Hal ini disebabkan, beberapa ras tersebut awalnya memang dibiakkan untuk mengejar dan berburu hewan kecil. Kondisi ini membuat mereka memiliki keterampilan menggali yang sangat baik.

Baca juga: 6 Kebiasaan yang Membuat Usia Anjing Lebih Panjang

3. Anjing Merasa Bosan

Saat merasa bosan, anjing membutuhkan kegiatan yang dapat digunakan sebagai penyaluran energi. Ketika pemilik anjing tidak menyediakan beberapa hal yang dibutuhkan untuk menghilangkan rasa bosan, anjing akan menemukan caranya sendiri dalam mengatasi kondisi ini. Salah satunya dengan menggali tanah dan mengubur benda tertentu di tanah.

Selain untuk penyaluran energi, perilaku ini terkadang dilakukan anjing untuk mencari perhatian dari pemilik. Sebaiknya segera bawa anjing berjalan-jalan santai agar anjing tetap memiliki kondisi mental yang sehat

4.Anjing Memiliki Tingkat Stres Tinggi

Tingkat stres dan rasa cemas nyatanya berkaitan dengan perilaku mengubur benda di tanda pada anjing. Menggali dan mengubur benda di tanah dianggap menjadi tindakan yang dapat membantu anjing mengatasi stres, cemas, hingga gelisah yang sedang dialami. 

Namun, biasanya jika perilaku mengubur benda di tanah karena disebabkan tingkat stres, kondisi anjing akan disertai oleh perilaku lainnya. Mulai dari perubahan nafsu makan, sering menghindar dari orang lain, terlihat kelelahan, hingga tidak memiliki energi.

Segera gunakan Halodoc dan tanyakan langsung pada dokter hewan mengenai kondisi kesehatan yang dialami anjing. Penanganan yang tepat tentunya membuat kondisi anjing kesayangan lebih cepat pulih dan normal.

Baca juga: Anjing Makan Rumput? Ini Alasan Dibaliknya

Hal yang perlu diingat, mengubur benda di tanah atau menggali adalah hal normal yang dilakukan anjing. Sebaiknya perbanyak aktivitas fisik bersama anjing kesayangan untuk meminimalkan kebiasaan ini.

Jangan lupa pastikan kondisi anjing kembali bersih setelah menggali dan menguburkan benda di tanah. Kondisi anjing yang kotor bisa meningkatkan risiko paparan kutu atau gangguan kesehatan lainnya pada kulit dan bulu.

Referensi:
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. Why Dogs Bury Bones and Other Objects.
Vet Street. Diakses pada 2021. Why Does My Dog Bury Bones and Other Objects?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan