• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Alasan Tak Perlu Pilih-Pilih Vaksin Booster
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Alasan Tak Perlu Pilih-Pilih Vaksin Booster

Ini Alasan Tak Perlu Pilih-Pilih Vaksin Booster

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 11 Maret 2022

“Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menyatakan bahwa animo masyarakat terhadap vaksin booster ini masih rendah. Alasannya karena mereka masih pilih-pilih akan jenis vaksin yang akan digunakan. Padahal kenyataannya, semua jenis vaksin sama-sama saja bisa melindungi diri dari ancaman virus corona. “

Ini Alasan Tak Perlu Pilih-Pilih Vaksin Booster

Halodoc, Jakarta – Meski vaksin booster sudah dimulai sejak awal tahun, tetapi animo masyarakat di ibu kota Jakarta masih rendah. Hal ini disampaikan oleh Widyastuti selaku Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta.

Ia juga menyebutkan bahwa kondisi ini terjadi karena masyarakat masih memilih-milih jenis vaksin Covid-19. Ia juga menyebutkan bahwa animo masyarakat akan vaksin booster belum setinggi seperti vaksin primer. Oleh karena itu, ia meminta agar masyarakat untuk mendapatkan booster yang kini sudah tersedia di banyak fasilitas kesehatan yang telah disediakan. 

Alasan Tak Boleh Pilih-Pilih Vaksin Booster

Ada baiknya kamu juga tidak ikut pilih-pilih vaksin booster. Ini karena semua vaksin yang beredar di Indonesia sudah terbukti aman untuk digunakan dan tetap bisa memberikan perlindungan tambahan, termasuk terhadap varian Omicron. Widyastuti juga menyebutkan bahwa apapun jenis vaksin selama ia tidak ada kontraindikasi, pasti aman untuk diberikan. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga turut meminta agar masyarakat, khususnya lansia, untuk mau menjalani vaksinasi Covid-19 booster. Ini karena lansia secara umum di Jakarta sudah menerima dua vaksin primer untuk mencegah COVID-19. Jadi, ia meminta agar masyarakat kembali responsif untuk mengajak dan mendorong lansia untuk mendapatkan dosis ketiga. 

Namun jika lansia ingin melakukan vaksin, ada baiknya sebelumnya untuk memeriksakan kondisi kesehatan mereka ke dokter. Ini ditujukan untuk memastikan kondisi kesehatan mereka cukup baik untuk menerima vaksin booster nantinya. Kamu pun bisa mengajak lansia melakukan pemeriksaan di rumah sakit dan buat janji dahulu di Halodoc. Dengan begini, pemeriksaan di rumah sakit jadi lebih praktis. Jadi, jangan lupa untuk download aplikasi Halodoc, ya!

Manfaat Vaksin Ketiga untuk Menghentikan Pandemi

Jenis vaksin booster saat ini sebenarnya sama dengan jenis vaksin primer yang sudah ada sebelumnya. Tetapi pemberian jenis vaksin booster tergantung ketersediaan vaksin yang ada di fasilitas kesehatan. Dan saat ini, vaksin dapat memberikan perlindungan terhadap infeksi COVID-19 dan efek seriusnya. Oleh karena itu, sangatlah disarankan agar kamu menerima suntikan booster. 

Penelitian telah menemukan bahwa antibodi dari vaksin primer akan menurun dari waktu ke waktu pada populasi umum. Namun, dengan vaksin booster, maka akan membantu menghasilkan tingkat antibodi yang lebih tinggi dalam tubuh. Dengan antibodi tersebut akan melindungi kamu sehingga apabila terinfeksi COVID-19, maka gejala yang timbul tidak berat. Vaksin booster bahkan diduga bisa meningkatkan antibodi sekitar sepuluh kali lipat dan akan memberikan perlindungan lebih lanjut termasuk terhadap varian virus yang lebih baru, seperti varian Omicron.

Selain itu, vaksin juga sangat bagus untuk orang dengan sistem kekebalan yang lemah. Orang dengan gangguan kekebalan sedang hingga berat karena penyakit, seperti kanker atau HIV dapat memperoleh manfaat dari dosis ketiga ini. Sebab mereka lebih mungkin mengidap penyakit serius jangka panjang akibat COVID. Oleh karena itu, vaksin ketiga akan memberi mereka perlindungan ekstra.

Cara Mendapatkan Vaksin Booster

Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa siapa saja yang sudah mendapatkan tiket pada aplikasi atau website PeduliLindungi sudah bisa melakukan vaksin booster di faskes terdekat. Kemenkes juga menambahkan bahwa masyarakat bisa melakukan pengecekan informasi tentang tiket vaksin booster COVID-19 tersebut, baik melalui situs maupun aplikasi PeduliLindungi

Adapun data yang harus dipersiapkan, yaitu nama lengkap dan Nomor Induk Kependudukan yang tertera pada KTP. Nah, begini langkah mudah untuk bisa mendapatkan vaksin booster: 

  1. Akses aplikasi atau website PeduliLindungi.
  2. Lakukan login dengan akun kamu yang sudah terdaftar.
  3. Pilih menu profil, lalu pilih Status Vaksinasi dan Hasil Tes COVID-19.
  4. Informasi terkait Status dan Jadwal Vaksinasi Booster akan tampil di akun kamu.
  5. Guna mengecek apakah kamu sudah mendapatkan tiket untuk melakukan vaksin booster, masuk saja ke menu Riwayat dan Tiket Vaksin. 

Jika kamu sudah memiliki tiket vaksin, maka kamu sudah bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan booster di faskes terdekat. Namun ingat, tidak perlu pilih-pilih jenis vaksinnya, ya! 

Referensi:
Center for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2022. COVID-19 Vaccine Booster Shots.
Health One Medicine. Diakses pada 2022. Benefits of the COVID-19 Booster Shot.
Kompas. Diakses pada 2022. Dinkes DKI Jakarta Imbau Masyarakat Tidak Pilih-pilih Vaksin Booster.
Sehat Negeriku. Diakses pada 2022. Kemenkes Terbitkan Surat Edaran Pelaksanaan Vaksinasi Booster di Semua Wilayah.