• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Alasan Gen Z Lebih Terbuka Soal Kesehatan Mental
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Alasan Gen Z Lebih Terbuka Soal Kesehatan Mental

Ini Alasan Gen Z Lebih Terbuka Soal Kesehatan Mental

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 10 Oktober 2022

“Keterbukaan akan informasi melalui teknologi di masa sekarang adalah salah satu alasan mengapa gen Z lebih terbuka soal kesehatan. Akibatnya, kesadaran akan pentingnya isu kesehatan mental pun mulai terbentuk.”

Ini Alasan Gen Z Lebih Terbuka Soal Kesehatan MentalIni Alasan Gen Z Lebih Terbuka Soal Kesehatan Mental

Halodoc, Jakarta – Membicarakan masalah kesehatan mental di tahun 90-an rasanya masih menjadi hal yang tabu. Namun, di era-era sekarang, persoalan kesehatan mental lebih dibicarakan secara terbuka, terutama pada anak-anak generasi Z.  

Keterbukaan akan informasi melalui teknologi di masa sekarang adalah salah satu alasan mengapa gen Z lebih terbuka soal kesehatan. Kemudian seiring berjalannya waktu, kesadaran akan pentingnya isu kesehatan mental mulai terbentuk. Apalagi beberapa tahun terakhir ini semakin marak peristiwa-peristiwa yang menjadi pemicu gangguan psikologis. Informasi selengkapnya mengenai alasan gen Z lebih terbuka soal kesehatan mental bisa dibaca di sini!

Alasan Gen Z Lebih Terbuka Soal Isu Kesehatan Mental 

Kini, akses informasi melalui internet lebih terbuka, ini bisa jadi salah satu pemicu meningkatnya kesadaran akan kesehatan mental. Seiring dengan perubahan zaman, peristiwa-peristiwa yang memicu stres dan depresi, kondisi ini mengarah pada peningkatan kekhawatiran psikologis. 

Pada akhirnya, kebutuhan akan layanan untuk kesehatan mental menjadi meningkat dan tidak ditabukan lagi. Kesadaran akan masalah kesehatan mental telah berkembang, sehingga apa yang dulu mungkin diabaikan kini telah diakui sebagai masalah dan diperlakukan dengan perawatan tertentu.

Stigma seputar penggunaan layanan kesehatan mental juga telah berkurang, akibatnya gen Z lebih mungkin mengidentifikasi masalah mereka sendiri dan mencari bantuan ketika merasa memiliki masalah kesehatan mental.

Ketika orang-orang di internet berbicara tentang perjuangan kesehatan mental mereka, ini juga memudahkan orang lain di seluruh dunia untuk membicarakan perjuangan yang sama. Tidak bisa dimungkiri media sosial dan internet telah menghubungkan gen Z dengan cerita orang lain, baik itu orang asing di internet atau public figure.

Semua faktor ini pada akhirnya memudahkan gen Z untuk berbicara secara terbuka tentang perjuangan kesehatan mentalnya dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Menormalkan percakapan tentang kesehatan mental berarti gen Z memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah mereka dan melanjutkan hidup dan memilih untuk tidak terjebak dari pusara stres dan depresi. 

Ingat, kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Jadi, menormalkan percakapan tentang kesehatan mental dapat memberikan semangat kepada orang-orang yang memiliki masalah yang sama untuk berbicara dan mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan.

Berbicara tentang kesehatan mental adalah sesuatu yang tidak mudah, tetapi ini sangat penting. Berikut ini adalah lima alasan mengapa penting untuk membicarakan kesehatan mental:

1. Memerangi Stigma

Penyakit mental masih memiliki banyak stigma yang melekat. Stigma seputar kesehatan mental dapat mencegah siapapun yang membutuhkan pertolongan mengenai kesehatan mental untuk mendapatkan bantuan. 

Berbicara secara terbuka tentang masalah kesehatan mental dapat membantu meruntuhkan hambatan ini. Diskusi mengenai kesehatan mental juga akan membantu banyak orang memahami betapa umumnya penyakit mental dan pentingny untuk mendapatkan penanganan.

2. Memberikan Kesadaran Bahwa Kam Tidak Sendiri 

Menjadi lebih terbuka tentang kesehatan mental dapat membantu menyebarkan kesadaran dan keberanian bahwasanya semua orang memiliki struggle-nya masing-masing. Jika kamuberbicara lebih banyak tentang kesehatan mental, itu bisa berarti akan lebih banyak orang yang mau mencari pengobatan dan didiagnosis dengan gangguan kesehatan mental. 

3. Memberikan Dorongan dan Dukungan 

Meskipun gangguan kesehatan mental meningkat, tidak semua orang mencari pengobatan. Berbicara mengenai kesehatan mental secara umum akan mendorong orang untuk mencari pengobatan, terutama setelah ia menyadari bahwa mereka tidak sendirian. 

4. Menurunkan Risiko Bunuh Diri

Membicarakan kesehatan mental secara terbuka di masyarakat membantu menghilangkan stigma seputar penyakit mental, sekaligus mengingatkan bahwa bantuan tersedia dan kamu tidak berjuang sendirian. 

Berbicara tentang kesehatan mental dapat mendorong mereka yang memiliki pikiran untuk bunuh diri atau menghadapi penyakit mental yang parah untuk segera meminta bantuan ke orang lain.

5. Menjaga Kesehatan Mental yang Baik

Membahas kesehatan mental secara keseluruhan dapat membantu mendorong untuk menjaga kesehatan mental dengan lebih baik lagi. Ingat, mempertahankan kesehatan mental yang baik adalah bagian penting dari hidup sehat secara keseluruhan dan menikmati peningkatan kualitas hidup. 

Itulah informasi mengenai kesehatan mental dan mengapa penting untuk dibicarakan. Sebaik-baiknya, keterbukaan mengenai isu kesehatan mental tidak hanya terjadi pada generasi Z saja tetapi juga generasi yang lain.

Nah, kalau kamu punya masalah kesehatan mental yang ingin didiskusikan dengan profesional medis, kamu bisa kontak Halodoc dan buat janji pemeriksaan ke rumah sakit ya! Jangan tunda lagi, segera download aplikasi Halodoc!

Referensi:
Vertava Health. Diakses pada 2022. 5 Reasons Why Talking About Mental Health Matters.
HealthMatch. Diakses pada 2022. The Gen Z Mental Health wave – what is causing the surge?
Very Well Mind. Diakses pada 2022. Why Gen Z Is More Open to Talking About Their Mental Health.