Ini Batasan Nilai Tensi Normal pada Wanita

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 Desember 2022

“Tensi normal pada wanita akan berbeda dengan pria karena pengaruh hormon dan beberapa kondisi seperti kehamilan. Faktanya, wanita hamil akan memiliki tekanan darah lebih tinggi karena bayi di rahim.”

Ini Batasan Nilai Tensi Normal pada WanitaIni Batasan Nilai Tensi Normal pada Wanita

Halodoc, Jakarta – Tekanan darah berfungsi untuk mendorong darah melalui sistem peredaran darah sehingga oksigen dan nutrisi dapat mencapai jaringan dan organ melalui arteri. Kamu harus menjaga kesehatan agar tekanan darah tetap normal. Pasalnya, tekanan darah terlalu tinggi atau rendah dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh.

Selain menjalani gaya hidup sehat, penting untuk memahami batasan nilai tensi normal. Khususnya bagi wanita, tensi normal pada wanita berbeda dengan pria dan rentan terhadap pengaruh hormon tubuh. Wanita yang sedang hamil juga umumnya memiliki tekanan darah yang lebih besar karena ada bayi di dalam rahimnya. 

Beberapa Hal yang Membuat Tekanan Darah Normal Wanita Berubah

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat memengaruhi tekanan darah normal wanita:

  • Menstruasi. Wanita yang sedang mengalami sindrom pramenstruasi cenderung mengalami peningkatan tekanan darah, namun ada pula sebagian wanita yang mengalami penurunan tekanan darah ketika mengalami sindrom pramenstruasi.
  • Kehamilan. Masa kehamilan dapat menyebabkan perubahan tekanan darah menjadi tinggi ataupun rendah pada wanita. Tekanan darah wanita normal wanita hamil cenderung akan menurun di trimester pertama dan kedua, kemudian meningkat kembali di trimester ketiga.
  • Menopause. Tekanan darah normal wanita juga akan mengalami perubahan ketika memasuki masa menopause. Hal ini diduga terjadi karena menurunnya hormon estrogen di dalam tubuh wanita. 

Batasan Nilai Tensi Normal pada Wanita

Tekanan darah akan berada pada titik tertinggi pada awal perjalanannya dari jantung ketika memasuki aorta. Kemudian, darah akan berada di titik paling rendah pada akhir perjalanannya di sepanjang cabang arteri yang semakin kecil. Perbedaan tekanan itu yang menyebabkan darah mengalir ke seluruh tubuh.

Sfigmomanometer adalah alat untuk mengukur tekanan darah dengan cara memompa tangan menggunakan manset. Setelah manset dipompa cukup untuk menghentikan denyut nadi, angka tensi akan keluar baik secara elektronik atau dial analog. 

Wanita harus memiliki tekanan darah yang tidak lebih tinggi dari 120/80 mmHg. Dengan tekanan darah ini, wanita akan dianggap sehat karena semua organnya berfungsi normal. Pada angka ini juga jantung berdetak dengan irama yang tepat dan peredaran darah di dalam tubuh juga berjalan dengan lancar. 

Apabila tekanan darah wanita sudah mencapai 130/90 mmHg atau di atasnya, maka ini sudah tergolong mengalami hipertensi. Untuk itu, perlu dilakukan langkah pemeriksaan dokter dan ahli kesehatan lain untuk dapat membuat tekanan darah kembali normal. 

Cara Menjaga Tekanan Darah Normal pada Wanita

Kamu dapat mengikuti beberapa tips ini untuk menjaga tekanan darah tetap normal dan stabil:

  • Olahraga teratur yang bisa dilakukan selama 20-30 menit setidaknya tiga kali seminggu.
  • Konsumsi makanan bergizi seimbang.
  • Batasi asupan garam harian yaitu tidak lebih dari 1,5 sendok makan.
  • Hindari merokok dan lingkungan perokok.
  • Istirahat yang cukup dan kurangi aktivitas berat
  • Kurangi atau hindari penggunaan alkohol.

Kamu juga sebaiknya sering mengecek tekanan darah agar tekanan darah tetap normal. Kamu dapat memantau tekanan darah di rumah menggunakan tensiometer atau dengan memeriksakan diri ke dokter terdekat. 

Itulah pembahasan mengenai proses metabolisme protein dalam tubuh. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar kesehatan, kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, segera download aplikasi Halodoc melalui Play Store maupun App Store. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Catabolism vs Anabolism.
By Jus. Diakses pada 2022. What is The Process of Protein Metabolism?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan