Ini Alasan Lingkar Pertemanan Semakin Mengecil saat Dewasa

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 Desember 2020
Ini Alasan Lingkar Pertemanan Semakin Mengecil saat DewasaIni Alasan Lingkar Pertemanan Semakin Mengecil saat Dewasa

Halodoc, Jakarta - Jika kamu tengah berada di lingkup pertemanan yang sedikit saat beranjak dewasa, hal tersebut terjadi karena berbagai alasan. Padahal, mungkin saja dulu kamu memiliki cukup banyak teman. Lantas, mengapa lingkup pertemanan semakin mengecil saat beranjak dewasa? Alasan yang paling umum adalah karena pasangan masing-masing.

Baca juga: Berteman karena Status Sosial, Ini Ciri Social Climber

Tidak jarang seorang teman meninggalkan temannya karena fokus pada hubungan percintaan. Mungkin kamu juga pernah mengalaminya, di mana seorang teman yang dulu sering berkumpul, tiba-tiba hilang bagai di telan bumi saat memiliki pacar. Hal tersebut bisa saja terjadi ketika temanmu lebih fokus memikirkan masa depannya. Bukan hanya itu saja, berikut ini sejumlah alasan lingkar pertemanan semakin mengecil:

1.Teman yang Toxic

Toxic friend merupakan istilah yang mengacu pada teman yang tidak memberikan kontribusi positif untuk kehidupan. Teman jenis ini selalu membawa efek negatif dalam lingkup pertemanan. Mereka cenderung lebih sering membuat stres dan makan hati, daripada memberikan sisi positif. Teman seperti ini seolah menjadi racun yang merusak kebahagiaan dan kesehatan mental.

2.Tidak Mendapat Tanggapan

Di era media sosial seperti sekarang ini, sangat mudah untuk mencari sahabat lama atau teman kecil yang sudah tidak pernah bertemu. Biasanya seseorang merasa penasaran dan mencarinya. Saat sudah menemui dan mulai menyapa, tetapi tidak ada tanggapan, biasanya pertemanan kerap berhenti sampai di sini saja. Komunikasi yang tidak baik menjadi salah satu alasan lingkar pertemanan semakin mengecil.

Baca juga: Terjebak dalam Pertemanan Toxic, Ini Tips Menghadapinya

3.Menjalani Kesibukan yang Berbeda

Saat kuliah, kamu mungkin memiliki teman-teman yang asik diajak nongkrong, karena hampir setiap hari bertemu. Berkumpul selepas kuliah memang menjadi salah satu hal yang dirindukan saat sudah lulus dan bekerja. Nah, saat sudah lulus dan bekerja, wajar rasanya jika ada rasa kehilangan teman-teman yang biasa hadir dalam hidup. Ini merupakan proses normal yang dialami oleh semua orang

4.Sudah Tidak Sejalan

Alasan lingkar pertemanan semakin mengecil selanjutnya adalah sudah tidak sejalan. Biasanya seseorang cenderung berteman saat mereka menyukai hal yang sama. Hal tersebut dapat menjadi bahan obrolan satu sama lain. Seiring berjalannya waktu, ada banyak hal baru yang dapat menggantikan ketertarikan tersebut. Hal tersebut yang menjadi penyebab kamu dan teman tidak lagi memiliki topik pembicaraan untuk dibicarakan.

5.Lebih Asik dengan Teman Baru

Tidak dapat dipungkiri, semakin bertambahnya usia seseorang, maka akan semakin luas lingkup pertemanan yang dimiliki. Kamu mungkin tidak menyadari jika sekarang jauh dengan teman lama karena menjalin pertemanan dengan orang baru. Begitu pun teman-temanmu yang lain.

Baca juga: Ibu, Ini Karakteristik Teman yang Baik Bagi Anak

Itulah sejumlah alasan lingkar pertemanan semakin mengecil saat beranjak dewasa. Jika kamu mengalami salah satunya, maklumi saja, ya. Mungkin memang fasenya seperti ini. Namun, jika kamu mengalami sejumlah masalah kesehatan, diskusikan langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Bustle.com. Diakses pada 2020. Why The Older You Get, The Fewer Friends You Have (And Why That's OK).
Life Hack. Diakses pada 2020. 8 Illustrations Explaining Why Keeping A Small Circle Of Friends Is Better For You.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan